x

Ada dari Rival Liga Inggris, 5 Calon Pengganti Mikel Arteta di Arsenal Pasca Penolakan Arsene Wenger

Sabtu, 16 Januari 2021 13:38 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Sempat membaik, Arsenal kembali menurun dengan diimbangi Crystal Palace. Berikut 5 pelatih yang bisa gantikan Mikel Arteta pasca Arsene Wenger menolak kembali.

FOOTBALL265.COM – Sempat membaik, Arsenal kembali menurun dengan diimbangi Crystal Palace. Berikut 5 pelatih yang bisa gantikan Mikel Arteta pasca Arsene Wenger menolak kembali.

Sempat terpuruk di peringkat 15 klasemen Liga Inggris, Arsenal dinilai mulai bangkit dengan meraih 3 kemenangan beruntun atas Chelsea, Brighton, dan West Brom.

Racikan Mikel Arteta dengan menempatkan Emile Smith Rowe sebagai gelandang nomor 10 dan Bukayo Saka di sayap kanan dalam 3 laga itu dinilai telah memecahkan masalah produktivitas gol The Gunners.

Baca Juga
Baca Juga

Sayangnya, langkah bagus Arsenal terhenti saat berjumpa Crystal Palace, Jumat (15/01/21) dini hari WIB lalu. Meski Saka dan Smith Rowe tampil sejak awal, The Gunners tampil monoton sehingga mengakhiri laga dengan skor 0-0.

Di sisi lain, sejumlah penggemar Arsenal sempat berharap situasi ini membuat Arsene Wenger bersedia kembali. Seperti diketahui, pria Prancis itu dinilai sebagai pelatih tersukses Arsenal dengan raihan 17 gelar termasuk 3 trofi Liga Inggris.

Namun, meski mengakui Arsenal kini tengah terpuruk, Wenger yang kini menjadi kepala Global Football Development FIFA menolak ide tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya harap penderitaan mereka hanya sementara. Saya akan terus mendukung mereka dalam situasi apa pun,” katanya seperti dilansir The Sun.

“Arsenal telah menjadi salah satu cinta dalam hidup saya. Namun, Anda tidak bisa melakukan hal yang sama dua kali.”

Meski demikian, penolakan Arsene Wenger itu tidak lantas membuat masa depan Mikel Arteta aman. Sedikitnya 5 pelatih dinilai layak menggantikan posisi dirinya di Emirates Stadium, dengan salah satunya bahkan telah ditawarkan ke manajemen klub.

Siapa saja kelima pelatih itu? Berikut ini daftarnya:


1. Ada Pelatih Rival Liga Inggris

Mantan bintang Barcelona yang kini jadi pelatih Al Sadd, Xavi Hernandez

5. Xavi Hernandez

Berbekal pengalaman sebagai pemain bergelimang gelar di Barcelona, Xavi Hernandez tampil gemilang sebagai pelatih. Di Al Sadd yang menjadi klub pertama yang dilatihnya, Xavi sudah memenangkan 4 gelar hanya dalam kurun waktu 2 tahun.

Di sisi lain, Xavi Hernandez sendiri beberapa waktu lalu sempat mengaku tertarik berpetualang ke Liga Inggris dan menyebut Arsenal sebagai salah satu klub yang menarik minatnya. Meski demikian, minimnya pengalaman melatih di level tertinggi bisa membuat pria Spanyol itu kesulitan di Emirates.

4. Rafael Benitez

Rafael Benitez saat mempersembahkan gelar Liga Europa untuk Chelsea.

Desember lalu, nama Rafael Benitez sempat masuk dalam bursa pengganti Mikel Arteta. Media Spanyol bahkan menyebut Benitez rela menolak tawaran dari West Ham demi mempertahankan peluang untuk membesut The Gunners. Namun, pada akhirnya tawaran itu tidak pernah datang.

Dengan kesuksesannya meraih trofi bersama Liverpool dan Chelsea, serta keberhasilannya membangkitkan Newcastle yang sempat terdegradasi dari Liga Inggris, Rafael Benitez bisa jadi sosok yang tepat untuk mendongkrak performa Arsenal di sisa musim ini.

3. Nuno Espirito Santo

Nuno Espirito Santo, pelatih Wolverhampton Wanderers

Nuno Espirito Santo tengah menjadi perbincangan. Juru taktik Wolverhampton Wanderers itu diketahui meminta agennya Jorge Mendes mencarikan petualangan baru meski ia baru saja memperpanjang kontrak di Wolves hingga 2023. Mendes pun kemudian menawarkan Santo ke Arsenal.

Kesuksesannya mengangkat Wolves dari Championship hingga tampil di Liga Europa membuat Nuno Espirito Santo layak masuk dalam pertimbangan Arsenal. Namun, ia diketahui lebih tertarik membesut klub yang berpeluang tampil di Eropa musim depan sehingga hal ini bisa menyulitkan Arsenal.

2. Massimiliano Allegri

Pelatih asal Italia Massimiliano Allegri.

Sejak meninggalkan Juventus pada 2019 lalu, Massimiliano Allegri sempat dikaitkan dengan sejumlah klub seperti PSG dan Inter Milan. Namun, nyatanya hingga awal tahun 2021 ini pria Italia itu masih belum mendapatkan pelabuhan baru.

Namun meski bergelimang gelar bersama Juventus dan AC Milan, fakta bahwa Massimilano Allegri belum pernah melatih di luar Italia bisa menjadi kendala. Pria 53 tahun ini tentu membutuhkan waktu untuk beradaptasi, dan masuk di pertengahan musim akan menyulitkan proses tersebut.  

1. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel 

Jelang Natal lalu, Thomas Tuchel mendapat kabar buruk dengan dipecat Paris Saint-Germain meski membawa tim tersebut juara Ligue 1 Prancis dua musim beruntun. Ia dinilai gagal mewujudkan misi menjuarai Liga Champions dan sempat terlibat perselisihan dengan manajemen klub.

Dengan pengalamannya di kompetisi level tertinggi bersama Borussia Dortmund dan PSG yang dilengkapi raihan sejumlah gelar, statusnya yang menganggur, dan kepiawaiannya memoles pemain muda, Thomas Tuchel menjadi pilihan tepat untuk mendongkrak skuat Arsenal yang dipenuhi wonderkid berbakat. 

ArsenalArsene WengerMassimiliano AllegriXavi HernandezRafael BenitezMikel ArtetaThomas TuchelLiga InggrisBerita Liga InggrisNuno Espirito Santo

Berita Terkini