x

Skenario Grup Neraka yang Mengancam Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia

Minggu, 14 Juni 2020 14:37 WIB
Editor: Coro Mountana
Skenario Grup Neraka yang Mengancam Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia

FOOTBALL265.COM – Timnas Indonesia U-19 tak boleh bersantai-santai di Piala Asia U-19 2020, pasalnya ada kemungkinan kita bakal tergabung dalam grup neraka.

Gelaran Piala Asia U-19 akhirnya kembali lagi yang pada edisi kali ini yang akan dilangsungkan di Uzbekistan, 14 Oktober hingga 31 Oktober mendatang. Tentunya ajang ini sangat penting sebagai bentuk persiapan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala Dunia U-20 tahun depan.

Baca Juga
Baca Juga

Target untuk mencapai babak semifinal pun dicanangkan demi melampaui pencapaian Timnas Indonesia U-19 edisi lalu. Ketika itu di Piala Asia U-19 2018 yang berlangsung di Jakarta, Timnas Indonesia U-19 berhasil melangkah hingga ke perempatfinal.

Namun sepertinya target untuk mencapai babak semifinal tidak akan mudah, sebab potensi grup neraka tetap menghantui Timnas Indonesia U-19 meski sudah menempati pot kedua. Undian babak grup Piala Asia U-19 2020 sendiri akan dilaksanakan pada 18 Juni mendatang.

Baca Juga
Baca Juga

Sebelum mengetahui lawan-lawan Timnas Indonesia U-19 di babak grup Piala Asia U-19 2020, ada baiknya untuk menengok potensi skenario grup neraka yang bisa terjadi. Siapa saja lawan yang bisa mengancam Timnas Indonesia U-19 jika tergabung dalam grup neraka Piala Asia U-19 2020?


1. Korea Selatan

Skuat Timnas Indonesia U-19.

Lawan pertama dari pot pertama, ada Korea Selatan yang bisa menjadi lawan paling menyulitkan bagi Timnas Indonesia U-19. Meski Timnas Indonesia U-19 punya kenangan mengalahkan Korea Selatan di era Evan Dimas dan kawan-kawan, tapi itu cerita lama.

Lagipula saat itu Timnas Indonesia U-19 bermain di kandang sendiri, sedangkan nanti akan bertanding di Uzbekistan, tempat netral. Jangan lupa jika Korea Selatan adalah pemegang 12 gelar Piala Asia U-19, berbanding dengan Timnas Indonesia U-19 yang hanya pernah juara sekali pada 1961.

Dari materi pemain dan kualitas teknik pun bisa dikatakan Timnas Indonesia U-19 berada di bawah level Korea Selatan. Satu-satunya hal positif yang bisa diambil adalah Timnas Indonesia U-19 sekarang ditangani Shin Tae-yong yang tentu tahu dapur dari Korea Selatan.

Irak

Dari pot ketiga, ada Irak yang merupakan salah satu raksasa di kawasan Timur Tengah. Seperti yang kita tahu, Timnas Indonesia di semua kelompok umur, kerap kesulitan bahkan sial jika melawan tim-tim dari Timur Tengah.

Irak sendiri adalah pemegang 5 gelar Piala Asia U-19 tentu berhasrat untuk berbicara banyak pada edisi kali ini. Dengan keunggulan dari sisi fisik dan teknik, jelas bahwa Irak adalah lawan yang sangat buruk untuk Timnas Indonesia U-19.

Memang Timnas Indonesia U-19 punya kecepatan yang bisa dimaksimalkan, tapi Irak pun rasanya tak kalah dari sisi itu. Oleh karena itu, bertemu Irak merupakan mimpi buruk dan sebaiknya dihindari oleh Timnas Indonesia U-19 di fase awal Piala Asia U-19 2020.

Iran

Pot keempat biasanya diasosiasikan sebagai tim terlemah dalam sebuah turnamen karena menempati peringkat terbawah alias sangat tidak diunggulkan. Akan tetapi jika kita mendengar nama Iran, rasanya titel pot keempat yang melekat padanya akan menjadi percuma.

Bukan rahasia umum jika perkembangan sepak bola Iran adalah salah satu yang paling maju dengan banyaknya pemain berkiprah di Eropa saat ini. Di level senior, Iran bahkan sukses menyulitkan langkah Spanyol dan Portugal di Piala Dunia 2018 lalu.

Memang Iran di Piala Asia U-19 edisi lalu tersingkir di kualifikasi, sedangkan tim U-16 kalah memalukan dari Timnas Indonesia, akan tetapi itu rasanya bakal jadi cambukan. Biar bagaimana pun, Iran adalah pemegang 4 gelar Piala Asia U-19.

Terlebih skuat Iran U-19 nanti yang mungkin mayoritas bakal diisi U-16 dua tahun lalu, sepertinya menyimpan dendam pada Timnas Indonesia U-16 setelah kalah di Piala Asia. Tentu Iran nanti bakal menuntut balas sekaligus mengembalikan nama baik mereka di Piala Asia U-19.

IranKorea SelatanPiala Asia U-19IrakIn Depth SportsTimnas Indonesia U-19Feature

Berita Terkini