x

Profil Tim Euro 2020: Makedonia Utara

Kamis, 3 Juni 2021 14:42 WIB
Editor: Coro Mountana
Timnas Makedonia Utara di Euro 2020.

FOOTBALL265.COM – Makedonia Utara menjadi salah satu peserta dalam pagelaran Euro 2020 kali ini, berikut adalah profil dari tim yang disebut bisa jadi kuda hitam.

Makedonia Utara memang wajar bila disebut sebagai kuda hitam, pasalnya ini adalah debut mereka di Euro 2020. Sebelumnya, main di turnamen sebesar Euro hanyalah mimpi saja.

Tapi berkat kerja keras Goran Pandev dan kawan-kawan, Makedonia Utara secara mengejutkan mampu lolos ke Euro 2020. Perjuangan Makedonia Utara untuk lolos ke Euro 2020 sendiri tidaklah mudah.

Baca Juga
Baca Juga

Soalnya mereka sudah harus berjuang sejak UEFA Nations League 2018/19. Ketika itu, Makedonia Utara bertarung di Grup D4 bersama Armenia, Gibraltar, dan Liechtenstein.

Persaingan sesama tim papan bawah itupun berhasil dimenangi Makedonia Utara dengan menjadi juara grup. Keuntungan dari menjadi juara grup di UEFA Nations League adalah, negara tersebut berhak melaju ke babak play-off Euro 2020.

Meski begitu, Makedonia Utara tetap harus bertarung di kualifikasi Euro 2020 bersama Polandia, Austria, Slovenia, Israel dan Latvia. Mengejutkannya, Makedonia Utara berhasil finish di tempat ketiga mengungguli Slovenia.

Baca Juga
Baca Juga

Padahal Slovenia diperkuat salah satu kiper terbaik di dunia, Jan Oblak, tapi ternyata Makedonia Utara lebih hebat. Finish di urutan ketiga tak membuat Makedonia Utara lolos ke Euro 2020.

Akan tetapi karena ada tiket dari UEFA Nations League, maka Makedonia Utara berhak main di babak play-off. Pada babak penentuan itu, Makedonia Utara menunjukan kualitasnya dengan mengalahkan Kosovo dan Georgia.

Pada akhirnya Makedonia Utara berhak atas satu tempat di Euro 2020 sebagai salah satu tim kuda hitam. Mungkin banyak orang yang masih buta dengan kekuatan Makedonia Utara karena ini adalah tim debutan di Euro 2020.

Tapi tenang saja, berikut ini kami hadirkan ulasan mengenai profil dari Makedonia Utara sebagai salah satu tim kuda hitam di Euro 2020. Ternyata satu fakta yang harus diketahui dari Makedonia Utara, mereka memiliki kekuatan yang patut diperhitungkan di Euro 2020.


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Starting XI Timnas Makedonia Utara di Euro 2020.

Di bawah asuhan pelatih Igor Angelovski, Makedonia Utara akhir-akhir ini bermain dengan formasi 3-5-2. Formasi yang bisa dimodifikasi menjadi 5-3-2 ini adalah pakem yang dipakai Igor Angelovski saat mengalahkan Jerman.

Benar, Makedonia Utara sempat membuat kejutan di April lalu saat mengalahkan Jerman di kualifikasi Piala Dunia. Ketika itu bermain di kandang sendiri, Jerman tak berkuti melawan Makedonia Utara.

Dalam formasi 3-5-2, kunci kekuatan Makedonia Utara sebenarnya ada di lini tengah. Di mana ada tiga pemain berpengalaman yang mengisi lini tengah Makedonia Utara.

Mereka adalah Elif Elmas, Ezgjan Alioski dan Enis Bardhi. Elmas saat ini main di Napoli, Alioski adalah bintang Leeds United, sedangkan Bardhi adalah pemain andalan Levante.

Jadi skemanya adalah Elmas dan Bardhi akan memegang pernanan penting sebagai penghubung antar lini. Pengalamannya bermain di level tinggi Eropa membantu Elmas dan Bardhi agar bisa bermain lebih baik.

Tak hanya bisa menyerang dari tengah, di sisi sayap juga ada pemain Leeds United, Alioski. Tapi serangan itu tak akan berarti kalau tak ada striker tajam dan sudah berpengalaman seperti Goran Pandev.

Ia adalah pemain terpenting bagi Makedonia Utara karena hanya Pandev saja punya pengalaman lebih. Tapi tanpa Pandev sekalipun, formasi 3-5-2 Makedonia Utara ini kalau dijalankan secara disiplin dapat membuat lawan frustasi.

Daftar Skuad Makedonia Utara

Kiper: Stole Dimitievski, Damjan Shishkovski, Risto Jankov

Bek: Stefan Ritovski, Kire Ristevski, Ezgjan Alioski, Visar Musliu, Darko Velkovski, Egzjon Bejtulai, Gjoko Zajkov

Gelandang: Ferhan Hasani, Stefan Spirovski, Enis Bardhi, Boban Nikolov, Elif Elmas, Arijan Ademi, Marjan Radeski, Tihomir Kostadinov, Daniel Avramovski, Darko Churlinov

Striker: Goran Pandev, Aleksandar Trajkovski, Ivan Trichkovski, Krste Velkoski, Vlatko Stojanovski, Milan Ritovski


2. Player to Watch: Goran Pandev

Goran Pandev, pemain Timnas North Macedonia

Seperti yang sudah dijelaskan tadi kalau Goran Pandev adalah pemain terpenting dalam skema bermain Makedonia Utara. Ia tak hanya menjadi striker utama saja, tapi juga merupakan kapten tim yang bisa menjadi contoh para pemain untuk bertindak.

Pandev didapuk sebagai pemimpin Makedonia Utara karena pengalamannya paling tinggi dengan banyak main di Serie A Italia. Mulai dari Inter Milan, Lazio, Napoli hingga Genoa pernah merasakan servis langsung dari Goran Pandev.

Tak hanya di Italia, Pandev juga pernah main di Turki bersama Galatasaray. Pengalaman, ketajaman serta semangat juangnya dapat menjadi bahan bakar semangat anak-anak Makedonia Utara demi Pandev.

Asalkan lini belakang hingga tengah tampil solid dan Pandev tidak cedera, Makedonia Utara punya kekuatan mengerikan, Jerman sudah pernah mengerikan. Tapi dengan adanya Pandev, sekiranya perjalanan Makedonia Utara di Euro 2020 bakal sampai mana?


3. Prediksi di Euro 2020

Timnas Makedonia Utara di Euro 2020.

Berdasarkan materi pemain hingga persaingan di grup C, Makedonia Utara memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik. Jadi Makedonia Utara ini tergabung dengan Belanda, Ukraina dan Austria di grup C.

Melawan Belanda bisa dipastikan akan menjadi sangat sulit bagi Makedonia Utara karena kualitas pemain kalah jauh. Kalau Ukraina, ada peluang Makedonia Utara bisa mengimbanginya.

Tapi jangan lupa kalau Ukraina bisa saja malah mengalahkan Makedonia Utara. Satu-satunya lawan yang seharusnya masih dalam jangkauan untuk dikalahkan Makedonia Utara hanyalah Austria saja.

Meski Austria masih tetap diunggulkan, tapi peluang Makedonia Utara untuk meraih kemenangan cukup besar jika kedua tim bertemu. Jadi asalkan menang atas Austria dan imbang dengan Ukraina, Makedonia Utara punya peluang untuk lolos ke 16 besar.

Masalahnya adalah begitu lolos ke babak 16 besar, Makedonia Utara sudah langsung ditunggu oleh juara grup E atau F. Di grup E kemungkinan bakal ketemu Spanyol, sedangkan grup F ada Portugal, Prancis dan Jerman.

Kalau menjadi runner up grup C pun, besar kemungkinan Makedonia Utara akan bertemu dengan juara grup A yaitu Italia. Jadi mau bagaimanapun hasilnya, besar kemungkinan peluang terbaik Makedonia Utara hanya bisa sampai di babak 16 besar Euro 2020.

Meski tak menutup kemungkinan juga kalau Makedonia Utara bisa membuat kejutan dengan bertahan terus. Atau, justru kemungkinan sebaliknya di mana Makedonia Utara tersingkir dari babak grup Euro 2020 yang cukup besar juga.

BelandaJermanInter MilanUkrainaAustriaEuro 2020MakedoniaIn Depth SportsGoran PandevFeatureElif ElmasProfil Tim Euro 2020Euforia Eropa

Berita Terkini