x

Legenda Persipura Sindir Wacana Naturalisasi Timnas Indonesia

Kamis, 27 Agustus 2020 14:05 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Wacana PSSI menaturalisasi pemain Timnas Indonesia jelang Piala Dunia U-20 2021 mendapatkan komentar sinis dari legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam.

FOOTBALL265.COM - Wacana PSSI untuk menaturalisasi pemain Timnas Indonesia jelang Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang mendapatkan komentar dari legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam.

Kaka Edu sapaan akrab Eduard Ivakdalam menilai, naturalisasi bukan bagian penting yang perlu disiapkan oleh PSSI. Menurutnya, SDM kepelatihan di daerah-daerah yang perlu ditingkatkan.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya kira naturalisasi itu bukan bagian penting yang harus kita siapkan untuk timnas kita. Apalagi melihat pemain yang di naturalisasi timnas kita sebelumnya itu usianya sudah terbilang tua," ujar Kaka Edu kepada wartawan di Jayapura, Kamis (27/8/20).

"Sebaiknya siapkan SDM Pelatih yang baik mulai dari tingkat SSB untuk mendapatkan bibit-bibit pemain lokal yang baik dan nantinya bisa menjadi penerus di klub-klub. Dan kompetisi kita pasti akan lebih baik nantinya," tambah Kaka Edu.

Eks kapten Persipura ini menyarankan, PSSI sebaiknya fokus memperhatikan pembinaan usia dini untuk melahirkan bibit-bibit potensial yang nantinya bisa memperkuat imnas Indonesia, ketimbang menaturalisasi pemain asing.

"Seharusnya pemain lokal yang berpotensi harus di dahulukan. Saya kira naturalisasi ini seolah pemain lokal kita tidak mampu, apalagi usia muda, saya pikir kita juga bisa membina pemain-pemain muda kita untuk bisa perkuat timnas," pungkasnya.

Baca Juga
Baca Juga

Wacana naturalisasi pemain Timnas Indonesia U-19 kian mencuat setelah lima pemain muda asal Brasil akan dititipkan di klub Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United.

Persipura JayapuraNaturalisasiTimnas IndonesiaEduard IvakdalamLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini