x

Demi Liga 1 Gunakan VAR, PT LIB Rela Rogoh Kocek Puluhan Miliar Rupiah

Sabtu, 30 Oktober 2021 14:40 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) untuk diterapkan pada Liga 1 musim depan.

FOOTBALL265.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) untuk diterapkan pada Liga 1 musim depan. Bahkan PT LIB dikabarkan sudah siap memesan satu set perlengkapan untuk VAR.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengungkapkan bahwa pihaknya menyediakan kocek hingga 6 juta dolar AS atau setara dengan Rp84 miliar untuk menghadirkan Video Assistant Referee (VAR) ke Liga 1 musim depan.

Dana sebesar itu memang untuk pembelian satu set VAR di mana terdiri dari alat perlengkapan serta pelatihan pemakaiannya nanti.

Baca Juga
Baca Juga

"Hitungan kasarnya, satu VAR itu mencapai 6 juta dolar AS. Itu nanti penggunaannya bisa pindah-pindah dari satu stadion ke stadion lain," ucap Akhmad Hadian Lukita.

Meski terbilang mahal, Lukita menegaskan bahwa LIB Siapkan membeli satu set perlengkapan VAR yang nantinya baru akan digunakan bila kompetisi menggunakan format semula yakni home and away.

Baca Juga
Baca Juga

"Untuk tahap awal, kami akan membeli satu set VAR. Kalau nanti kompetisi kembali ke format semula, kandang dan tandang, kami harus membuat klaster VAR agar tidak jauh perpindahannya," ucap Lukita.


1. Klaster VAR

Spaso meminta keadilan kepada wasit di laga Liga 1 antara Bali United vs Tira Persikabo.

Klaster VAR yang dimaksud Lukita adalah PT LIB membeli sejumlah VAR yang dapat dipakai secara bergantian untuk sembilan pertandingan dalam setiap pekan Liga 1.

"Saya maunya penggunaan VAR untuk semua partai Liga 1. Namun nantinya, kami akan tempatkan VAR di laga-laga yang sekiranya membutuhkan VAR," papar Lukita.

"Polanya nanti memakai mobile sistem. Nanti VAR-nya pakai truk kontainer. Jadi bisa kami pindah-pindahkan dari satu laga ke laga lain. Jadi untuk sembilan partai, kami bisa gunakan tiga set VAR misalnya," pungkas Akhmad Hadian Lukita.

Keputusn PT LIB untuk menerapkan VAR di sepak bola Indonesia tak terlepas dari serangkaian keputusan kontroversial wasit selama pergelaran Liga 1 2021/2022. 

Liga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Berita Liga 1Akhmad Hadian LukitaBRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini