x

Daftar Juara Piala AFF dari Masa ke Masa: Timnas Indonesia Gigit Jari Terus

Sabtu, 4 Desember 2021 18:49 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2007.

FOOTBALL265.COM - Berikut ini adalah daftar juara Piala AFF dari masa ke masa. Timnas Indonesia kerap menjadi sorotan, karena sering ke semifinal, tapi tidak pernah juara.

Ya, Piala AFF pertama kali digelar tahun 1996, kala itu disebut sebagai Piala Tiger. Meski Singapura menjadi tuan rumah, tapi trofi juara jatuh ke tangan Timnas Thailand.

Indonesia sendiri gagal dalam perebutan juara ketiga Piala AFF 1996, setelah dibekuk oleh Timnas Vietnam dengan skor tipis 3-2.

Beranjak ke edisi Piala AFF 1998, Singapura akhirnya menuntaskan pembalasan, dengan kemenangan atas tuan rumah di partai final.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, Timnas Indonesia justru terlibat skandal yang disebut sebagai sepak bola Gajah. Aji Santoso dkk seolah tak mau menang atas Thailand di fase grup A.

Meski akhirnya kalah dan lolos ke semifinal, tapi Timnas Indonesia dibekuk Singapura, membuat skuat Garuda kembali bertemu Thailand di perebutan juara ketiga AFF.

Pada laga perebutan juara ketiga, Timnas Indonesia ditahan imbang oleh Thailand di angka 3-3. Anak asuh Rusdy Bawalhan pun memenangkan adu penalti, agregat 5-4.

Memasuki Piala AFF 2000, Indonesia sedikit lebih baik karena mampu lolos ke final. Tapi, Gendut Christiawan akhirnya takluk dari tim tuan rumah, Thailand, dengan skor telak 4-1.

Baca Juga
Baca Juga

Indonesia pun mengambil tempat sebagai tuan rumah Piala AFF 2002 bersama negara tetangga, Singapura. Lagi-lagi, Bambang Pamungkas dkk mentok di posisi runner up karena dominasi Thailand di Asia Tenggara.

Piala AFF 2004 digelar di Malaysia dan Vietnam. Skuat Indonesia lagi-lagi gigit jari karena mentok di posisi runner up, setelah kalah dengan agregat 5-2 atas Singapura.


1. Timnas Indonesia Mentok Runner Up

Timnas Indonesia Piala AFF 2016

Pada Piala AFF 2007, Timnas Indonesia tak mampu berbicara banyak. Untuk pertama kali, skuat Garuda tidak lolos ke semifinal.

Bahkan, saat Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFF 2008, Budi Sudarsono dkk belum mampu lolos ke babak final, hanya mentok di semifinal saat main di Gelora Bung Karno.

Tak jauh berbeda, Indonesia kembali jadi tuan rumah Pisla AFF 2010. Meski mampu melenggang ke final, namun skuat Merah Putih takluk dari Malaysia, agregat 4-2.

Piala AFF 2012 dan 2014 menjadi yang terburuk, karena Timnas Indonesia sama sekali tak lolos ke semifinal. Hal itu coba diperbaiki di edisi Piala AFF 2016 silam.

Di bawah komando Alfred Riedl, Timnas Indonesia sangat perkasa, bahkan satu langkah lagi untuk mencapai titel juara.

Saat menjamu Thailand di final leg pertama di Stadion Pakansari, Indonesia menang 2-1 lewat gol Rizky Pora dan Hansamu Yama, tapi Thailand bisa mencuri gol tandang.

Sayangnya pada final leg kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Timnas Indonesia takluk lewat dua gol Siroch Chattong, dan lagi-lagi harus puas di posisi runner up.

Baca Juga
Baca Juga

Naas, Piala AFF 2018 berjalan tidak sesuai harapan. Timnas Indonesia yang dikomando oleh Bima Sakti harus tersisih di fase grup, sehingga gagal memboyong trofi juara.

Kini, setelah pandemi Covid-19 mulai landai, Piala AFF 2020 akhirnya bisa digelar lagi, meski tertunda hingga akhir tahun 2021 dan terpusat di Singapura. 

Tim Nasional Indonesia besutan Shin Tae-yong mengusunh harapan besar untuk meraih trofi pertama di Piala AFF, setelah pertama kali ikut serta di tahun 1996 silam.

Alfred RiedlPiala AFF 2016Sepakbola GajahTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2010Piala AFF 1998Piala AFF 2002Piala AFF 2018Shin Tae-yongPiala AFF 2020

Berita Terkini