x

Hasil Pertandingan Grup A Euro 2020 Italia vs Wales: Gli Azzurri Sempurna!

Senin, 21 Juni 2021 00:51 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Andrea Belotti berduel dengan Joe Allen di laga Italia vs Wales.

FOOTBALL265.COM – Berikut hasil pertandingan grup A Euro 2020 antara Italia vs Wales di Stadion Olimpico, Minggu (20/06/21) WIB.

Babak Pertama

Usai was meniup peluit dimulainya pertandingan, Italia langsung mengambil inisiatif menyerang dan menguasai Wales di menit-menit awal.

Hal ini terlihat dari pergerakan Federico Bernardeschi yang harus terperangkan offside. Belum lagi dengan apiknya permainan Jorginho yang mampu mengontrol permainan Italia hingga laga memasuki menit ke-10.

Peluang pertama di laga ini didapatkan Italia lewat pergerakan Andrea Belotti yang hampir aja mencetak gol dengan memanfaatkan umpan lambung Alessandro Bastoni dari tengah lapangan di menit ke-12.

Baca Juga
Baca Juga

Memasuki menit ke-20, dominasi Italia masih terlihat. Beberapa kali Belotti dan kolega mampu memeri ancaman meski belum banyak peluang tercipta.

Sedangkan Wales baru mendapat peluangnya di menit ke-28 lewat tandukan Chris Gunter yang menyambut sepak pojok. Naas, tandukannya hanya melebar tipis di tiang kiri gawang Italia.

Semenit berselang, Federico Chiesa yang berdiri bebas di sisi kiri gawang Wales hampir mencetak gol. Sayangnya tembakannya mampu diblok pemain bertahan tepat di muka gawang.

Memasuki menit ke-35, tempo permainan mulai berjalan seimbang. Wales yang terlihat bertahan pun mulai berani keluar dengan serangan balik cepat dan mengimbangi permainan Italia.

Baca Juga
Baca Juga

Di menit ke-39, gol yang dinanti-nanti pun tiba. Italia berhasil mencetak gol pertama di laga ini lewat Matteo Pessina.

Pessina mampu mencetak golnya melalui situasi Set-Pieces dengan memanfaatkan operan Marco Verratti. Dengan satu sentuhannya, ia mampu mengecoh kiper Wales. Skor berubah menjadi 1-0.

Italia hampir menggandakan keunggulan lewat kombinasi Verratti-Pessina kembali di menit ke-43. Namun, operan bintang PSG ini gagal disambut oleh Pessina di sisi kiri pertahanan Wales.

Hingga babak pertama usai, Italia untuk sementara unggul 1-0 asal Wales.


1. Babak Kedua

Proses gol Italia ke gawang Wales yang dicetak oleh Matteo Pessina.

Di awal babak kedua, tekanan Italia tak mengendur begitu saja. Terlihat usaha Wales mengejar ketertinggalan di lima menit pertama membuat Gli Azzurri malah leluasa menyerang.

Peluang pertama di babak kedua terjadi pada menit ke-52 lewat tendangan bebas Federico Bernardeschi. Sayang sepakan kerasnya hanya membentur tiang gawang kanan Wales.

Dua menit berselang, Wales mendapat peluang emas lewat Aaron Ramsey. Namun, ia terlihat banyak mendribel bola di kotak penalti sehingga bola mampu dihalau barisan pertahanan Italia.

Pada menit ke-55, Wales harus menerima bermain dengan 10 orang setelah Ethan Ampadu diberi kartu merah karena melanggar Bernardeschi. Tentu hal ini menjadi petaka bagi Wales yang tengah mengejar ketertinggalan.

Meski bermain dengan 10 pemain, Wales tetap memberi ancaman kepada Italia lima menit kemudian melalui situasi bola mati dekat dengan kotak 16 Gli Azzurri.

Sayang, tendangan bebas Daniel James tak mampu menyasar rekannya sehingga bola dapat disapu dengan mudah oleh barisan pertahanan Italia.

Italia pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan unggul jumlah pemain. Di menit ke-65, Belotti hampir mencetak gol andai Danny Ward tak melakukan penyelamatan gemilang di muka gawang.

Memasuki menit ke-70, Wales seperti nampak lebih terbuka dan berani mulai menekan. Terlihat The Dragons seperti tak bermain dengan 10 orang di kala menyerang.

Gareth Bale bahkan mendapat peluang emas di menit ke-75 saat berdiri bebas di kotak penalti Italia. Sayang, sepakan volinya melenceng jauh kendati tak ada tekanan yang diberikan lawan kepadanya.

Memasuki 10 menit terakhir waktu normal, Italia nampak puas dengan kedudukan sementara sehingga memilih menurunkan tempo sembari mencoba membuka pertahanan Wales.

Belotti pun tetap berusaha mencetak gol perdananya di Euro 2020. Kengototan itu terlihat di menit ke-85 saat ia melepaskan tembakan jarak jauh yang dengan mudah diselamatkan Ward.

Hingga babak kedua usai, tak ada gol tambahan tercipta. Dengan hasil ini, Italia berhasil menyapu bersih laga grup A Euro 2020 dan mencetak poin sempurna sekaligus menjadi juara grup A.

Susunan Pemain:

Italia (4-3-3):

Donnarumma; Toloi, Bonucci, Bastoni, Emerson; Jorginho, Pessina, Verratti; Chiesa, Belotti, Bernardeschi

Wales (3-4-3):

Ward; Gunter, Rodon, Ampadu; Roberts, Allen, Morrell, Williams; Gareth Bale, Aaron Ramsey, Daniel James

ItaliaWalesBola InternasionalHasil PertandinganSepak BolaMatteo PessinaEuforia Eropa

Berita Terkini