x

Starting XI Terbaik Gelaran Piala Menpora 2021: Sang Juara Mendominasi

Senin, 26 April 2021 16:49 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Starting XI Terbaik Gelaran Piala Menpora 2021: Sang Juara Mendominasi

FOOTBALL265.COM – Melihat daftar starting XI terbaik sepanjang gelaran Piala Menpora 2021, di mana Persija Jakarta sebagai juara jadi tim yang paling banyak sumbangkan pemain.

Pada Minggu (25/04/21) malam lalu, gelaran Piala Menpora 2021 sendiri baru saja memainkan partai puncak yang mempertemukan Persija vs Persib di stadion Manahan, Surakarta.

Jalani laga leg kedua, Persija Jakarta yang sebelumnya sudah unggul 2-0 kembali berhasil meraih kemenangan atas Persib Bandung dengan skor tipis 2-1.

Baca Juga
Baca Juga

Masing-masing gol Macan Kemayoran dicetak oleh Osvaldo Haay pada menit ke-51' serta Riko Simanjuntak di masa injury time (90+1'). Sementara gol semata wayang Maung Bandung dilesakkan Ferdinand Sinaga lewat tendangan bebas menit 84'.

Dengan kemenangan ini, Persija Jakarta pun dipastikan keluar sebagai juara Piala Menpora 2021 lewat keunggulan agregat 4-1 dari Persib Bandung.

Selain Persib, gelar juara juga diterima PSS Sleman usai mengalahkan PSM Makassar dalam perebutan tempat ketiga Piala Menpora pada Sabtu (24/04/21) lalu.

Dalam pertandingan yang juga berlangsung di stadion Manahan tersebut, PSS Sleman sukses menumbangkan PSM dengan skor tipis 2-1.

Irfan Jaya dan Irkham Mila jadi pahlawan kemenangan Super Elja lewat golnya di laga kemarin, sementara gol tunggal PSM dicetak oleh Sutanto Tan menit 50’.

Sepanjang gelaran Piala Menpora 2021, terdapat 39 pertandingan sejak babak penyisihan grup hingga dua leg partai final yang dimainkan oleh 17 tim peserta.

Dari keseluruhan laga, terdapat beberapa pemain yang mampu tampil konsisten dan layak masuk dalam starting XI terbaik di turnamen ini. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum:

Formasi: 4-3-3
Dengan gaya permainan tim sepanjang Piala Menpora 2021 yang banyak mengandalkan kecepatan para winger, tampaknya formasi 4-3-3 jadi yang paling cocok diterapkan pada starting XI kali ini.

Peran empat bek sejajar juga masih jadi andalan para tim peserta, di mana dua full back diharapkan bisa membantu serangan lewat skema overlapping.

Kiper
Dari posisi paling belakang alias penjaga gawang, terdapat kiper senior milik Persija Jakarta yakni Andritany Ardhiyasa. Walau di laga awal sempat kebobolan dua kali oleh PSM, namun rapor penampilan Andritany alami peningkatan terutama di fase knock out.

Baca Juga
Baca Juga

Puncaknya, pemain berusia 29 tahun itu jadi pahlawan Persija usai memenangi duel adu penalti kontra PSM di babak semifinal. Pada partai final, Andritany pun masih tampil gemilang dengan lakukan beberapa penyelamatan untuk membawa Macan Kemayoran raih gelar juara.


1. Pemain Bertahan

Laga Final Piala Menpora, Persib kalah atas Persija pertandingan antara Persib Bandung vs Persija Jakarta, Minggu (25/04/21).

Untuk kuarter empat pemain bertahan, akan diisi oleh Marco Motta, Erwin Gutawa, Otávio Dutra serta Arhan Putra. Kehadiran Marco Motta dan Otávio Dutra sejatinya tak terlalu mengejutkan, lantaran kualitas dua pemain Persija ini memang sangat konsisten sepanjang gelaran Piala Menpora 2021.

Performa yang cukup mengejutkan mungkin datang dari Erwin Gutawa, bek anyar PSM Makassar tersebut terbilang lugas dan tegas untuk menghalau serangan lawan.

Walau baru didatangkan dari klub Liga 2, Sriwijaya FC, namun permainan Erwin Gutawa tak terlihat canggung meski yang dihadapi adalah pemain-pemain dari kasta teratas Liga Indonesia.

Sementara Arhan Putra merupakan wonderkid yang cukup bersinar di Piala Menpora 2021. Selain lesakkan dua gol miliknya, Arhan Putra juga berhasil membawa PSIS yang berisikan bintang lokal menembus babak perempat final.

Gelandang
Pada posisi gelandang, terdapat trio Rohit Chand, Marc Klok dan Kim Kurniawan yang sepanjang gelaran Piala Menpora 2021 sukses bermain impresif.

Selain Marc Klok yang telah terbukti kegemilangannya dengan menyabet gelar pemain terbaik, performa Rohit Chand dan Kim Kurniawan juga terbilang memukau.

Dua pemain tersebut bisa dibilang sebagai motor serangan buat masing-masing tim yang mereka perkuat. Bahkan Rohit Chand sukses mengantarkan Persija jadi juara, sementara Kim Kurniawan yang tergantikan hingga gelaran berakhir mampu membawa PSS Sleman raih peringkat ketiga.

Striker
Untuk posisi striker, terdapat cukup banyak pilihan lantaran para bintang lokal secara mengejutkan mampu unjuk gigi. Bahkan, top skor Piala Menpora 2021 berhasil ditempati penyerang lokal asal Aceh, Assanur Rijal.

Namun dengan jumlah menit bermain yang lebih banyak ketimbang Assanur, tampaknya trio Frets Butuan, Ezra Walian dan Riko Simanjuntak merupakan pilihan yang terbaik.

Pemain paling menonjol tentu Riko Simanjuntak, meski memiliki postur yang tidak terlalu tinggi, namun winger asal Sumatera Utara ini kerap memenangi duel satu lawan satu dengan bek lawan.

Torehan satu gol dan empat assists jadi bukti betapa berbahayanya Riko Simanjuntak di kotak penalti. Selain itu, performa Frets Butuan dan Ezra Walian juga tak kalah impresif bersama Persib Bandung.

Jika di total, dua pemain tersebut telah berkontribusi untuk delapan gol Maung Bandung, yang sekaligus berperan vital dalam keberhasilan Persib melangkah ke partai final Piala Menpora 2021.

Starting XI Piala Menpora 2021
Andritany; Marco Motta, Erwin Gutawa, Otávio Dutra, Arhan Putra; Rohit Chand, Marc Klok, Kim Kurniawan; Frets Butuan, Ezra Walian, Riko Simanjuntak.

Persib BandungPersija JakartaLiga IndonesiaPiala MenporaBest TeamBola Indonesia

Berita Terkini