x

Siap Bersaing di Liga 1, PSM Makassar Jadi Klub Profesional Pertama 'Sayuri Bersaudara'

Selasa, 30 Maret 2021 05:27 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Subhan Wirawan
Pemain baru PSM Makassar, Yakob Sayuri.

FOOTBALL265.COM - Juara Liga Indonesia 1999/00, PSM Makassar, menjadi klub sepakbola pertama buat duo 'Sayuri Bersaudara', Yakob dan Yance pada level profesional.

Kembar identik asal Kepulauan Yapen tersebut tak pernah bermain di klub yang sama sebelumnya. Barulah pada musim 2021, mereka dipertemukan oleh Pasukan Ramang.

Sekadar informasi, Yakob Sayuri mengawali karir profesional pada tahun 2017 di Persewar Waropen. Ia kemudian bergabung dengan Persemi Mimika setahun kemudian.

Baca Juga
Baca Juga

Sempat kembali lagi ke Persewar Waropen, bakat Yakob Sayuri lalu terdeteksi oleh pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago. Alhasil, dia pun direkrut oleh Laskar Antasari.

Performa pesepakbola berusia 23 tahun ini langsung melejit pada debutnya di Liga 1 2019 dengan mencatatkan 22 penampilan plus 1 gol dan 4 assist untuk Barito Putera.

Statistik menawan tersebut membuat PSM Makassar merekrutnya pada bursa transfer awal musim Liga 1 2020. Kala itu, Yakob datang sepaket dengan Rony Beroperai.

Sementara itu, si adik, Yance Sayuri baru memulai karir profesional dengan memperkuat Persemi Mimika di ajang Liga 3 sejak musim 2019 hingga 2020 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Setelah itu, Yance Sayuri bergabung ke PSM Makassar pada jendela transfer awal musim berkat bantuan saudara kembarnya menjelang bergulirnya turnamen Piala Menpora 2021.


1. Mukjizat Gabung PSM

Yance Sayuri, adik kandung Yakob Sayuri.

Sebagai adik, Yance Sayuri tentu sangat mengimpikan bisa bermain bersama kakaknya yang telah lebih dulu meraih kesuksesan di level tertinggi sepakbola Indonesia.

Oleh karenanya, pesepakbola yang berposisi sebagai penyerang sayap kiri ini sangat bahagia dapat mengikuti jejak Yakob Sayuri bergabung dengan PSM Makassar.

"Saya bersyukur sekali karena kami baru bisa satu klub. Kalau main tarkam di Papua memang sudah sering tapi untuk klub profesional belum pernah sama sekali," ungkap Yance Sayuri kepada redaksi INDOSPORT, Senin (29/03/21).

"Bermain di klub yang sama sudah menjadi impian kami sejak dulu tapi belum pernah terwujud. Ketika Pak Appi (Munafri Arifuddin/CEO PSM Makassar) menelpon dan mengajak saya bergabung dengan kakak itu suatu mukjizat sekali karena baru di 2021 bisa bermain bersama dengan saudara sendiri," kata dia dengan penuh semangat.

Meski demikian, Yance Sayuri sendiri masih berstatus trial (seleksi) hingga berakhirnya Piala Menpora 2021. Jika berhasil tampil baik, ia dipastikan mendapatkan kontrak baru dari PSM Makassar untuk mengarungi Liga 1 2021/22.

PSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaYakob SayuriBerita Liga 1

Berita Terkini