x

Denzel Dumfries, Incaran Inter Milan yang Pernah Perkuat Timnas Antah Berantah

Selasa, 6 Juli 2021 16:22 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Denzel Dumfries, Incaran Inter Milan yang Pernah Perkuat Timnas Antah Berantah

FOOTBALL265.COM – Mengenal potensi serta statistik Denzel Dumfries, salah satu Incaran Inter Milan yang pernah memperkuat timnas antah berantah benua Amerika.

Nama Denzel Dumfries sendiri belum lama ini sukses menjadi sorotan, terutama usai penampilan gemilangnya di babak penyisihan grup Euro 2020.

Tercatat, pemain PSV Eindhoven itu mencetak gol tunggal di menit ke-85 saat Der Orange melawan Ukraina yang berakhir dengan skor 1-0 di laga perdana penyisihan grup.

Baca Juga
Baca Juga

Kemudian, ia juga menggenapkan gol yang sebelumnya dicetak oleh Memphis Depay saat melawan Austria dengan skor 2-0.

Puncak dari penampilan impresifnya tersebut, membuat Denzel Dumfries menerima dua gelar Man of The Match di ajang Euro 2020 sekaligus membuat Belanda keluar sebagai pemuncak klasemen Grup C.

Performa apiknya membuat Dumfries jadi incaran beberapa klub top Eropa, salah satunya adalah Inter Milan yang siap mendapatkan tanda tangan bintang berusia 25 tahun tersebut.

Meski belum ada keterangan resmi, namun isu ketertarikan Inter Milan terhadap Denzel Dumfries mampu hadirkan kejutan sepanjang bursa transfer musim ini.

Untuk kian memanaskan rumor bursa transfer tersebut, berikut INDOSPORT coba mengulas serta merangkum potensi dan statistik Denzel Dumfries dalam beberapa musim terakhir:

Awal Karir
Denzel Dumfries memulai karir profesionalnya saat hijrah ke Sparta Rotterdam pada tahun 2014, dirinya berhasil melakukan debut di tim senior pada 20 Februari 2015 saat melawan FC Emmen.

Bersama Sparta, Dumfries sukses membawa timnya promosi ke Eredivisie pada 2016. Dirinya pun memenangkan Eerste Divisie Talent of the Year Award pada tahun yang sama.

Gemilang bersama Sparta Rotterdam, bakat Denzel Dumfries mulai tercium dan akhirnya hengkang ke klub yang lebih besar yakni Heerenveen.

Baca Juga
Baca Juga

Hanya bertahan semusim, pada Juni 2018 Dumfries resmi menandatangani kontrak lima tahun untuk raksasa Liga Belanda, PSV Eindhoven.

Total hingga saat ini, Dumfries telah mencatatkan 124 laga dengan torehan 16 gol di semua kompetisi buat De Boeren.

Meski jadi andalan Timnas Belanda, namun pada tahun 2014 silam Denzel Dumfries pernah memperkuat Timnas Aruba, sebuah negara berperingkat 205 FIFA dari kawasan CONCACAF.


1. Potensi dan Gaya Main

Denzel Dumfries saat mencetak gol bagi Belanda atas Austria di Euro 2020.

Berposisi sebagai wing back, Dumfries dikenal sebagai bek yang tangguh serta agresif dalam membantu serangan terutama lewat gerakan overlap di sisi sebelah kanan.

Meski kerap bantu serangan, namun Dumfries jarang melangkah terlalu jauh ke kotak penalti lawan, biasanya hanya sampai di batas area 16 dan akhirnya lepaskan umpan silang.

Tercatat, Denzel Dumfries mampu melepaskan rata-rata umpan kunci 1,2 kali dalam 90 menit, dengan tingkat keberhasilan mencapai 41,1%.

Torehan tersebut membuat Denzel Dumfries berada di urutan ke-15 sebagai pemain yang paling sering lepaskan umpan kunci di Liga Belanda.

Dumfries juga sangat aktif sebagai pemotong aliran permainan. Dirinya sering menggunakan kekuatan, agresi, dan postur tubuhnya yang kokoh untuk melumpuhkan penyerang lawan.

Melansir dari laman totalfootballanalysis, disebutkan bahwa Dumfries mampu melakukan rata-rata 6,95 duel defensif per 90 menit dengan tingkat keberhasilan 59%.

Jika melihat dari statistik yang ada, Denzel Dumfries memang cocok buat Inter Milan terutama sebagai pengganti Achraf Hakimi yang dipastikan hengkang musim depan.

Namun ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki atau dibenahi Inter Milan andai sukses mendatangkannya, yakni kesigapan bantu pertahanan saat serangan balik serta holding ball yang masih lemah.

Denzel Dumfries diketahui kerap terlalu banyak menggiring bola daripada mengoper, dan dalam beberapa kesempatan ia sering kehilangan penguasaan bola yang diakibatkan lawan bisa lakukan counter.

Bursa TransferInter MilanEuro 2020EuroprofilEuforia EropaDenzel Dumfries

Berita Terkini