x

Termasuk Lionel Messi, Ini 5 Pemain yang Dikenal Punya Gocekan Maut

Sabtu, 15 Agustus 2020 20:45 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Berikut tersaji lima pemain sepak bola yang memiliki kelebihan berupa dribble atau gocekan maut, dimana salah satunya adalah Lionel Messi dari Barcelona.

FOOTBALL265.COM - Berikut tersaji lima pemain sepak bola yang memiliki kelebihan berupa dribble atau gocekan maut, dimana salah satunya adalah Lionel Messi dari Barcelona.

Salah satu kemampuan yang paling mendapat sorotan dari seorang pemain sepak bola, selain kemampuannya mencetak gol (bagi penyerang), adalah skill untuk menggocek bola (dribble).

Para pemain yang mampu menggocek bola selalu tampak keren. Karena, mereka sangat mahir untuk membuat lawan tak berkutik dengan tipuan mereka, dan akhirnya bisa melewati pertahanan lawan.

Baca Juga
Baca Juga

Jadi, meski mereka tak mampu mencetak gol, tapi gocekan-gocekan indah yang mereka lakukan bakal memporak-porandakan pertahanan lawan. Ini adalah kemampuan yang bakal selalu dibutuhkan setiap tim sepak bola.

Biasanya, pemain-pemain ahli dribble ini adalah mereka yang memiliki keahlian teknis tingkat tinggi serta punya kelincahan yang di atas rata-rata. Pasalnya, semua itu untuk menunjang aksi mereka 'mempermainkan' bola dan lawan.

Melansir dari laman portal berita olahraga Sportskeeda, berikut tersaji lima pemain sepak bola yang punya gocekan maut saat ini.

1. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)

Striker Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe merayakan golnya ke gawang Lyon di Semifinal Piala Prancis

Paris Saint-Germain tak salah telah mendatangkan Kylian Mbappe dari AS Monaco pada 31 Agustus 2019 yang lalu. Mbappe saat ini punya harga (value) tertinggi di situs Transfermarkt dengan 180 juta euro atau sekitar Rp3,1 triliun.

Kenapa bisa setinggi itu? Pasalnya, Kylian Mbappe diyakini merupakan pemain paling lincah di muka Bumi ini di jaman sekarang. Karena kemampuan yang ia miliki, Mbappe bukan saja berguna untuk menyerang, tapi juga untuk membantu pertahanan PSG.

2. Lionel Messi (Barcelona)

Aksi Lionel Messi di laga Liga Champions antara Barcelona vs Napoli

Akan sangat aneh jika megabintang Barcelona yang bernama Lionel Messi tidak masuk dalam daftar ini. Karena, salah satu kemampuannya yang paling menonjol adalah gocekan maut yang telah membuat banyak pemain lawan keteteran menghadangnya. Messi tetap berbahaya meski sudah berusia 33 tahun sekarang.

Kemampuannya itu sangat didukung dengan postur tubuh yang tak begitu tinggi. Lionel Messi pun mendapat julukan La Pulga Atomica atau The Atomic Flea. Untuk semakin mempertajam dribblingnya, Messi punya tubuh yang kuat, yang tak mudah ditumbangkan oleh lawan jika kontak fisik (bahu).


1. 3. Roberto Firmino (Liverpool)

Striker Liverpool, Roberto Firmino, saat menahan bola di depan pemain Wolves, Joao Moutinho

3. Roberto Firmino (Liverpool)

Roberto Firmino selalu menjadi andalan Jurgen Klopp di Liverpool. Ia mendapat tugas utama untuk membantu Sadio Mane dan Mohamed Salah untuk melakukan penyerangan. Firmino bakal mencoba menipu lawan dengan gocekannya dan memberi assist kepada Sane atau Salah ketika ada peluang.

Karena kelincahannya itu, Roberto Firmino juga mampu membantu pertahanan Liverpool jika bola sedang dikuasai lawan. Hanya sayangnya, ia kurang garang untuk mencetak gol dibanding dua striker The Reds itu. Ia sukses melakukan dribble 70 kali di 2019/20.

4. Neymar (Paris Saint-Germain)

Neymar dan Kylian Mbappe, dua bintang Paris Saint-Germain

PSG benar-benar beruntung. Karena selain Mbappe, mereka juga punya Neymar yang jago dribble. Bahkan, megabintang asal Brasil itu sukses memuncaki klasemen dribble di 2019/20 mengalahkan Messi dan Mbappe (berdasarkan Sportskeeda). Tentu, ini adalah performa yang luar biasa di usianya yang 28 tahun.

Neymar bisa disandingkan dengan legenda Brasil lainnya seperti Ronaldinho dan Kaka dalam hal gocekan maut. Bersama PSG di musim lalu, Neymar sukses melakukan 125 kali dribble dari 199 upaya yang ia lakukan.

Baca Juga
Baca Juga

5. Paulo Dybala (Juventus)

Paulo Dybala

Tandem Cristiano Ronaldo di Juventus, Paulo Dybala, ternyata juga menjadi salah satu pemain dengan gocekan terdahsyat jaman sekarang. Sama seperti Messi, mantan striker Palermo itu juga mampu menipu lawan dan juga melewati lawan meski dalam celah yang sangat sempit.

Paulo Dybala saat ini masih berusia 26 tahun. Sehingga, performanya pun masih di titik matang. Ia sukses melakukan 77 kali dribble dari 128 upaya yang ia lakukan musim lalu di Serie A Liga Italia dan Liga Champions. Sayang, dirinya justru sedang dirumorkan bakal dibuang ke Manchester United demi ditukar dengan Paul Pogba.

Itulah lima pemain sepak bola yang memiliki gocekan maut saat ini. Sosok dengan performa seperti itu seharusnya dipertahankan oleh tim masing-masing. Pasalnya, merekalah yang mampu membantu serangan untuk terciptanya sebuah gol indah.

LiverpoolNeymarBarcelonaLionel MessiParis Saint-GermainJuventusPaulo DybalaRoberto FirminoBola InternasionalKylian MbappeSepak Bola

Berita Terkini