x

Ibrahima Konate, Kira-kira Cocok atau Tidak untuk Liverpool?

Minggu, 6 Desember 2020 19:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain RB Leipzig, Ibrahima Konate, dikaitkan dengan klub Liga Inggris, Liverpool.

FOOTBALL265.COM - Pemain RB Leipzig, Ibrahima Konate, belum lama ini dikaitkan dengan klub Liga Inggris, Liverpool. Demikian menurut laporan jurnalis Bild, Christian Falk.

Rumor transfer yang berkaitan dengan bek mung kin tidak sebanyak striker atau gelandang. Akan tetapi, pembicaraan ini menjadi penting bagi The Reds lantaran mereka tengah kehilangan Virgil van Dijk dan Joe Gomez.

Sebelumnya, kampiun Liga Inggris musim lalu tersebut sempat dikabarkan membidik Dayot Upamecano. Hanya saja, kans untuk mendapatkan sang pemain cukup sulit dengan banyaknya klub pesaing yang juga berminat.

Oleh karena itu, alternatif pun sudah disiapkan. Tidak perlu jauh-jauh, opsi rekrutan konon katanya jatuh pada rekan setim Upamecano di RB Leipzig, Ibrahima Konate.

Baca Juga
Baca Juga

Konate adalah seorang bek tengah yang masih muda, berbakat, dan mengesankan secara fisik, di samping ia juga cukup berpengalaman. Rasa-rasanya tidak sulit baginya untuk menembus starting XI The Reds dalam waktu yang relatif singkat.

Selain itu, Konate dan Upamecano memiliki karakter yang cukup mirip, mulai dari postur yang atletis dan sama-sama berasal dari Prancis.

Bahkan, situs resmi Bundesliga Jerman menyebut Konate bermain seperti Virgil van Dijk. Ia pandai memposisikan diri, menempel striker dengan ketat, mencegat operan dengan baik, serta melakukan tekel dan membangun serangan dari belakang.

Selain itu, ia punya kemampuan mengimbangi para striker yang berlari cepat. Belum lagi posturnya yang tinggi besar dan atletis cukup menakutkan bagi siapa saja lawan yang mencoba menembus pertahanan yang dijaganya.

Baca Juga
Baca Juga

Memiliki ciri fisik dan gaya bermain serupa Van Dijk bisa menjadikan Konate solusi masa kini dan masa depan Liverpool. Masih berusia 21 tahun, ia cocok jadi aset masa depan dan stok bek tengah The Reds.

Pasalnya, Van Dijk sendiri tahun depan sudah akan menginjak usia 30 tahun. Entah sampai kapan ia akan bermain di Anfield dan sepertinya Liverpool harus berjaga-jaga sejak dini agar mereka tidak kelimpungan ketika pemain andalannya itu pergi.


1. Konate Cocok atau Tidak untuk Liverpool?

Pemain RB Leipzig, Ibrahima Konate, dikaitkan dengan klub Liga Inggris, Liverpool.

Meski demikian, Liverpool juga harus memikirkan matang-matang jika ingin mendatangkan Ibrahima Konate dari RB Leipzig.

Jika diusut, ia punya sejarah cedera bersama klub Bundesliga Jerman tersebut. Tentu akan konyol apabila The Reds mencari pengganti Virgil van Dijk namun berakhir pada pemain yang ternyata masih bermasalah dengan fisiknya.

Sejak musim 2018-2019, Konate sudah menghabiskan setidaknya 300 hari di daftar cedera, termasuk di antaranya fiber otot yang sobek dan masalah pada fleksor pinggul.

Jadi, apakah benar Liverpool dan Jurgen Klopp ingin mendatangkan Ibrahima Konate, seperti kabar yang beredar belakangan ini?

Jika benar, tentu mereka harus mempertimbangkan segala kemungkinan, terutama rekam jejak cedera Konate berikut potensi kambuhnya pada masa yang akan datang.

Namun jika tidak, mungkin The Reds akan mencari alternatif lain meski pada kenyataannya Jurgen Klopp lebih memilih memberdayakan pemain-pemain mudanya. Ia adalah pelatih yang sudah cukup bahagia dengan skuatnya yang ada sekarang.

Siapa Ibrahima Konate?

Ibrahima Konate, lahir di Paris, Prancis, pada tanggal 25 Mei 1999. Sebelum bermain untuk RB Leipzig di Bundesliga Jerman, ia mengawali kariernya di klub Paris FC dan FC Sochaux-Montbeliard.

Ia memiliki enam saudara lak-laki dan kerap menghabiskan waktu bermain sepak bola bersama mereka di jalanan kota Paris sewaktu kecil. Ia kemudian berkesempatan masuk akademi sepak bola FC Sochaux saat berusia 15 tahun.

Debut seniornya untuk Sochaux terjadi pada musim 2016-2017. Setelahnya, ia pun menarik minat sejumlah klub Eropa dan RB Leipzig-lah yang memenangkan tanda tangannya pada musim panas 2017.

Di level Timnas, Konate memulai perjalanannya di kelompok umur U-16. Ia naik level ke U-21 pada Mei 2019 dan tinggal selangkah lagi menuju satu tempat di tim senior.

Sayangnya, performanya selama musim 2019-2020 sedikit terhambat lantaran cedera yang dialaminya. Lalu, apakah Liverpool akan benar-benar mendatangkannya ke Anfield, atau rumor ini akan tetap jadi rumor semata?

Liga Primer InggrisRB LeipzigLiga InggrisVirgil van DijkBerita Liga Inggris

Berita Terkini