x

Kisah Marcelo Bielsa, Rela ‘Ngekos’ Demi Bawa Leeds United Promosi

Minggu, 19 Juli 2020 11:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Marcelo Bielsa berhasil membawa Leeds United promosi ke kasta teratas Liga Inggris.

FOOTBALL265.COM – Sosok Marcelo Bielsa jadi sorotan usai membawa Leeds United promosi ke kasta teratas Liga Inggris. Ditelusuri lebih jauh, pelatih asal Argentina ini hanya menyewa rumah satu kamar selama tugasnya itu.

Leeds United berhasil memastikan diri menjadi kampiun Divisi Championship 2019-2020 usai rival mereka, West Bromwich Albion, tumbang. Kekalahan rivalnya itu memastikan poin The White Army di tabel klasemen tak terkejar.

Saat ini Leeds berada di puncak klasemen dengan total perolehan poin 87. Mereka berjarak lima poin dari West Bromwich yang duduk di peringkat kedua dengan 82 poin. Leeds sendiri masih menyisakan dua pertandingan lagi ketimbang rivalnya yang menyisakan satu pertandingan.

Baca Juga
Baca Juga

Keberhasilan Leeds promosi ke kompetisi kasta teratas Liga Inggris musim depan ini tak lepas dari tangan dingin sang pelatih, Marcelo Bielsa. Oleh para penggemar, dia pun dicap sebagai pahlawan kota.

Namun, tidak ada yang menyangka bahwa Marcelo Bielsa ini adalah sosok yang begitu membumi. Tiba di tanah Inggris, pelatih berusia 64 tahun itu hanya menyewa sebuah hunian kecil yang terdiri satu kamar saja.

Menekan Kontrak Murah Meriah

Kehidupan sederhana pelatih berjuluk El Loco di Leeds United itu memang cukup menyita perhatian. Pasalnya, sejak pertama kali menginjakkan kaki di klub Divisi Championship itu, Bielsa memang tak menuntut kemewahan dari kontrak yang dia tanda tangani.

Sebaliknya, dia malah meminta dilakukan perubahan yang di area pelatihan yang akan dirambahnya. Dia ingin klub menyediakan tempat tidur untuk pemainnya agar bisa beristirahat di antara sesi pelatihan.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, dia juga meminta klub menyediakan meja biliar dan PlayStation untuk sarana hiburan para pemainnya yang tertekan selama ajang Divisi Championship Liga Inggris.

Marcelo Bielsa juga ingin klub meningkatkan fasilitas kolam renang, ruangan penghangat menggunakan kayu bakar. Dua fasilitas ini juga dimintanya agar pemainnya saja yang merawatnya.


1. Sempat Tidur di Hotel Mewah, Marcelo Bielsa Malah Tak Betah

Marcelo Bielsa hidup sederhana saja ketika menukangi Leeds United.

Setelah semua persyaratan kontrak disetujui, Marcelo Bielsa sempat disewakan kamar di hotel berbintang lima, Rudding Park Hotel, yang dilengkapi dengan spa kelas atas. Namun, kamar hotel itu justru membuat dia cepat bosan.

Dia pun mencari tempat tinggalnya sendiri, sebuah flat kamar tidur yang terletak di atas sebuah toko kelontong. Saat membayar biaya sewa, Bielsa pun dikabarkan sempat terlibat tawar menawar harga.

Dilansir dari Sun Sport, rumah dengan satu kamar itu mungkin sebanding dengan gajinya di Leeds United yang hanya berkisar 6 juta pounds atau Rp111 juta per tahun.

Lebih dari itu, rumah kecil itu sengaja dia sewa karena lokasinya sangat dekat dengan tempat pelatihan tim di Thorp Arch.

Jadi, karena lokasinya yang dekat, Bielsa pun tak butuh kendaraan pribadi sehingga dia bisa berangkat dan pulang bekerja sambil berjalan kaki.

Dapat Modal Belanja Pemain

Nah, dengan sifatnya yang sangat sederhana itu, menarik untuk dilihat bagaimana kiprah Marcelo Bielsa selanjutnya saat Leeds United menginjakkan kaki di kasta tertinggi Liga Inggris musim depan.

Terlebih ia juga akan mendapat dana belanja yang menyentuh angka 200 juta poundsterling (Rp3,6 triliun) untuk membeli pemain.

Angka tersebut terhitung besar untuk tim promosi. Namun dana belanja tersebut dikeluarkan oleh sang pemilik agar Leeds bisa berprestasi dan tak hanya sekadar menjadi tim penghibur Liga Inggris musim depan.

Divisi ChampionshipLeeds UnitedMarcelo BielsaPelatihLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini