x

Deretan Transfer Kontroversial yang Buat Pemain Dibenci Suporter

Rabu, 18 Agustus 2021 21:46 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Eks pemain Barcelona dan Real Madrid, Luis Figo.

FOOTBALL265.COM - Di dunia sepak bola, kepindahan pemain tentu sebuah hal yang wajar, meski ada yang membawa suka maupun duka.

Tidak jarang pula, transfer pemain ke klub lain justru membuat para suporter yang ditinggalkan auto meradang. Apalagi, jika yang bersangkutan menyeberang ke kubu musuh bebuyutan.

Sepanjang sejarah, skenario dan peristiwa semacam ini sudah sering terjadi. Salah satu yang paling legendaris misalnya, adalah Luis Figo yang nekat menerima pinangan Real Madrid pada musim panas 2000.

Baca Juga
Baca Juga

Padahal, ia pernah tercatat sebagai pemain Barcelona yang notabene rival bebuyutan Real Madrid. Tidak ayal, keputusan kontroversialnya ini pun menjadikannya salah satu pengkhianat terbesar di dunia sepak bola.

Ketka ia kembali ke Camp Nou, para suporter setia Barcelona, bahkan tidak segan-segan memakinya, melempar koin, botol, dan benda-benda lain saat sang pemain mengambil tendangan sudut dalam balutan seragam Real Madrid.

Bahkan yang paling mengerikan, mereka pernah melempar kepala babi. Raul Gonzalez yang saat itu merupakan kapten tim pun langsung memanggil rekan-rekannya untuk meninggalkan lapangan.

Baca Juga
Baca Juga

Para pemain Real Madrid kembali ke bench di tengah kerusuhan tersebut, di mana penonton masih terus melempar benda ke dalam lapangan. Aparat keamanan pun terlihat melindungi Luis Figo cs dari amukan massa.

Apa yang terjadi terhadap Luis Figo ini memang cukup menyeramkan namun sangat bersejarah untuk dikenang. Terlepas dari itu masih ada rentetan kepindahan pemain ke kubu rival yang membuat para suporter geram setengah mati.

Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT telah merangkumnya. 


1. Selain Luis Figo, Siapa Lagi?

Pemandangan saat Luis Figo dilempar kepala babi.

Cesc Fabregas

Berstatus jebolan akademi Barcelona, Fabregas datanfg ke Arsenal sebagai salah satu pemain muda potensial di Liga Inggris. Ia pun membuktikannya, pelan tapi pasti, menjelma jadi pentolan dan kapten tim.

Sempat kembali ke Barcelona, Fabregas justru membuat penggemar Arsenal geram karena pindah ke rival bebuyutan mereka di London, Chelsea.

Gonzalo Higuain

Diboyong ke Napoli dari Real Madrid sebagai pengganti Edinson Cavani yang pergi ke Paris Saint-Germain (PSG). Ia pun jadi idola para penggemar dalam sekejap.

Hanya saja, kepindahannya ke Juventus membuat suporter setia Napoli kesal bukan main. Mereka merusak gambar-gambarnya, bahkan membuang kaos bertuliskan namanya ke saluran pembuangan comberan.

Michael Owen

Terkenal berkat sepak terjangnya sebagai salah satu pemain muda Liverpool. Pindah ke Real Madrid secara terpaksa, sosok yang satu ini mendapat simpati dan masih disayang oleh para suporter The Reds.

Sampai akhirnya huru-hara muncul ketika ia memutuskan menyeberang ke Manchester United, rival abadi Liverpool. Ini adalah aksi yang sangat sulit dimaafkan dan telah melukai harti banyak orang yang dulu mencintainya.

Carlos Tevez

Satu lagi pemain yang kepindahannya menuai kontroversi karena memilih berseragam klub rival. Saat di Manchester United, Carlos Tevez tampil begitu tajam bersama Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney.

Akan tetapi, ia malah megabdikan diri di Manchester City. Selain Owen, mungkin Tevez adalah pemain yang paling ‘berdosa’ karena pindah ke musuh bebuyutan yang notabene sepasang rival derbi terpanas di Inggris.

Robin van Persie

Selain Fabregas, suporter Arsenal juga tersakiti oleh Robin van Persie yang sempat pindah ke Manchester United, di mana ia pada akhirnya berhasil meraih gelar Liga Inggris pada musim 2012-2013.

Seolah menabur garam pada luka suporter mantan klubnya, Van Persie mencatatkan gol untuk Manchester United di laga home dan away kontra Arsenal musim itu.

Roberto Baggio

Beralih ke sosok yang pernah digadang-gadang sebagai bintang besar Fiorentina, Roberto Baggio. Meski diidolakan banyak orang, ia justru membuat para penggemarnya kecewa saat membelot ke Juventus.

Menyusul transfer ini, terjadi huru-hara di jalanan Florence. Presiden Fiorentina saat itu, Flavio Pontello, bahkan sampai tidak berani keluar dan memilih bersembunyi di dalam stadion.

Cesc FabregasCarlos TevezRobin van PersieRoberto BaggioGonzalo HiguainMichael OwenLuis FigoBola Internasional

Berita Terkini