x

Profil Billy Gilmour, Wonderkid Chelsea yang Sukses Redam Liverpool

Rabu, 4 Maret 2020 09:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
Berikut ini sekilas tentang profil singkat Billy Gilmour yang merupakan wonderkid Chelsea usai sukses redam Liverpool di Piala FA 2019-20, Rabu (04/03/20).

FOOTBALL265.COM - Berikut ini sekilas tentang profil singkat Billy Gilmour yang merupakan wonderkid Chelsea usai sukses redam Liverpool di Piala FA 2019-20, Rabu (04/03/20).

Billy Gilmour didaulat menjadi Man of The Match dalam pertandingan babak kelima Piala FA 2019-20 ketika Chelsea vs Liverpool di Stamford Bridge, Inggris.

Pertandingan tersebut membuat publik bertanya-tanya akan keputusan kepala pelatih Chelsea Frank Lampard karena menurunkan gelandang muda Billy Gilmour.

Baca Juga

Pasalnya Billy masih berusia 18 tahun dan menjadi pemain termuda yang diturunkan pada skuat saat itu. Namun keraguan tersebut dijawab dengan aksi nyata Billy.

Billy mampu menjaga kestabilan di lini tengah Chelsea. Bahkan dirinya menjadi penyambung bola dari lini belakang ke depan dengan sangat tenang.

Tak hanya itu wonderkid kelahiran Skotlandia itu juga mampu membuat Takumi Minamino tak berkutik karena ditempel ketat setiap gerakannya.

Baca Juga

Billy juga sukses membuat gelandang Liverpool Fabinho malu karena sukses dikolongi dalam menggocek bola. Hal tersebut pun menjadi bahan meme netizen.

Meski begitu tak ada salahnya bagi para penggemar sepak bola internasional, yang ada di Indonesia untuk mengetahui profil singkat dari Billy Gilmour.

Dibentuk Rangers

Wonderkid Chelsea Billy Gilmour.

Billy lahir 11 Juni 2001 di Glasgow dan dibesarkan di Ardrossan, Ayrshire Utara. Ayahnya bertugas di Angkatan Laut Kerajaan dan bermain sepak bola junior untuk Ardrossan Winton Rovers.

Dirinya juga mengenyam pendidikan di Stanley Primary School di Ardrossan dan Grange Academy di Kilmarnock, di mana ia menjadi bagian dari program Sekolah Kinerja Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA).

Billy pun mengembangkan karirnya sebagai bagian dari Akademi Rangers selama delapan musim (2009-2017). Tempaan yang bagus membuat Billy berkembang menjadi pemain yang modern.

Bahkan mantan manajer Rangers Pedro Caixinha, menggambarkan Billy sebagai pemain dengan masa depan yang cerah akibat perkembangan yang pesat.

Chelsea Membuka Jalan

Gelandang Chelsea Billy Gilmour (kiri) dan pelatih The Blues Frank Lampard (kanan).

Lalu pada 2017, bakat Billy mendapat atensi dari klub besar Liga Inggris Chelsea. Sehingga manajemen The Blues tak ragu merekrut Billy pada usia 16 tahun.

Pemain dengan tinggi 170 cm itu bergabung dengan skuad Chelsea U-18. Lalu membuat debut gol dalam pertandingan Liga Inggris U-18 melawan Arsenal, September 2017.

Pada Juli 2018, setelah menginjak usia 17 tahun, Billy pun menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Chelsea.

Baca Juga

Pelatih Chelsea Frank Lampard memberikan Billy debut seniornya pada 10 Juli 2019, dalam pertandingan persahabatan pramusim melawan Bohemians di Dublin.

Lalu pada 31 Agustus 2019, Billy memulai debut resmi ketika Chelsea vs Sheffield United di Liga Inggris kala menggantikan striker Tammy Abraham (84').

Hingga akhirnya, Billy diberi kesempatan untuk tampil penuh kala Chelsea mengalahkan Liverpool dengan skor 2-0 di Piala FA 2019-20.

Tampil di Timnas

Wonderkid Chelsea Billy Gilmour..

Sementara itu pemain bernama lengkap Billy Clifford Gilmour itu juga sempat menjalani pertandingan bersama tim nasional Skotlandia dari berbagai kelompok umur sejak 2015 silam.

Skotlandia U-15 (2015-16), U-16 (2016-17), U-17 (2017-18), U-19 (2017-19), dan U-21 (2018-sekarang) pernah menggunakan jasa Billy di seluruh kompetisi.

Billy diketahui memiliki kontrak hingga 30 Juni 2023 bersama Chelsea. Tak hanya bisa sebagai gelandang tengah, Billy bisa ditempatnya sebagai gelandang bertahan dan serang.

ChelseaSkotlandiaPiala FALiga InggrisWonderkidprofilSepak BolaBerita Liga InggrisKompetisi Inggris

Berita Terkini