x

Ada Eks Real Madrid dan Chelsea, 6 Kiper PSG yang Nasibnya 'Abu-abu' Pasca Kedatangan Donnarumma

Jumat, 16 Juli 2021 09:01 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Gianluigi Donnarumma resmi diperkenalkan sebagai pemain Paris Saint-Germain, Kamis (15/07/21) dini hari WIB.

FOOTBALL265.COM - Gianluigi Donnarumma resmi menjadi pemain anyar Paris Saint-Germain (PSG) pasca lepas dari AC Milan dengan status Free Transfer.

Gianluigi Donnarumma bergabung PSG dengan status bebas transfer setelah kontraknya habis bersama AC Milan dan seusai mengantarkan Italia menjadi kampiun Euro 2020.

Pemain berusia 22 tahun ini dilaporkan menandatangani kontrak hingga 2026 atau berdurasi lima tahun. Donnarumma pun juga dilaporkan akan mendapat bayaran sekitar 12 juta juta euro per musimnya bersama PSG.

Baca Juga
Baca Juga

Bayaran ini naik dua kali lipat lebih dari apa yang Donnarumma terima di AC Milan, faktor utama yang membuatnya meninggalkan klub yang membesarkan namanya tersebut.

Gianluigi Donnarumma pun menjadi pemain anyar keempat PSG dan pemain gratisan ketiga yang datang. Sebelumnya, Les Parisiens telah mendatangkan Giorgio Wijnaldum, Achraf Hakimi, dan Sergio Ramos.

Kehadiran Donnarumma pun seakan menjadi berkah bagi PSG mengingat Donnarumma datang secara gratis dan memiliki status pemain terbaik Euro 2020.

Meski begitu, kedatangannya mendapat pandangan miring pula karena situasi yang dimiliki PSG saat ini. Datangnya Donnarumma ternyata membuat stok kiper di Les Parisiens saat ini berjumlah tujuh penjaga gawang.

Baca Juga
Baca Juga

Jumlah ini bisa dikatakan tak ideal mengingat hanya tiga kiper saja yang akan digunakan suatu klub dalam satu musim kompetisi.

Jika menilik usia serta pengalaman enam kiper PSG lainnya, diyakini beberapa di antaranya takkan pernah mau menjadi pilihan kedua dan ketiga.

Lalu, siapa saja enam kiper selain Gianluigi Donnarumma di Paris Saint-Germain saat ini dan bagaimana kiprahnya? Berikut rangkuman INDOSPORT.


1. Deretan Kiper PSG selain Donnarumma

Keylor Navas resmi ke Paris Saint-Germain.

1. Keylor Navas

Keylo Navas merupakan penjaga gawang utama PSG dalam dua musim terakhir. Ia menjadi aktor penting saat Les Parisiens menembus final Liga Champions pertamanya sepanjang sejarah klub.

Navas datang ke PSG karena tersisih dan tak mau terus-terusan menjadi kiper kedua Real Madrid di belakang Thibaut Courtois.

Kedatangan Donnarumma pun diyakini akan membuatnya hengkang. Apalagi, sebelumnya ia mengkritik kebijakan klub mendatangkan kiper anyar.

2. Sergio Rico

Di belakang Keylor Navas musim lalu ada nama Sergio Rico. Kiper berusia 27 tahun ini merupakan penjaga gawang kedua atau pelapis PSG di musim 2020/21.

Sergio Rico sendiri telah membela PSG sejak 2019 dengan status pinjaman dari Sevilla. Karena penampilan apiknya, ia pun dipermanenkan pada 2020 lalu.

Dengan usia matang dan pengalamannya di level tertinggi, Sergio Rico diyakini enggan turun status untuk menjadi kiper ketiga di belakang Donnarumma dan Navas.

3. Marcin Bulka

Posisi kiper ketiga PSG sebelumnya dipegang oleh Marcin Bulka pada 2019 lalu, kiper yang didatangkan secara gratis dari Chelsea.

Bulka menjadi kiper ketiga di musim 2019-2020 di belakang Keylor Navas dan Sergio Rico. Sebagai kiper ketiga, ia pun tak punya banyak kesempatan unjuk gigi.

Pada 2020, PSG memilih meminjamkannya ke Chateauroux. Seiring kedatangan Donnarumma, diyakini Bulka akan kembali dipinjamkan ke klub lainnya.

4. Alphonse Areola

Alphonse Areola sejatinya merupakan kiper didikan akademi dan sempat menjadi kiper utama di bawah mistar gawang PSG.

Kiper keturunan Filipina ini menjadi kiper utama sejak musim 2016-2017 usai menjalani masa peminjaman ke berbagai klub.

Meski berstatus kiper utama dan jebolan akademi, Areola sempat menjadi bagian kesepakatan kepindahan Keylor Navas ke PSG di mana ia dipinjamkan ke Real Madrid. Setelah pulang, ia lantas dipinjamkan ke Fulham di musim 2020/21.

Dengan datangnya Donnarumma, kiper berusia 28 tahun ini pun diyakini akan dipinjamkan kembali mengingat ia mendapat tawaran dari West Ham United

5. Garissone Innocent

Sama seperti Areola, Garissone Innocent merupakan kiper jebolan akademi PSG. Ia promosi ke tim utama tepat pada 2020 lalu.

Setelah promosi, ia langsung dipinjamkan ke klub Prancis lainnya, SM Caen selama satu musim. Sayang, peminjaman ini berjalan buruk karena ia hanya tampil sebanyak tiga kali

Kedatangan Donnarumma pun membuat Innocent diyakini tak punya masa depan di PSG. Dengan kata lain, ia bisa saja dipinjamkan atau dilepaskan secara permanen mengingat kontranya tersisa satu tahun saja.

6. Alexandre Letellier

Selain Keylor Navas, PSG memiliki kiper gaek lainnya yang telah berusia kepala tiga yakni Alexandre Letellier, berusia 30 tahun.

Pemain jebolan akademi PSG ini sejatinya hengkang saat masih muda pada 2010 lalu ke SCO Angers dengan status bebas transfer.

Setelah delapan tahun membela Angers, ia berpetualang ke berbagai klub dan akhirnya kembali ke PSG pada 2020 lalu.

Selama musim 2020-2021 di PSG, Letellier pernah tampil sekalipun. Dengan usianya yang telah 30 tahun dan kontraknya yang tersisa satu tahun lagi, ia pun diyakini akan kembali meninggalkan tim tempat ia menimba ilmu tersebut.

AC MilanParis Saint-GermainKeylor NavasKiperGianluigi DonnarummaBola InternasionalSergio RicoAlphonse AreolaSepak Bola

Berita Terkini