x

Seret Nama Barcelona, De Ligt Ungkap Alasan Dirinya Menjadi Bek

Jumat, 1 Mei 2020 08:59 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pemain sepak bola Juventus, Matthijs de Ligt, membeberkan bahwa Barcelona merupakan klub yang turut mempengaruhi perubahan karirnya dari gelandang menjadi bek.

FOOTBALL265.COM - Pemain sepak bola Juventus, Matthijs de Ligt, membeberkan bahwa Barcelona merupakan klub yang turut memengaruhi perubahan kariernya dari gelandang menjadi bek.

Matthijs de Ligt dikenal karena kemampuannya yang sangat baik dalam menjaga wilayah pertahanan klub yang dibelanya. Itulah alasan raksasa Serie A Liga Italia sekelas Juventus berminat untuk memboyongnya dari Ajax Amsterdam.

Ia juga mampu menjadi tandem yang ideal bagi bek Liverpool, Virgil van Dijk di timnas Belanda. Ini membuktikan bahwa De Ligt memiliki kemampuan yang mumpuni. Apalagi, ia masih berusia sangat muda. Tak heran bila ia jadi incaran banyak klub di bursa transfer.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, ternyata sosok yang baru berumur 20 tahun itu sebelumnya justru berperan sebagai gelandang. Namun, ia berganti posisi menjadi bek pada usia 15 tahun. Melansir dari laman portal berita olahraga Football Italia, salah satu yang mempengaruhi keputusannya itu adalah Barcelona.

"Saya banyak bermain sebagai gelandang, mencetak beberapa gol dan juga assists. Lalu, mereka tiba-tiba meminta saya untuk bermain lebih ke dalam. Katanya, hal itu bagus untuk keberlanjutan karier saya," kenang De Ligt.

"Awalnya, saya berpikir, 'saya tidak suka jadi bek', tapi sekarang saya mulai menyadari bahwa punya pengalaman sebagai gelandang sangat membantu saya. Saya akhirnya suka dengan peran baru ini," lanjutnya.

"Sejak Barcelona memperkenalkan tiki-taka, semua orang jadi ingin bermain dari belakang. Untuk bisa bermain dari belakang, Anda membutuhkan bek yang bagus dalam mengolah bola. Itulah kenapa kemampuan teknis sangat penting dalam peran saya," tutupnya.

Baca Juga
Baca Juga

Jelas bahwa Barcelona secara tidak langsung turut membantu De Ligt mempertahankan perannya sebagai bek. Karena, ia menyadari betapa pentingnya posisi tersebut setelah klub LaLiga Spanyol itu menerapkan permainan tiki-taka.

Meskipun bek klub sepak bola Serie A Liga Italia itu tidak pernah punya pemikiran untuk gabung Barcelona, tapi pembelajaran yang ia dapatkan ini bakal membantu Juventus untuk konsisten meraih kesuksesan mereka.

BarcelonaJuventusLiga ItaliaMatthijs de LigtSepak BolaBerita Liga Italia

Berita Terkini