x

Legenda Nottingham Forest Turunkan Ilmu ke Bek Garuda Select 3 di Inggris

Senin, 22 Maret 2021 14:37 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil

FOOTBALL265.COM - Sukses menembus skuat Garuda Select 3 di Inggris, duo bek tengah, Faqih Maulana dan Ibnul Mubarak mengaku haus ilmu dan mau belajar langsung dari bek legendaris Nottingham Forest, Des Walker.

Des Walker diangkat sebagai pelatih dalam program Garuda Select, tentunya dengan segudang pengalaman. Salah satunya saat Des sukses mengantarkan Timnas Inggris melaju ke semifinal Piala Dunia 1990.

Berlatih di bawah arahan bek legendaris Inggris tentu tak bisa didapatkan semua orang. Sebagai sesama bek tengah, Faqih Maulana dan Ibnul Mubarak adalah yang paling intens meminta saran dari Des. 

Baca Juga
Baca Juga

"Coach Des orangnya sangat detail, dia sering memperagakan secara langsung pergerakan yang harus dilakukan sehingga saya lebih cepat paham," ungkap Faqih Maulana via situs resmi Garuda Select.

"Coach Des sangat ingin melihat anak asuhnya berkembang. Ketika berlatih di lapangan, Coach Des sering berteriak dengan nada tinggi, tapi saya sadar itu tujuannya untuk memberikan pengertian lebih kepada semua pemain," timpal Ibnul.

Baca Juga
Baca Juga

"Coach Des sering menekankan ke saya untuk selalu jangan cepat kehilangan bola. Kesalahan seperti salah umpan tak boleh dilakukan pemain belakang, karena itu akan sangat membahayakan tim begitu bola direbut pemain lawan," terang Ibnul lagi.


1. Tidak Sabar

Pemain Garuda Select, Muhammad Faqih Maulana.

Baik Faqih Maulana maupun Ibnul Mubarak mengaku tak sabar untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat dari Des Walker, dengan menjajal pertandingan uji coba menghadapi tim sepak bola Eropa.

Pasalnya, terakhir kali mereka berduet di laga uji coba, yaitu saat Garuda Select menjamu Port Vale U-18, bulan Desember lalu, ketika Inggris masih belum memperketat lockdown.

"Saya ingin sekali bisa mempraktekkan hasil latihan selama empat bulan bersama Coach Des di pertandingan. Coach Des juga pasti langsung memberi evaluasi, sangat penting agar saya bisa terus memperbaiki diri dan berkembang lebih jauh lagi," tuntas Faqih.

Beruntung, pemerintah Inggris telah merilis rencana untuk melonggarkan lockdown. Bila berjalan lancar, skuat Garuda Select 3 sudah bisa berlatih secara normal dan bertanding melawan tim Eropa, mulai 29 Maret nanti.

Program Garuda Select 3 sendiri masih berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat selama lockdown Inggris. Tim pelatih menggelar sesi latihan secara berkelompok atau bubble di Loughborough University. 

Skuat Garuda Select 3 juga berpeluang untuk melakoni tur Jerman, menggelar laga ujicoba dengan akademi terbaik, mulai dari Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Schalke 04, Eintracht Frankfurt, dan juga FC Cologne.
 

Liga IndonesiaGaruda SelectDes WalkerIbnul MubarakMuhammad Faqih Maulana

Berita Terkini