x

Jelang Derby Jatim, Rahmad Darmawan Minta Madura United Lebih Rileks

Minggu, 28 Maret 2021 15:15 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, saat memimpin latihan di Lapangan Batununggal, Kota Bandung, Sabtu (20/03/21)

FOOTBALL265.COM - Rahmad Darmawan menitipkan pesan utamanya kepada skuat Madura United agar tak membawa beban apa pun saat menghadapi Persebaya Surabaya dalam laga kedua Grup C Piala Menpora, Minggu (28/3/21).

Tekanan menjadi faktor yang disebut Rahmad Darmawan begitu kentara. Hal itu terlihat ketika berhadapan dengan PSS Sleman di laga pertama, meski mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Padahal, Beto Goncalves dkk. sangat luwes kala menjalani sejumlah latih tanding dalam bagian program Training Center selama dua pekan lebih di Kota Batu lalu.

Baca Juga
Baca Juga

"Penampilan pemain cukup mengejutkan saya, karena berbeda jauh saat laga-laga sebelumnya," kata RD, sapan karib dari pelatih sekaligus manajer Madura United tersebut.

"Ada lima laga (latih tanding), dan mereka mampu bermain lepas. Bermain sesuai dengan taktik, tapi masih saja belum dapat chemistry," sambung Rahmad Darmawan.

Faktor itulah yang dikhawatirkan masih mengendap kala meladeni tim Bajul Ijo. Terlebih, Derby Jatim itu berperan cukup penting untuk segera memastikan laju Madura United menuju babak 8 besar Piala Menpora.


1. Tekanan Diri Sendiri

Pemain Madura United saat latihan di Lapangan Batununggal, Kota Bandung, Sabtu (20/3/21).

Perihal apa bentuk tekanan yang dialami anak asuhnya, Rahmad Darmawan menjelaskan tidak jauh-jauh. Tekanan itu bahkan bukan dari ekspektasi suporter, seperti halnya yang dialami tim-tim lain untuk wajib meraih prestasi.

Kendati di sisi lain, beragamnya tipe permainan anak asuhnya memberi benefit cukup baik bagi tim. Bukan justru menjadi faktor penghambat atas skema permainan.

"Tekanan bukan berasal dari mana-mana atau tim lawan, tapi dari diri sendiri. Jadi lebih mengetahui kondisi faktual di lapangan. Mereka juga bisa dengan cepat memecahkan masalah di lapangan," tuntas dia.

Baca Juga
Baca Juga

Di klasemen Grup C, Madura United masih memimpin dengan perolehan tiga poin atau setara Persebaya Surabaya, sementara tiga peserta lain siap menjegal, yakni Persela Lamongan, Persik Kediri, dan PSS Sleman, meski masih belum mengemas satu pun poin.

Persebaya SurabayaRahmad DarmawanMadura United FCLiga IndonesiaPiala MenporaBola Indonesia

Berita Terkini