x

Apa Kabar El Hadji Diouf, Eks Liverpool yang Berlayar Sampai Liga Malaysia

Minggu, 8 Maret 2020 15:57 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
El Hadji Diouf saat masih membela Timnas Senegal.

FOOTBALL265.COM - Berikut ini sedikit kabar terbaru pemain asal Senegal El Hadji Diouf, Eks Liverpool yang berlayar sampai Liga Primer Malaysia.

El Hadji Diouf lahir di daerah Dakar, Senegal 15 Januari 1981 silam. Pemain dengan tinggi 180 cm ini berposisi sebagai striker yang kadang ditempatkan di winger.

El Hadji sejak kecil memang menyukai sepak bola. Bahkan dirinya dapat kesempatan direkrut akademi klub Liga Prancis Rennes. Tak lama berselang berlabih ke Sochaux.

Baca Juga

Atas ketajamannya di lini depan, El Hadji dipromosikan ke tim utama pada musim 1998. Namun dirinya hanya bermain selama semusim dengan mengemas 16 laga tanpa gol.

Kemudian klub yang dulu sempat memberinya ilmu sepak bola, Rennes mendatangkannya pada musim 1999. Namun lagi-lagi hanya bertahan semusim karena cuma mencetak satu gol dari 28 laga.

Pada musim 2000, Lens mengontrak El Hadji. Bersama Lens, El Hadji sukses membuat 18 gol dari 54 penampilan selama dua musim (2000-02).

Baca Juga

Tawaran dari Inggris

Mantan pemain Liverpool El Hadji Diouf.

Lalu El Hadji mendapat kesempatan untuk menjajal Liga Inggris ketika langsung menerima tawaran Liverpool pada musim 2002 hingga 2005.

Bersama Liverpool, El Hadji sukses membuat tiga gol saja dari 55 laga. Hal ini cukup kurang memuaskan, yang akhirnya membuat El Hadji dipinjamkan ke Bolton Wanderers (2004-05).

Malahan bersama Bolton, El Hadji mencetak sembilan gol dari 27 laga. Klub tersebut pun akhirnya mempermanenkan El Hadji dan diganjar kontrak sejak 2005 hingga 2008.

Baca Juga

Bersama Bolton Wanderers, El Hadji mencetak 12 gol dari 87 penampilan di semua ajang. Kemudian El Hadji menerima tawaran Sunderland (2008-09) dan hanya bermain 14 laga tanpa gol.

Kemudian Blackburn Rovers sempat memakai jasanya, tetapi ketajaman El Hadji tetap tak teruji usai hanya mengemas empat gol dari 60 laga (2009-11).

Sempat dipinjamkan ke klub Skotlandia Rangers, El Hadji juga cuma mencetak satu gol dari 15 penampilan di semua kompetisi (2011).

Baca Juga

El Hadji pun menerima tawaran Doncaster Rovers (klub di bawah Liga Inggris). Namun lagi-lagi hanya membuat enam gol dari 22 laga (2011-12).

Selanjutnya Leeds United sempat memakai jasanya. Namun El Hadji juga tak bisa bicara banyak karena cuma mencetak lima gol dari 40 laga (2012-14).

Berlayar Hingga Asia Tenggara

El Hadji Diouf (kiri) saat masih membela Sabah FA (Liga Malaysia)

Usai kenyang bermain di pentas benua biru, tepatnya daratan Inggris, El Hadji mendapat tawaran untuk tampil di kancah Asia Tenggara.

Kala itu, klub Liga Primer Malaysia Sabah FA sempat merekrut El Hadji selama semusim saja (2014-15). Bersama Sabah FA, El Hadji membuat empat gol dari 10 laga.

Bahkan mengantarkan Sabah FA finis di posisi tujuh dengan mengoleksi 27 angka dari 22 pertandingan yang dijalani El Hadji dalam semusim.

El Hadji juga ikut andil dalam tim nasional Senegal (2000-08). Bersama Senegal, El Hadji membuat 24 gol dari 70 penampilan di seluruh kompetisi.

Kabar Terbaru

El Hadji Diouf saat masih membela Timnas Senegal.

Meski telah lama pensiun dari dunia sepak bola yang membesarkan namanya, El Hadji ternyata tak bisa jauh dari kerlap-kerlip si kulit bundar.

Kabar terbaru menyebutkan kalau El Hadji Diouf masuk dalam daftar pemain yang akan tampil di pertandingan persahabatan African Stars XI vs Uganda Cranes Legends.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional Mandela, Namboole itu akan berlangsung Sabtu 22 Maret 2020 seperti dilansir Kawowo.

Beberapa pemain terkenal selain El Hadji seperti Eto'o, Emmanuel Eboue, Yaya Toure, Mohamed Sissoko, Didier Zokora, hingga Aboubaker Camara juga akan tampil.

LiverpoolSunderlandEl Hadji DioufRangers F.C.Bolton WanderersLeeds UnitedEl-Hadji DioufSenegalSabah FCRennesBola InternasionalRC LensTA RennesGlasgow RangersSepak BolaApa Kabar

Berita Terkini