x

Bedah Formasi Inter Milan Jika Kedatangan Matteo Kovacic dan Philippe Coutinho

Sabtu, 19 Juni 2021 13:25 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Membedah formasi meyakinkan Inter Milan jika jadi mendatangkan dua gelandang papan atas Eropa, Philippe Coutinho dan Matteo Kovacic di bursa transfer.

FOOTBALL265.COM - Membedah formasi meyakinkan Inter Milan jika jadi mendatangkan dua gelandang papan atas Eropa, Philippe Coutinho dan Matteo Kovacic di bursa transfer. 

Inter Milan dilaporkan mulai mendekati Philippe Coutinho sebagai pengganti Christian Eriksen yang kini kariernya sedang di ujung tanduk.

Karier Christian Eriksen baik di Inter Milan maupun bersama Timnas Denmark tengah terancam usai insiden kolaps saat laga melawan Finlandia di match day pertama Euro 2020 pada akhir pekan lalu.

Berdasarkan update terbaru dari Federasi Sepak Bola Denmark (DBU), gelandang Inter Milan yang sudah keluar dari rumah sakit sebelumnya harus dipasangi alat bantu jantung defibrillator Kardioverter implant atau implantable cardioverter defibrillator (ICD).

Baca Juga
Baca Juga

Pemerintah Italia mengacu pada aturan Komite Organisasi Kardiologi melarang pemain bermain dengan alat bantu jantung, termasuk di ajang Serie A Italia itu sendiri.

Hal ini pun membuat Inter Milan harus segera memutar otak, untuk mencari pengganti Christian Eriksen jika ia tak diizinkan untuk bermain lagi. Sejumlah nama pun telah masuk dalam radar transfer Nerrazzuri, salah satunya ialah Philippe Coutinho.

Rupanya, nama Philippe Coutinho bukan satu-satunya. Inter juga berpeluang mendapatkan kembali mantan pemainnya, Matteo Kovacic.

Matteo Kovacic masuk ke dalam alat pertukaran transfer Achraf Hakimi dari Inter ke Chelsea. Pemain beradarah Kroasia itu pun bisa memperkuat panji Nerazzurri lagi musim depan. 

Situasi ini jelas menarik bagi Inter Milan. Kedatangan dua gelandang serang selevel Philippe Coutinho dan Matteo Kovacic akan mengubah peta kekuatan Inter Milan di bawah pelatih baru, Simone Inzaghi. 

Baca Juga
Baca Juga

Lalu, bagaimana kira-kira kedua pemain akan menyatu ke dalam permainan Nerazzurri? Berikut ulasannya. 


1. Bedah Formasi Inter dengan Kedatangan Kovacic dan Coutinho

Selebrasi Mateo Kovacic di ajang Liga Champions

Kepindahan ke Barcelona rupanya tak betul-betul membuat Philippe Coutinho bahagia. Meski ia akhirnya dibutuhkan kembali di tim Blaugrana, namun sinar Coutinho masih redup. 

Musim lalu, bintang asal Brasil itu cuma mencatatkan 14 penampilan untuk Barcelona di semua kompetisi dengan kontribusi 3 gol dan 2 assist saja. Cedera menjadi penyebab utamanya. 

Musim ini, pelatih Ronald Koeman sepertinya tak ingin bertaruh kepada Coutinho. Apalagi setelah klub mendatangkan winger Belanda, Memphis Depay. 

Meski begitu, Philippe Coutinho bukanlah pemain sembarangan. Keberadaannya di Inter jelas bakal meningkatkan kemampuan Nerazzurri. 

Sebagai gelandang serang, Coutinho piawai dimainkan sebagai gelandang serang tengah atau pun penyerang sayap kiri. Ini bisa menjadi solusi bagus untuk formasi Inzaghi di Inter. 

Pemain Barcelona, Philippe Coutinho

Di bawah Inzaghi, Inter kemungkinan besar kembali menggunakan formasi 3-5-2. Formasi ini memberikan cukup banyak ruang bagi Coutinho. 

Sayang, Coutinho tidak begitu familier dengan formasi taktis seperti ini. Yang jelas, ia bisa dimainkan Inzaghi sebagai gelandang serang tengah, atau gelandang kiri. 

Mungkin produktivitasnya di Inter akan berkurang seiring posisinya yang lebih ke belakang. Namun bukan berarti ia tak penting, justru perannya akan makin vital sebagai andalan utama di flank kiri Inter. 

Selain itu, tak menutup kemungkinan pelatih Simone Inzaghi akan menempatkan Philippe Coutinho sebagai striker ketika terdesak atau kebutuhan taktik. 

Sedangkan posisi lebih nyaman akan diemban oleh Matteo Kovacic. Pemain 27 tahun ini begitu kuat sebagai seorang gelandang tengah, entah itu sebagai defence midfielder, centre midfielder, ataupun attacking midfielder

Di atas kertas, kemampuan ini akan sangat berguna bagi formasi 3-5-2- milik Inzaghi, Sayang, Kovacic harus bersaing dengan nama-nama kuat di posisi ini, yakni Arturo Vidal dan Nicolo Barella.

Posisi Barella sangat sulit digoyang. Kesempatan terbesar bagi Kovacic untuk bersinar adalah menggantikan peran Arturo Vidal. Jika melihat kualitas Kovacic, pemain Timnas Kroasia itu harusnya bisa bersaing. 

Kovacic memiliki kelebihan utama dalam mendribel bola dan melakukan tackling. Ia juga cukup piawai dalam memberikan umpan-umpan terobosan. Modal yang cukup di Inter Milan. 

Sementara Philippe Coutinho hampir memiliki seluruh kemampuan yang dibutuhkan sebagai seorang gelandang serang mulai dari kemampuan passing, finishing, long shots, sampai dribbling. 

Bursa TransferMateo KovacicInter MilanPhilippe CoutinhoSimone InzaghiBerita Bursa Transfer

Berita Terkini