x

Mengacu Standar Asia, Persik Kediri Sisakan Satu Tugas Penting

Jumat, 12 Maret 2021 11:06 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain Persik Kediri usai mencetak gol.

FOOTBALL265.COM - Persik Kediri tinggal menyisakan satu tugas yang cukup penting dalam mengisi staf kepelatihan tim sesuai standar kompetisi Asia pada Liga 1 musim 2021 mendatang.

Tugas utama setidaknya sudah dipenuhi Persik Kediri sejak Kamis (11/03/21) kemarin. Yaitu dengan kembali meresmikan Joko Susilo sebagai head coach yang berlisensi AFC Pro.

Sedangkan dalam staf kepelatihan tim, Joko Susilo akan dibantu dua asisten. Namun, lisensi yang dipegang dua asistennya masih AFC B, yang notabene bukan standar yang ditetapkan federasi sepak bola Asia (AFC).

Baca Juga
Baca Juga

"Asisten Pelatih ada Alfiat dan Johan Prasetyo. (Lisensi mereka) masih AFC B sementara," Media Officer tim, Anwar Bahar Basalamah menerangkan kepada INDOSPORT.com, Kamis (11/03/21) malam.

"Coach Joko Susilo disiapkan untuk kompetisi Liga 1 mendatang," sambung jurnalis media cetak di Kediri tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Namun lantaran masih pra musim kompetisi, komposisi staf kepelatihan itu aman-aman saja. Lagipula, Piala Menpora juga tidak mengatur secara khusus perihal kualifikasi setiap pelatih dalam daftar ofisial tim pada regulasinya.


1. Standar Sesuai AFC

Selebrasi pemain Persik Kediri usai mencetak gol.

Jika mengacu standar AFC, memang ada satu tugas penting lagi yang mesti dipenuhi Persik. Yaitu dengan merekrut satu pelatih lagi dengan berlisensi AFC A.

Poin ini tertuang dalam dokumen yang diterbitkan PSSI melalui Coaching License Requirement. Pada lembar itu, PSSI menentukan standar kualifikasi pelatih untuk dipenuhi oleh setiap klub kontestan Liga 1 musim 2021.

Posisi tertinggi adalah Direktur Teknik dan pelatih kepala, yang wajib berlisensi AFC Pro. Sementara untuk posisi asisten, setidaknya harus ada satu pelatih yang berlisensi AFC A.

Dua posisi lainnya adalah pelatih kiper yang harus punya lisensi level 2. Sedangkan satu lagi adalah pelatih yang khusus menangani fisik pemain, dengan lisensi AFC B atau level 2.
 

Persik KediriLiga IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini