x

Sebut Uang Jadi Alasan Manchester City Luar Biasa, Guardiola Sindir Barcelona?

Jumat, 26 Februari 2021 12:53 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
Sebut kekuatan uang buat raksasa Liga Inggris, Manchester City, sulit dihentikan, Pep Guardiola sindir mantan klub yang ditukanginya, Barcelona?

FOOTBALL265.COM - Sempat jadi batu loncatan kegemilangan kariernya tak membuat Pep Guardiola mengingat jasa di Barcelona. Sebut kedigdayan luar biasa bersama raksasa Liga Inggris, Manchester City berkat uang, ia sindir Catalan?

Jauh sebelum berkarier di Etihad Stadium, juru taktik berkebangsaan Spanyol itu lebih dulu gemilang bersama tim yang pernah dibelanya sebagai pemain. Kebetulan, dirinya dapat promosi ketika rezim Frank Rijkaard berakhir di era presiden Joan Laporta.

Baca Juga
Baca Juga

Begitu dapat kesempatan ini, legenda Timnas Spanyol tersebut langsung membuat Barca menggila di awal karier kepelatihannya. Bayangkan saja, ia jadi pelatih pertama yang bisa pecahkan rekor enam gelar juara sekaligus treble winners dalam satu musim.

Proyeksi taktik Tiki-Taka begitu sukses kembangkan pamor Barcelona menjadi salah satu tim paling menakutkan di pentas domestik maupun Eropa. Guardiola pun jadi alasan perkembangan signifikan Lionel Messi sebagai false nine pada masanya.

Akan tetapi, setelah empat musim akhir kontraknya dan kemudian digantikan oleh Tito Vilanova, pelatih berkepala plontos ini lantas pindah ke Bayern Munchen. Cukup membanggakan di Jerman, ia pun cicipi karier di Liga Inggris.

Baca Juga
Baca Juga

Kariernya di pentas teratas Negeri Elizabeth pun tak bisa dipandang sebelah mata usai sumbang delapan trofi termasuk diantaranya domestic treble. Minus Liga Champions, sang pelatih juga punya catatan gila berupa 19 laga kemenangan beruntun.

Tanpa malu-malu, segala macam pencapaian itu pun dikatakan oleh Pep Guardiola berasal dari uang untuk membeli pemain mahal agar skuat Manchester City-nya sempurna. Ada indikasi, perkataannya ini pun menusuk kubu Barcelona, tim yang dulu dilatihnya.


1. Ketika Guardiola Sebut Uang Buat Manchester City Perkasa, Bikin Barcelona Tersindir Juga?

Barcelona semakin menyedihkan, Pep Guardiola seolah-olah beri sindiran jika Manchester City perkasa berkat uang.

"Kami punya banyak uang untuk membeli banyak pemain luar biasa," kelakar Guardiola ketika kemenangan atas Borussia Monchengladbach perpanjang rekor 19 kemenangan beruntun Manchester City di semua kompetisi dilansir Goal International.

"Semua itu memang benar, tanpa adanya pemain berkualitas maka kami tak bisa melakukannya. Ada jalinan umat manusia di grup ini... para pemain begitu fantastis. Mereka bermain dengan menangkan pertandingan," tutupnya.

Habiskan hingga 924 juta euro (Rp16 triliun) untuk beli 111 pemain semenjak datang 2016 lalu, pelatih berusia 50 tahun itu pun nampak pegang kendali atas segalanya. Apalagi ia dapat pasokan dana tinggi gara-gara Sheikh Mansour sang pemilik The Citizen.

Dengan bangga hambur-hamburkan uang demi pemain anyar, mantan gelandang bertahan ini pun seolah-olah menyindir keuangan Barcelona. Diketahui, klub awal tempatnya meniti karier itu sedang kesulitan keuangan gara-gara hutang 1,2 miliar euro (Rp20 triliun).

Kini prestasi dari Blaugrana sendiri terbilang cukup memperihatinkan ketika gonta-ganti pelatih tak berimbas juara. Terbukti hadirnya Ronald Koeman justru membuat kualitas mereka hanya jadi tim medioker usai menang lawan tim-tim kecil saja.

Dipercaya jadi penyelamat Barcelona, Pep Guardiola malah pilih kontrak baru dua tahun dengan Manchester City pada 19 November 2020 lalu. Alasan ini tak lepas dari 'kekuatan' uang yang bisa buatnya membangun kekuatan dengan mudah bareng klub Liga Inggris itu.

Manchester CityBarcelonaLionel MessiBayern MunchenPep GuardiolaJoan LaportaLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini