x

Ketika Manchester United Asuhan Ferguson Dipecundangi Marcelo Bielsa

Minggu, 20 Desember 2020 12:17 WIB
Editor: Coro Mountana
Kepala pelatih klub Divisi Championship Leeds United Marcelo Bielsa.

FOOTBALL265.COM – Jelang bertemu Leeds United di Liga Inggris, Manchester United harus berhati-hati karena saat dilatih Sir Alex Ferguson, setan merah pernah dipecundangi Marcelo Bielsa.

Manchester United boleh saja jemawa karena difavoritkan bakal menang mudah malam ini saat menjamu Leeds United. Wajar memang karena melihat Manchester United sejak tersingkir dari Liga Champions, mulai menunjukan kematangannya.

Mulai dari menahan imbang Manchester City hingga menunjukan semangat pantang menyerah saat menang atas Sheffield United. Hal itulah yang membuat Manchester United dengan materi pemain lebih baik dari Leeds United, dijagokan untuk menang.

Baca Juga
Baca Juga

Apalagi Leeds United sebenarnya masih tertahan di papan tengah dengan telah menelan 6 kekalahan hanya dari 13 laga saja. Akan tetapi jika meremehkan Leeds United, rasanya itu bisa menjadi blunder bagi pelatih Ole Gunnar Solskjaer.

Soalnya Leeds United saat ini tengah dilatih oleh Marcelo Bielsa, pelatih nyentrik yang hobi bikin kejutan. Juara bertahan, Liverpool asuhan Jurgen Klopp saja nyaris ditahan imbang oleh Bielsa di pekan perdana Liga Inggris.

Saat itu, Leeds United selalu punya cara untuk menyamakan kedudukan dari Liverpool. Kemampuan Bielsa dalam meramu Leeds United inilah yang harus diwaspadai oleh Solskjaer, sehingga meremehkannya adalah haram hukumnya.

Baca Juga
Baca Juga

Solskjaer pun tidak boleh lupa, betapa mengerikannya Bielsa saat mempecundangi seniornya sekaligus pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. Bisa dibayangkan, Ferguson saja punya kenangan buruk Ketika beradu taktik dengan Bielsa.

Belajar dari apa yang sudah dilalui Ferguson, Solskjaer sebagai juniornya harus mempelajari gaya main Bielsa. Agar kenangan buruk Manchester United asuhan Ferguson saat dipecundangi Marcelo Bielsa tak terulang lagi malam nanti.


1. Kalah di Old Trafford

Pelatih legendaris sepak bola yang pernah menangani Manchester United, Sir Alex Ferguson (kiri) turut hadir menyaksikan mantan timnya melawan Manchester City dalam pertandingan Liga Inggris 2019-2020 bertajuk Derby Manchester

Cerita bermula Ketika Manchester United yang saat itu dilatih Ferguson harus turun kasta dari Liga Champions ke Liga Europa musim 2011/12. Manchester United pun melaju mulus ke babak 16 besar usai singkirkan Ajax Amsterdam.

Melihat lawannya hanya Athletic Bilbao, Ferguson pun yakin bisa membawa Manchester United melaju lagi dengan mudah. Sayang Ferguson tidak sadar kalau di balik Athletic Bilbao ada Bielsa yang sedang jadi pelatih.

Duel leg pertama babak 16 besar pun digelar dengan disaksikan 59 ribu lebih penonton di Old Trafford. Mereka pun jadi saksi bagaimana Ferguson benar-benar dibuat kesal oleh Bielsa dengan taktik jitunya.

Sempat unggul dari Wayne Rooney, Athletic Bilbao langsung membalas tiga gol melalui Fernando Llorente, Oscar De Marcos, dan Iker Muniain. Rooney Kembali mencetak gol tetapi Manchester United secara mengejutkan tetap kalah 2-3 dari Athletic Bilbao.

Tidak ada yang menyangka Manchester United, tim langganan masuk final Liga Champions dengan pelatih legendarisnya, Ferguson bisa dipecundangi Athletic Bilbao. Sebagai informasi, Bilbao ini adalah tim unik yang mayoritas diperkuat warga lokal dari kota Basque.

Jadi bisa dibayangkan betapa sulitnya Bielsa mencari komposisi tim yang anti dengan pemain asing, berbeda dengan Manchester United yang dihuni banyak talenta impor. Ferguson yang sadar betapa bahayanya Bielsa, mencoba mencari solusi di leg kedua.

Kalah Lagi di San Mames

Manchester United pun bertanding di San Mames, kandang dari Atheltic Bilbao pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa musim 2011/12. Sangat disayangkan, ternyata Ferguson tak memiliki solusi untuk meredam permainan gila ala Bielsa.

Hasilnya, Manchester United harus langsung tertinggal 2 gol dari Llorente dan De Marcos. Penampilan gemilang gelandang Athletic Bilbao, Ander Herrera saat itu menjadi kunci mengapa Manchester United jadi tak bisa mengembangkan permainan.

Seperti yang kita tahu, Herrera pun dibeli Manchester United di kemudian hari. Kembali pada laga bersejarah di San Mames, Rooney akhirnya bisa mencetak satu gol, tetapi Manchester United tetap kalah 1-2 sehingga harus tersingkir dengan agregat 3-5.

Satu hal memalukannya adalah Manchester United asuhan Ferguson harus kalah dalam 2 laga baik itu kandang atau tandang dari Bielsa. Jadi saat-saat terbaik Bersama Ferguson saja, Manchester United sudah bertekuk lutut dengan Bielsa.

Bagaimana nasib Solskjaer nanti malam? Tentu semua sudah berubah situasinya dengan Bielsa pun sudah berada di Leeds United, bukan Athletic Bilbao. Tetapi tetap saja jangan heran jika Marcelo Bielsa bisa sekali lagi mempecundangi Manchester United, karena Ferguson saja tidak mampu.

Manchester UnitedLiga EuropaSir Alex FergusonAthletic BilbaoLeeds UnitedMarcelo BielsaIn Depth SportsLiga InggrisFeature

Berita Terkini