x

Pesona Yogyakarta: Ditolak FIFA untuk Piala Dunia, Diserbu Klub Liga 1

Kamis, 16 Juli 2020 17:46 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Arum Kusuma Dewi
Stadion Mandala Krida.

FOOTBALL265.COM - Klub-klub Liga 1 dari luar Pulau Jawa 'menyerbu' DI Yogyakarta sebagai basis untuk lanjutan kompetisi nanti. PSSI memang memutuskan Liga 1 2020 kembali digelar mulai 1 Oktober mendatang.

Sejumlah tim mulai Persiraja Banda Aceh, Bali United, PSM Makassar, hingga Borneo FC memastikan berhome base di Yogyakarta. Selain itu, Arema FC juga memilih lokasi yang sama plus Kota Solo.

Padahal sebelumnya, PSSI mencoret dua stadion yang telah ditetapkan sebagai enam venue Piala Dunia U-20. Yakni Stadion Mandala Krida (Yogyakarta) dan Stadion Pakansari (Bogor).

Baca Juga
Baca Juga

Dua tempat itupun harus digantikan oleh Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Jakabaring (Palembang). Ketua Umum (Ketum) PSSI menyebut Gunung Merapi jadi salah satu catatan FIFA.

"Soal Mandala Krida kami sudah melihat, ini beberapa kali FIFA menanyakan tentang erupsi atau vulkanik atau gunung merapi. Itu yang menjadi catatan FIFA. Kami tak bisa menahan kapan gunung tersebut tidak menyemburkan laharnya. Jadi itu pertimbangannya," kata ketum yang akrab disapa Iwan Bule beberapa waktu lalu.

Namun, pesona Yogyakarta dengan berbagai fasilitas yang ada membuat sejumlah klub ingin bermain di sana. Sebut saja tiga stadion representatif mulai Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Sultan Agung (Bantul), dan Stadion Mandala Krida (Kota Yogya).

Bahkan bukan hal baru jika sejumlah klub menjadikan Yogyakarta sebagai home base. Beberapa musim lalu, Persiram Raja Ampat sebelum berganti PS Tira juga memilih Maguwoharjo sebagai kandang.

Lalu Kalteng Putra yang memilih Stadion Sultan Agung di Liga 1 2019 sembari menunggu renovasi Stadion Tuah Pahoe. Persija Jakarta dan PSIS Semarang juga pernah melakukan hal yang sama.

Baca Juga
Baca Juga

Tak hanya stadion, Yogyakarta juga memiliki banyak hotel yang cukup strategis. Kondisi itu tentu memudahkan sejumlah tim dalam hal akomodasi.

Selain stadion dan hotel, lapangan latihan dengan kualitas jempolan juga tersebar. Mulai Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Lapangan Universitas Gadjah Mada (UGM), hingga Lapangan Universitas Islam Indonesia (UII) yang beberapa waktu lalu jadi lokasi training camp Timnas Indonesia U-16.

FIFAPiala Dunia U-20Liga IndonesiaYogyakartaLiga 1Bola IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Berita Liga 1

Berita Terkini