x

Albert Braut Tjaaland, Sepupu Erling Haaland yang Punya Rekor Gol Mencengangkan

Selasa, 9 Maret 2021 10:14 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

FOOTBALL265.COM Erling Haaland dikenal sebagai penyerang tajam. Siapa sangka, ia punya sepupu yang tak kalah tajam, Albert Braut Tjaaland, yang punya rekor gol mencengangkan.

Meski baru berusia 20 tahun, Erling Haaland dikenal sebagai salah satu tertajam di dunia sepak bola saat ini. Musim ini saja, bintang muda Norwegia itu sudah mengoleksi 29 gol hanya dari 28 penampilan di semua kompetisi untuk Borussia Dortmund.

Torehan itu membuatnya secara total telah mengoleksi 45 gol dari 46 pertandingan untuk Dortmund, sejak diboyong dari RB Salzburg pada Januari 2020 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Sebelumnya, Haaland juga menunjukkan ketajaman istimewa saat masih membela Salzburg dengan catatan 29 gol dari 27 laga di semua kompetisi.

Ketajaman yang luar biasa di usia yang masih muda membuat Erling Haaland menjadi incaran sejumlah klub raksasa di bursa transfer musim panas nanti. Ia diketahui menjadi bidikan Manchester City, Manchester United, Liverpool, Chelsea, dan Barcelona.

Namun, siapa sangka bahwa ada kerabat dekat Haaland yang tak kalah tajamnya. Sosok yang dimaksud adalah Albert Braut Tjaaland.

Sama seperti Haaland, Albert Braut Tjaaland yang baru berusia 17 tahun juga berposisi sebagai penyerang tengah. Tjaaland juga memiliki perawakan yang mirip sang sepupu dengan rambut pirang dan tubuh tinggi tegap.

Baca Juga
Baca Juga

Namun kemiripan keduanya yang paling jelas terletak pada ketajaman dan kualitas mereka sebagai penyerang. Tidak main-main, saat masih bermain untuk tim junior Bryne FK, Tjaaland tercatat sukses mencetak 40 gol hanya dalam 31 pertandingan, seperti dilansir SportBible.

Bergabung dengan Molde sejak musim panas tahun lalu, penyerang 17 tahun itu pun kembali mencetak rekor gol menakjubkan.

Berikut ini deretan fakta Albert Braut Tjaaland yang berhasil dikumpulkan INDOSPORT dari berbagai sumber:


1. 4 Fakta Albert Braut Tjaaland

Albert Braut Tjaaland, sepupu Erling Haaland yang tak kalah mematikan.

1. Punya Rute Karier yang Mirip Haaland

Erling Haaland mengawali karier di Bryne FK sebelum bergabung dengan Molde dan kemudian hijrah lagi ke Leipzig. Langkah yang sama juga dijalani oleh Albert Braut Tjaaland. Ia bergabung dengan Molde dari Bryne musim panas lalu.

Tjaaland juga menyebut sempat berkonsultasi dengan Haaland sebelum pindah ke Molde. “Molde tempat yang bagus bagi saya untuk berkembang. Saya juga sudah bicara dengan Haaland dan dia bilang ini tempat bagus untuk mengembangkan diri. Namun, kepindahan ini keputusan saya sendiri.”

2. Punya Rekor Gol Mencengangkan

Sebelum bergabung dengan Molde, Albert Braut Tjaaland sukses menorehkan 40 gol hanya dari 31 laga bersama Bryne FK.

Torehan itu pun kemudian diulangi bersama Molde. Dilansir 90 Min, Tjaaland sukses mencetak 64 gol hanya dari 37 pertandingan untuk tim junior Molde. Padahal, sang penyerang baru menginjak usia 17 tahun pada Februari lalu.

3. Postur Tubuh dan Gaya Bermain yang Mirip

Erling Haaland memiliki postur tubuh tinggi tegap berkat tingginya yang mencapai 194 sentimeter. Tjaaland sendiri memiliki tinggi badan 185 sentimeter. Dengan usia yang baru 17 tahun, bukan tidak mungkin ia akan bisa menyamai tinggi sang sepupu di masa depan.

Secara gaya permainan, keduanya pun memiliki kemiripan. Meski bertubuh tinggi besar, kedua saudara ini dikenal lincah, punya first touch yang apik, dan penyelesaian akhir yang klinis, serta memiliki tendangan yang kencang. Perbedaannya Tjaaland mengandalkan kaki kanan, sedangkan Haaland kidal.

4. Membela Timnas Norwegia Usia Muda

Erling Haaland tak hanya tajam di level klub tapi juga di level timnas, dengan catatan 6 gol dari 7 laga bersama timnas senior Norwergia.

Meski belum pernah tampil di timnas senior, Albert Braut Tjaaland diketahui pernah membela timnas junior Norwegia. Dengan ketajamannya, bukan tidak mungkin kita akan melihat duet saudara sepupu itu di lini depan Norwegia di masa depan.

Borussia DortmundNorwegiaBryne FKMoldeErling Braut Haaland

Berita Terkini