x

Apa Kabar Mario Kempes? Maestro Sepak Bola Argentina yang Sempat Singgah di Pelita Jaya

Minggu, 23 Februari 2020 17:54 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT. COM - Mario Kempes, sosoknya terkenal sebagai maestro sepak bola Argentina yang sempat singgah di klub sepak bola Indonesia, Pelita Jaya. Apa kabar Mario Kempes kini?

Membahas tentang legenda sepak bola Argentina, mungkin banyak ingatan akan langsung tertuju kepada Diego Armando Maradona. Padahal kalau dibedah lagi, Tim Tango juga punya seorang maestro lain yang tak boleh dilupakan jasanya, yakni Mario Kempes.

Nama Kempes dahulu ibarat roh sepak bola Argentina sebelum adanya Maradona. Mengawali karier bersama klub lokal Argentina, Instituto U-19, pada 1973, Kempes secara perlahan mampu mengembangkan kemampuannya.

Baca Juga

Hingga pada 1976, Kempes mampu menggoda salah satu klub Eropa, Valencia. Ia bergabung dengan Valencia dan menapaki puncak kesuksesan karier di sana.

Bersama Valencia, Kempes total memainkan 99 laga dan mencetak 54 gol. Kempes juga mampu meraih banyak trofi saat berkostum Valencia, seperti UEFA Super Cup 1979/80, Spanish Cup 1978/79, serta Piala Winners 1979/80.

Bahkan ketika Kempes berkostum Valencia, dirinya juga sukses di level internasional. Piala Dunia 1978, Kempes berhasil mengantarkan negaranya, Argentina, keluar sebagai juara.

Hebatnya lagi, Kempes berperan besar atas gelar juara Piala Dunia 1978 tersebut. Kempes mencetak brace di final, dan juga menyabet penghargaan top skor lewat koleksi enam gol.

Baca Juga

Ada satu kisah menarik di masa penghujung karier Kempes. Pada tahun 1996, Kempes yang sudah berusia sekitar 41 tahun, memilih melanjutkan karier bersama klub Indonesia, Pelita Jaya.

Namun karier Kempes dengan Pelita Jaya hanya berlangsung singkat. Setahun kemudian, Kempes memilih meninggalkan Pelita Jaya dan memutuskan gantung sepatu.

20 tahun lebih pasca pensiun, apa kabarnya Kempes kini? Apakah Kempes masih terlibat aktif dalam ranah sepak bola, panggung yang membesarkan namanya?

Jawabannya iya, Kempes hingga kini masih melakukan aktivitas yang berhubungan dengan sepak bola. Namun, mengingat usianya yang sudah menginjak 65 tahun, Kempes tentu tak lagi turun bermain langsung di lapangan.

Kempes dalam akun Instagram pribadinya beberapa kali mengunggah video atau foto kala dirinya menjadi komentator acara sepak bola. Ia terlihat pernah menjadi pundit yang membahas performa bintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Tak hanya itu, Kempes belakangan juga kerap kali mengunggah foto buku yang diyakini sebagai biografi dirinya. Kempes kerap mempromosikan bukunya itu dibarengi dengan foto jersey eks klubnya, Valencia.

Begitulah kurang lebih kabar terkini dari Mario Kempes. Maestro sepak bola Argentina yang sempat singgah di Pelita Jaya ini, belakangan sedang sibuk menjadi komentator sepak bola dan merilis buku biografi dirinya.

ArgentinaMario KempesBola InternasionalApa Kabar

Berita Terkini