x

Soal Nasib Pemain Muda, Robert Alberts Tunggu Regulasi di Liga 1 2021

Sabtu, 5 Juni 2021 18:43 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, belum bisa memastikan nasib pemain muda yang ada di dalam timnya untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2021/2022.

Pada turnamen Piala Menpora lalu, Kakang Rudianto, Ravil Shandyka serta Ardi Maulana tidak mendapat menit bermain. Kemudian, untuk nasib mereka di kompetisi Liga 1 musim 2021/2022 Robert Alberts masih menunggu regulasi terkait pemain muda.

"Saya belum tahu, karena belum tahu regulasi untuk liga nanti. Kami juga harus tahu regulasi untuk Liga 2 dan 3, jadi semua itu berkaitan. Karena yang penting adalah pemain muda harus bermain, bukan hanya duduk menjadi penghangat bangku cadangan," kata Robert Alberts.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut Robert Alberts, jika tidak ada kewajiban pemain muda masuk dalam skuat klub Liga 1, maka lebih baik mereka bermain dulu di kompetisi seusianya.

Pasalnya, jika dipaksakan bergabung dengan tim senior dan hanya menjadi penghuni bangku cadangan, maka hal itu akan menghambat perkembangan mereka.

"Pemain muda di Indonesia tidak mendapat banyak kesempatan untuk berkembang, karena tidak ada kompetisinya. Tim ada sistem yang bisa memberi kesempatan pemain muda untuk tampil di tim kedua. Harus ada pembicaraan untuk sistem kedepannya karena ini demi masa depan," ungkapnya.

Robert Alberts menuturkan, di beberapa negara terutama yang sepakbola sudah maju, rata-rata klub besar memiliki tim kedua yang bermain di kompetisi kasta bawah. Hal itu menurutnya, menjadi wadah bagi pemain muda untuk menambah pengalaman dan mengembangkan permainannya.

Baca Juga
Baca Juga

"Jika melihat Belanda, Italia atau negara berkembang lainnya, bisa dilihat ada tim kedua dari tim besar yang bermain di kompetisi kasta ketiga atau keempat di negara tersebut. Tapi disini tidak ada dan tidak ada tempat bagi pemain muda berkembang," ujarnya.


1. Potensi Pemain Muda Persib

Pemain muda Persib, Syafril Lestaluhu dan pelatih Robert Rene Alberts, saat latihan beberapa waktu lalu

Pemain muda yang ada di tim Persib menurut Robert Alberts, memiliki potensi yang bagus hanya saja di tim senior mereka harus bersaing dengan pemain yang sudah memiliki pengalaman di sepakbola. Sehingga, sangat disayangkan jika hanya berlatih dan menjadi penghuni bangku cadangan.

"Sangat disayangkan, jika pemain seperti Saiful atau Kakang bergabung dengan tim kami tapi hanya untuk berlatih. Karena latihan tidak akan membuat pemain berkembang, pertandingan yang membuat pemain itu berkembang sehingga bisa dilihat progresnya," jelasnya.

Sejauh ini, pemain muda yang sering mendapat kesempatan bermain di Persib baru Beckham Putra Nugraha dan Bayu Mohamad Fiqri. Pada turnamen pramusim Piala Menpora 2021, keduanya sering diturunkan oleh Robert Alberts.

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini