x

Insiden Euforia Suporter di Jakarta dan Bandung, PSSI Minta Maaf

Senin, 26 April 2021 12:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Persija Jakarta memastikan keluar sebagai juara Piala Menpora 2021 usai mengalahkan Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Minggu (25/04/21).

FOOTBALL265.COM - Kesempurnaan Piala Menpora 2021 tercoreng di pengujung turnamen. Bagaimana tidak usai babak final berjalan kondusif, justru sekelompok oknum suporter melakukan aksi yang melanggar protokol kesehatan.

Persija Jakarta sukses keluar sebagai jawara turnamen Piala Menpora 2021. Tim Macan Kemayoran berhasil menang dari sang rival Persib Bandung di partai final.

Dalam leg kedua partai final yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Persija Jakarta menang dengan skor 2-1. Kemenangan ini menyempurnakan kemenangan Persija Jakarta di leg pertama dengan skor 2-0. Sehingga Persija unggul mutlak dengan aggregat 4-1.

Namun kejadian kurang bagus terjadi selepas Persija Jakarta keluar sebagai pemenang. Dimana segelintir oknum suporter Persija Jakarta, The Jakmania yang melakukan euforia perayaan gelar juara. Mereka tumpah ruah di jalan protokol Jakarta.

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini tentu sangat disayangkan terlebih panitia pelaksana Piala Menpora sudah jauh-jauh hari mewanti-wanti untuk tidak melakukan euforia perayaan. Sebab memang situasi pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia.

Terkait hal ini, Head of Dept Suporter Development and Fan Engagement PSSI, Budiman Dalimunthe angkat bicara. Padahal baginya sudah melakukan komunikasi intens dengan pimpinan Jakmania.

"Untuk pendukung Persija sebelumnya kami sudah menjalin komunikasi yang baik dengan Ketua The Jakmania (Diky Soemarno) agar tidak ada suporter yang datang ke stadion, nonton bareng dan melakukan konvoi kemenangan," buka Budiman.

"Pengurus Jak Mania sudah memberikan arahan kepada anggotanya untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Bahkan di Solo, pendukung Persija mampu menahan diri untuk tidak merayakan euforia di jalan," kata Budiman.


1. PSSI Minta Maaf

Persib kalah atas Persija pada pertandingan leg 2 final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan Solo, Minggu (25/04/21).

Tak hanya menyayangi kejadian di Jakarta, sebab di Bandung juga terjadi insiden tidak mengenakan. Dimana segelintir oknum suporter Persib Bandung meluapkan kekecewaannya dengan melakukan aksi protes di Kantor Persib Bandung. Tak hanya itu mereka juga melakukan sweeping dengan kendaraan berplat Jakarta.

Budiman menambahkan bahwa untuk pendukung Persib, hal ini karena mereka kecewa tim kesayangan mereka kalah di final. Untuk itu mereka melakukan aksi yang kurang terpuji di kantor sekretariat PT Persib.

"Bobotoh sebelumnya kami sudah kami edukasi dan berikan arahan kepada mereka agar tidak datang stadion, nonton bareng, konvoi atau membikin kerumunan. Namun mereka secara spontan malah melakukan tindakan-tindakan yang membuat kerugian. Tentu hal ini sangat kami sayangkan dan semoga kedepan tidak terjadi lagi," tegas Budiman.

Baca Juga
Baca Juga

Kini Budiman atas nama PSSI melontarkan permintaan maaf. Ia pun mengaku akan melakukan komunikasi lebih intens dengan kelompok suporter Indonesia.

"Terkait euforia spontan di Jakarta dan aksi di Bandung, kami juga mohon maaf. Insya Allah kami akan lebih intens berkomunikasi dengan teman-teman suporter semua klub agar tidak hanya mengawal dan menjaga kondusifitas di kota-kota penyelenggara tetapi juga intens mencegah euforia dan aksi kecewa di kota asal (domisili) tim yang sedang bertanding," tukas Budiman.

Persib BandungPersija JakartaPSSIThe JakmaniaBobotohLiga IndonesiaPiala Menpora

Berita Terkini