x

3 Bek Kanan Timnas U-19 yang Bisa Gantikan Posisi Tristan Gooijer

Sabtu, 6 Juni 2020 11:48 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Tristan Gooijer telah memutuskan untuk gabung bersama Timnas Belanda usia muda ketimbang Timnas Indonesia U-19.

FOOTBALL265.COMTristan Gooijer telah memutuskan untuk gabung bersama Timnas Belanda usia muda ketimbang Timnas Indonesia U-19. Berikut 3 bek kanan yang bisa gantikan posisinya.

Tristan sendiri diketahui merupakan pemain keturunan Indonesia. Hal itu bahkan tercantum di situs yang fokus terhadap aktivitas transfer sepak bola dunia, Transfermarkt.

Dirinya diyakini memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Karena Tristan sudah menjadi bagian tim raksasa Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam ketika masih berusia 15 tahun.

Baca Juga
Baca Juga

Kemampuan Tristan sempat dibuktikan ketika ia pernah mencetak gol tendangan jarak jauh spektakuler, yang kemudian dianugerahi penghargaan gol terbaik Ajax per bulan Februari 2018.

Situasi tersebut membuat Timnas Indonesia U-19 bakal mendapatkan suntikan tenaga saat mengarungi ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Didikan Ajax Amsterdam sendiri memang kerap kali melahirkan bintang-bintang hebat top dunia. Tristan pun bukan tidak mungkin menjadi salah satu di antara mereka.

Peran Tristan pun kemungkinan besar bakal sangat krusial di lini belakang Timnas Indonesia U-19. Itu tak terlepas dari pengalamannya di sepak bola Eropa.

Sayangnya, Tristan telah memilih untuk tampil bersama Timnas Belanda U-16. Pemain yang bisa juga bertugas sebagai bek tengah itu bahkan mampu menjuarai ajang UEFA Development.

Berdasarkan situs Transfermarkt, Tristan memainkan tiga laga bersama Timnas Belanda U-16. Hebatnya, semua pertandingan tersebut diselesaikan dengan hasil positif.

Pertandingan debutnya dimainkan pada awal November 2019 lalu saat menghadapi Hungaria. Tristan yang tampil mengisi posisi bek kanan, sukses membantu Belanda menang tipis 1-0.

Selanjutnya, Tristan dipercaya menempati posisi starter saat melawan Jerman. Bermain 71 menit, Tristan sukses membantu Belanda memenangkan laga dengan skor 2-0.

Baca Juga
Baca Juga

Terakhir, jumpa Kolombia U-16, Tristan lagi-lagi ditugaskan di posisi bek kanan. Tristan dan kawan-kawan pun sukses menuai kemenangan meyakinkan 3-1.

Meski Tristan gagal dinaturalisasi, Timnas Indonesia U-19 nyatanya memiliki tiga opsi untuk mengisi posisi bek kanan. Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum ulasannya.


1. Bagas Kaffa

Bintang timnas Indonesia, Bagas Kaffa yang bisa menjadi pilihan utama di skuat U-19.

Bagas Kaffa menjadi pemain yang tak pernah tergantikan di posisi bek kanan Timnas Indonesia U-16 dan U-19 era Fakhri Husaini. Itu tak terlepas dari pergerakannya yang sangat agresif.

Tak hanya piawai dalam menyeimbangkan lini pertahanan, Bagas Kaffa nyatanya cukup rajin membantu serangan. Tak jarang ia juga rajin membantu produktivitas Timnas Indonesia U-19.

Dengan begitu, tanpa kehadiran Tristan pun Timnas Indonesia U-19 seharusnya tidak perlu khawatir. Karena Bagas Kaffa juga memiliki kemampuan yang tak kalah apik.

Fajar Fathur Rahman

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19, Fajar Fathur usai mencetak gol ke gawang China U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (17/10/19).

Fajar Fathur Rahman sendiri nyatanya lebih sering dimainkan sebagai pemain sayap kanan. Namun saat menjalani tugas bersama Garuda Select, ia berpindah posisi menjadi bek kanan.

"Fajar dalam beberapa bulan terakhir bermain bersama tim nasional dan secara dominan bermain di sayap kanan,” ucap pelatih Garuda Select Des Walker, dikutip dari Mola.

“Jadi saya merasa dia sedikit teralu bersemangat untuk ke depan terlalu cepat dan itu mengakibatkan ruang semakin tertutup buat dia."

"Karena dia terbiasa bermain lebih jauh ke depan untuk tim nasionalnya. Ini lebih sebuah nasihat untuk posisi full back," tutur eks bek timnas Inggris itu melanjutkan.

Fajar sendiri memang cukup sering dipercaya untuk mengisi posisi utama di Timnas Indonesia U-19. Apalagi, saat ini ia telah menimba ilmu di Inggris. Bukan tidak mungkin ia selalu dijadikan pilihan utama.

Joseph Simatupang Ferguson

Joseph Ferguson Simatupang, Pemain berdarah Indonesia di Inggris

Selain pemain lokal seperti Bagas Kaffa dan Fajar Fathur Rahman, Timnas Indonesia U-19 juga memiliki opsi untuk menaturalisasi Joseph Simatupang Ferguson.

Pada Liga Inggris U-18 musim 2019/20 ini, Joseph Simatupang Ferguson telah memainkan enam pertandingan dan mengemas satu assist.

Kontribusinya dalam produktivitas tim itu terjadi ketika Joseph Simatupang bermain imbang 2-2 dengan Newcastle United U-18. Ia mampu menyalurkan bola kepada Jalil Saadi.

Timnas u-19Liga IndonesiaTimnas Indonesia U-19TRIVIABagas KaffaBola IndonesiaJoseph Simatupang FergusonTristan GooijerBerita Timnas IndonesiaFajar Fathur Rahman

Berita Terkini