x

Persita Turunkan Pemain Lokal U-20 di Piala Menpora, Ini Tanggapan Pelatih Persib

Sabtu, 13 Maret 2021 10:18 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (13/08/20).

FOOTBALL265.COM - Pesaing Persib Bandung di Grup D turnamen pramusim Piala Menpora 2021, Persita Tangerang berencana menurunkan pemain lokal ditambah dari skuat U-20 untuk tampil di ajang tersebut.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menganggap wajar dan memahami kondisi klub peserta Piala Menpora 2021 yang mayoritas belum siap, lantaran waktu persiapan yang cukup mepet untuk menghadapi turnamen pramusim ini.

Sehingga, tak sedikit klub yang mengandalkan pemain lokalnya dan memaksimalkan potensi yang ada di akademi atau diklat yang dimilikinya.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya tidak bisa beri komentar soal itu. Saya paham jika tim belum siap, mungkin mereka belum punya kontrak dengan pemain, termasuk pemain asing," kata Robert Alberts.

Menurut pelatih asal Belanda ini, Piala Menpora 2021 hanya sebatas ajang pemanasan sebelum kompetisi Liga 1 2021 bergulir. Selain itu, terlalu dini untuk mengejar target meraih gelar juara dalam turnamen pramusim ini.

Sehingga, keputusan beberapa klub untuk memaksimalkan pemain lokal yang ada dan memberi kesempatan bermain kepada pemain muda, merupakan hal yang positif. Pasal, mereka bisa merasakan atmosfer pertandingan sebelum mengarungi kompetisi Liga 1 2021.

Baca Juga
Baca Juga

"Soal turnamen ini seharusnya tidak perlu hype yang tinggi, termasuk soal memenangi pertandingan dan hadiahnya, jika tim memainkan pemain muda, itu saran yang bagus. Setidaknya mereka terlibat di turnamen ini, turnamen yang bagus untuk liga mendapat izin untuk digelar, untuk menuju liga, tim bisa mulai bersiap," ucapnya.


1. Bali United Paling Siap

Pertandingan uji coba timnas Indonesia U-23 vs Bali United di Stadion Madya Senayan, Minggu (7/3/21).

Empat peserta yang ada di Grup D, Bali United menurut Robert Alberts menjadi klub yang paling siap untuk bertanding. Pasalnya, mereka sudah cukup lama menjalankan program latihan, lantaran tim besutan pelatih Stefano Cugurra akan tampil di Piala AFC 2021.

Sedangkan tim peserta lainnya baru berlatih beberapa pekan, salah satunya Persib yang menggelar latihan perdana pada Senin (01/03/21), setelah empat bulan meliburkan aktivitas timnya.

"Hanya Bali United yang mungkin sudah siap, karena mereka sudah berlatih sejak lama. Tapi beberapa tim lain masih berusaha untuk mengumpulkan para pemainnya seperti yang terjadi di Persib," ujar Robert Alberts.

"Jadi memang turnamen ini, tidak sama untuk semua tim dilihat dari segi persiapan dan kualitasnya. Tapi itu bukan hal penting, yang terpenting adalah turnamen ini hanya untuk mendapat izin menggelar Liga," jelasnya.

Sejauh ini, di skuat Maung Bandung baru satu pemain asing yang sudah bergabung, yakni Nick Kuipers. Sedangkan, striker asal Brasil, Wander Luiz, belum kembali ke Bandung, lantaran masih melengkapi persyaratan di negaranya untuk berangkat ke Indonesia.
 

Persib BandungPersita TangerangRobert Rene AlbertsBali UnitedLiga IndonesiaPiala MenporaBerita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini