x

Ini 5 Skuat Timnas Termahal Jelang Euro, Prancis Saingi Inggris

Kamis, 19 November 2020 21:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Skuat Timnas mana saja yang paling mahal jelang Euro 2020?

FOOTBALL265.COM - Timnas mana saja yang punya skuat termahal jelang gelaran Euro 2020 yang akan berlangsung tahun depan?

Seperti diketahui, turnamen sepak bola akbar empat tahunan tersebut sejatinya digelar pada 12 Juni sampai dengan 12 Juli 2020, namun terpaksa ditunda lantaran dunia diserang pandemi virus corona Covid-19.

Rencananya, Euro 2020 akan berlangsung pada 11 Juni sampai dengan 11 Juli 2021. Total 12 negara pun didapuk sebagai tuan rumah ajang ini.

Persaingan para partisipan Euro 2020 pun tidak kalah sengit jika dibandingkan gelaran empat tahun lalu ketika Timnas Portugal tampil sebagai pemenang. Mereka mengandaskan perlawanan Prancis di partai puncak dengan skor 1-0.

Baca Juga
Baca Juga

Reputasi Cristiano Ronaldo dkk pun semakin menjulang setelah berhasil menjuarai UEFA Nations League edisi pertama pada musim 2018-2019 lalu. Tidak heran, Portugal jadi salah satu kandidat favorit menjuarai Euro 2020.

Selain Ronaldo, Bruno Fernandes, dan Rui Patricio, mereka juga memiliki stok pemain seperti Joao Felix, Diogo Jota, Joao Cancelo, Rafael Leao, dan Pedro Neto yang sedang bermain di klub-klub sepak bola liga top Eropa.

Akan tetapi, ternyata Timnas Portugal bukanlah skuat termahal yang akan berlaga di ajang Euro 2020 meski berisi banyak bintang tersebut. Lalu siapa? Mari mulai dari peringkat kelima, seperti dilansir dari laman Sportbible.

Jerman (Grup F)

Kampiun Piala Dunia 2014 sekaligus salah satu negara barometer sepak bola yakni Jerman memiliki skuat bernilai 737,5 juta euro atau setara Rp12,4 triliun.

Baca Juga
Baca Juga

Skuat asuhan Joachim Low saat ini memiliki sejumah pemain bintang seperti Timo Werner, Serge Gnabry, Leroy Sane, Julian Brandt, dan masih banyak lagi. Mereka juga dihuni senior seperti Manuel Neuer dan Toni Kroos.

Timnas Jerman tentu akan berusaha semaksimal mungkin di Euro 2020 untuk mengembalikan kejayaan yang semakin memudar dimakan waktu.

Terakhir kali Jerman meraih trofi bergengsi di level internasional adalah Piala Dunia 2014. Di ajang Euro sendiri, mereka adalah juara edisi 1972, 1980, dan 1996.


1. Selain Jerman, Siapa Lagi?

Timnas Portugal termasuk yang termahal yang akan berlaga di Euro 2020.

Portugal (Grup F)

Tim yang dibicarakan di awal artikel ini, Portugal, memiliki skuat senilai 762,5 juta euro atau sekitar Rp12,8 triliun. Bicara soal daftar pemain, jelas tidak perlu diragukan lagi.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, mereka punya banyak nama hebat yang harganya bisa bikin silau klub mana saja yang menginginkannya.

Spanyol (Grup E)

Spanyol adalah Timnas yang menghuni posisi ketiga soal skuat termahal yang akan berlaga di Euro 2020. Para penerus kampiun edisi 2008 dan 2012 tersebut sekarang bernilai 842,5 juta euro (Rp14,1 triliun).

Sejumlah bintang besar yang mereka miliki saat ini adalah Alvaro Morata, Ferran Torres, Hector Bellerin, David de Gea, Kepa Arrizabalaga, ditemani pemain veteran seperti Sergio Ramos yang masih setia bersama La Furia Roja.

Prancis (Grup F)

Selanjutnya ada sang juara dunia, Prancis, yang memiliki skuat bernilai 1,04 miliar euro alias Rp17,4 triliun. Benar-benar jumlah yang fantastis dan tidak mengherankan mengingat Les Blues kini diisi banyak pemain hebat.

Ada siapa saja di Timnas Prancis? Banyak. Sebut saja Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Paul Pogba, Anthony Martial, Olivier Giroud, N’Golo Kante, Raphael Varane, Hugo Lloris, dan masih banyak lagi.

Dengan skuat bertabur bintang inilah Timnas Prancis layak optimistis bisa melaju mulus di ajang Euro 2020, apalagi dengan status sebagai juara dunia. Namun langkah mereka tidak akan mudah.

Pasalnya, di Euro kali ini, Les Blues berada di grup neraka bersama Jerman dan kampiun edisi lalu, Portugal. Apakah skuat mahal ini akan bicara banyak tahun depan? Tentunya patut dinanti.

Inggris (Grup D)

Ternyata yang paling mahal adalah skuat Timnas Inggris, dengan nilai 1,40 miliar euro atau sekitar Rp23,5 triliun. Sejak dulu, The Three Lions memang dikenal memiliki banyak pemain bintang.

Salah satunya, generasi bertabur nama-nama hebat seperti Frank Lampard, Steven, Gerrard, Wayne Rooney, dan John Terry. Namun sayangnya, mereka belum bisa menjuarai turnamen-turnamen besar.

Akan tetapi, sedikit harapan mulai muncul setelah skuat asuhan Gareth Southgate berhasil menjadi semifinalis Piala Dunia 2018.

Apalagi, mereka kini memiliki sejumlah pemain muda seperti Jack Grealish, Jadon Sancho, Tammy Abraham, Dominic Calvert-Lewin, Declan Rice, Mason Mount, Ben Chilwell, Bukayo Saka, yang ditemani senior seperti Harry Kane dan Harry Maguire.

SpanyolPrancisJermanPortugalEuro 2020EuroTimnas InggrisBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini