x

Brasil Kembali Jadi Tuan Rumah Copa America 2021, Lionel Messi 'Dikutuk' Lagi?

Selasa, 1 Juni 2021 03:46 WIB
Editor: Isman Fadil
Lionel Messi tampak frustrasi dalam pertandingan Copa America 2019 antara Argentina vs Kolombia. (Foto: Bruna Prado/Getty Images)

FOOTBALL265.COM - Induk sepak bola Amerika Latin, Conmebol, resmi menetapkan Brasil sebagai tuan rumah Copa America 2021 menggantikan Argentina dan Kolombia.

Sebelumnya, Argentina dan Kolombia adalah tuan rumah bersama Copa America 2021. Namun, kedua negara tersebut harus rela kehilangan hak untuk menjadi tuan rumah.

Menurut ESPN, Kolombia dicoret karena gelombang aksi protes massa kepada Presiden Ivan Duque. Sementara Argentina dicoret karena meningkatnya kasus Covid-19 yang mencapai angka 3,73 juta positif, 77.000 di antaranya meninggal dunia.

Baca Juga
Baca Juga

Brasil pun menjadi tuan rumah Copa America untuk dua edisi berturut-turut karena dinilai masih memiliki fasilitas yang bagus. 

Dua tahun lalu, Thiago Silva dan kawan-kawan sukses mengangkat trofi di kandang sendiri setelah mengalahkan Peru dengan skor 3-1 di partai puncak.

Baca Juga
Baca Juga

Copa America 2021 merupakan untuk kali kelima Brasil ditunjuk menjadi tuan rumah. Hebatnya, Selecao berhasil keluar sebagai juara jika bertanding di rumah sendiri. 


1. Pembuktian Lionel Messi

Lionel Messi tertunduk lesu dalam pertandingan Copa America 2019 antara Argentina vs Kolombia. (Foto: Bruna Prado/Getty Images)

Terpilihnya Brasil menjadi tuan rumah Copa America 2021 bisa merugikan Lionel Messi bersama Argentina. Pasalnya tahun lalu, La Albiceleste harus puas menempati peringkat ketiga.

Kegagalan Argentina di Copa America 2019 Brasil pun membuat Lionel Messi berang. Dia sampai mengatakan bahwa Brasil sudah diatur dalam kemenangan di kejuaraan bergengsi antar negara di Amerika Selatan tersebut.

Gara-gara pernyataannya itu, Messi diskors oleh Conmebol di level internasional selama 3 bulan, dan juga membayar denda hampir 50.000 euro.

Messi memang mendapatkan banyak gelar saat memperkuat klubnya, Barcelona. Tapi saat berseragam Argentina, La Pulga kesulitan meraih prestasi bareng negaranya itu dengan satu-satunya pencapaian terbaik adalah medali emas Olimpiade 2008.

Prestasi terbaik bersama Argentina cuma menjadi runner-up dalam dua kali beruntun di Copa America 2015 dan 2016.
Meski begitu, Lionel Messi bisa membayar lunas kegagalan dua tahun lalu di Brasil.  Kebetulan Timnas Argentina masih jadi favorit juara. 

KolombiaArgentinaBrasilLionel MessiCopa AmericaBola Internasional

Berita Terkini