x

3 Klub Lokal Liga 1 yang Layak Tampung Shin Tae Yong Jika Dipecat PSSI

Minggu, 21 Juni 2020 20:11 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Berikut tiga klub lokal Liga 1 Indonesia yang layak menampung Shin Tae Yong jika resmi dipecat PSSI dari jabatan pelatih Timnas.

FOOTBALL265.COM - Berikut tiga klub lokal Liga 1 Indonesia yang dianggap layak menampung Shin Tae Yong jika resmi dipecat PSSI dari jabatan pelatih Timnas. Siapa sajakah mereka?

Nama pelatih Shin Tae Yong sendiri memang ramai diperbincangkan belakangan ini, terutama setelah isu pemecatan dirinya yang dilontarkan Ketua Ketua Satuan Tugas (Satgas) Timnas Indonesia,  Syarif Bastaman beberapa waktu lalu.

Hal itu dikarenakan, sang pelatih tak kunjung datang untuk melatih para pemain Timnas Indonesia senior jelang Piala AFF 2020 dan U-19 untuk Piala Asia U-19 2020.

Baca Juga
Baca Juga

"Kalau tak datang harus kami evaluasi, mungkin dipecat. Sejago apapun dia, kalau dia tidak datang, tak mau melatih bisa saja (kami pecat)," kata Syarif Bastaman. 

"Kami minta minggu depan, kami lihat minggu depan dia datang atau tidak," lanjutnya. 

Lebih lanjut, Syarif Bastaman menjelaskan, jika PSSI ingin bertemu empat mata dengan pelatih asal Korea Selatan tersebut untuk membahas kelanjutan program Timnas Indonesia jelang Piala AFC U-19 serta Piala AFF 2020.

Sebelumnya, hubungan PSSI dan Shin Tae Yong memang tengah memanas terlebih usai sang pelatih mengutarakan sejumlah kekecewaannya kepada PSSI dalam sebuah wawancara dengan media Korea Selatan, Naver Sport.

Dalam wawancara tersebut, Shin Tae-yong secara terang-terangan mengadu soal PSSI yang kerap mencla-mencle dalam bersikap hingga menyinggung masalah transparansi. 

Bahkan mantan pelatih yang membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018 ini mengaku tertekan dengan target tinggi yang belakangan dibebankan kepadanya.

Dengan situasi tersebut, memunculkan spekulasi bahwa Shin Tae Yong bisa mengakhiri kontraknya bersama Timnas Indonesia lebih cepat.

Berbekal nama besar serta pengalamannya melatih sejumlah tim papan atas Asia, rasanya sayang jika tim Liga 1 Indonesia tidak memanfaatkan jasa Shin Tae Yong sebagai juru latih untuk kompetisi musim depan.

Lantas tim mana sajakah yang dianggap layak mendatangkan Shin Tae Yong sebagai pelatih baru musim depan nanti? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulasnya.

Bali United
Nama pertama tentu Bali United, tim yang menjadi juara Liga 1 Indonesia musim lalu ini memenuhi semua aspek yang mungkin diinginkan Shin Tae Yong.

Baca Juga
Baca Juga

Selain modal dana yang cukup kuat, Bali United juga menjadi simbol klub profesional di Indonesia. Terbukti klub berjuluk Laskar Tridatu ini menjadi klub pertama di Asia Tenggara yang sukses catatkan saham di lantai bursa pada 2019 lalu.

Dengan pengelolaan profesional serta manajemen klub yang baik, tampaknya tidak sulit bagi Bali United mendatangkan pemain bintang ataupun pelatih bertaraf internasional termasuk Shin Tae Yong.


1. Persija Jakarta

Persija Jakarta bisa jadi salah satu pilihan klub Liga 1 yang cocok untuk seorang Shin Tae-yong.

Berikutnya ada Persija, salah satu tim dengan fanbase suporter terbesar di Indonesia ini juga bisa menjadi alternatif bagi karir kepelatihan Shin Tae Yong selanjutnya.

Secara perlahan manajemen Persija mulai berhasil membangun fondasi tim berjuluk Macan Kemayoran ini. Tidak cuma mendatangkan pemain bintang, Persija juga membangun berbagai fasilitas yang bisa menunjang performa para pemain.

Teranyar, Persija telah meresmikan fasilitas gym yang berada di Persija Development Center. Gym tersebut akan digunakan pemain Persija Elite Pro Academy dan Persija Academy untuk menunjang kekuatan fisik dan otot pemain.

Berbekal fasilitas memadai termasuk pengembangan pemain muda yang mulai gencar dilakukan, tidak heran jika Persija sukses menggaet beberapa nama bintang dunia dalam skuad mereka.

Tidak cuma Sergio Farias yang merupakan pelatih peraih Liga Champions Asia, ataupun Marco Motta (jebolan Juventus di Serie A Italia), manajemen Persija tampaknya bakal mudah merayu Shin Tae Yong untuk membesut Riko Simanjuntak dan kolega nantinya.

Borneo FC
Terakhir ada Borneo FC, meski secara prestasi kurang bertaji namun dari segi kesehatan finansial serta profesionalisme, klub yang bermarkas di stadion Segiri bisa menjadi percontohan tim lain.

Sejauh ini, Borneo FC sangat jarang terdengar isu penundaan gaji pemain ataupun intervensi sang pemilik klub terhadap keputusan pelatih saat bertanding.

Bahkan saat pandemi berlangsung, sang pemilik klub Borneo FC dikabarkan tetap membayar gaji para pemain meski harus merogoh kocek pribadinya sendiri.

Berbekal fakta tersebut, tampaknya Borneo FC tidak bakal kesulitan andai merekrut Shin Tae Yong yang dikabarkan memiliki gaji cukup fantastis kala menukangi Timnas Indonesia.

Persija JakartaPSSIBorneo FCTimnas IndonesiaBali UnitedLiga IndonesiaBali United FCLiga 1TRIVIABola IndonesiaBerita Liga 1Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini