x

Gagal 4 Besar, Napoli Resmi Pecat Gennaro Gattuso

Senin, 24 Mei 2021 05:45 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Klub Liga Italia, Napoli, resmi memecat pelatih mereka, Gennaro Gattuso, pada Sabtu (24/05/21) dini hari WIB setelah tim gagal finis di empat besar.

FOOTBALL265.COM - Kabar terbaru datang dari sepak bola Italia. Klub Liga Italia, Napoli, resmi memecat pelatih mereka, Gennaro Gattuso, pada Sabtu (24/05/21) dini hari WIB. Kepastian itu didapat setelah Napoli secara resmi mengumumkannya melalui media sosial.

Napoli harus bermain imbang kala menjamu Verona pada pekan pamungkas Liga Italia musim ini. Hasil imbang tersebut membuat mereka gagal memastikan tiket ke Liga Champions musim depan.

Napoli harus bermain sama kuat melawan Verona pada lanjutan pekan ke-38 Liga Italia 2020-2021.

Napoli harus puas finis di posisi kelima setelah di waktu bersamaan, AC Milan dan Juventus berhasil mengalahkan lawan-lawan mereka. Kegagalan ini pun harus dibayar mahal. Tanpa ampun, manajemen Il Partenopei yang dipimpin oleh Presiden Aurelio De Laurentiis memutuskan berpisah jalan dengan Gennaro Gattuso. 

Didatangkan pada awal musim, Gattuso mendapat tugas besar untuk bisa membawa Napoli finis empat besar musim ini. Eks pelatih AC Milan itu sebetulnya bekerja cukup baik. 

Napoli stabil berada di papan atas sejak paruh musim. Bahkan, mereka mencatatkan jumlah gol dan kebobolan yang cukup baik. 

Sepanjang musim, Napoli berhasil mencetak 86 gol yang membuat mereka menjadi tim ketiga tersubur di Serie A. Napoli juga hanya kebobolan 41 gol yang juga menjadikan mereka tim ketiga dengan pertahanan terbaik (bersama AC Milan.)

Namun apa daya, statistik tersebut tak cukup untuk membawa mereka tembus empat besar. Napoli justru kalah dari AC Milan dan Juventus yang di atas kertas memiliki selisih gol jauh lebih sedikit. 


1. Unggul Statistik

Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, bersama para pemainnya

Dari 38 laga, Dries Martens dkk mencatatkan 24 kemenangan, 5 imbang, dan 8 kekalahan. Meski mencatatkan satu kemenangan lebih banyak dari Atalanta dan Juventus, namun Napoli tak tertolong dengan rentetan kekalahan yang diterimanya. 

Kekuatan terbesar Napoli musim ini adalah pada laga kandang di mana mereka mencatatkan 12 kemenangan, 4 imbang, dan hanya 3 kalah dengan jumlah selisih gol 50:20. 

Namun, di laga tandang mereka banyak terpeleset dengan menelan 6 kekalahn dengan selisih gol 36:21. 

Dengan pemecatan atas Gennaro Gattuso, kursi kepelatihan Napoli untuk sementara lengang. Sejumlah pelatih menganggur berpotensi direktur oleh tim juara 2 Liga Italia itu. Mereka di antaranya adalah Eusebio di Fransisco, Paulo Fonseca, sampai Maurizio Sarri. 

Serie A ItaliaNapoliGennaro GattusoLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini