x

Piala AFF 2020: Perkiraan Line Up Timnas Indonesia Lawan Vietnam Tanpa Elkan Baggott

Rabu, 15 Desember 2021 14:05 WIB
Editor: Juni Adi
Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di laga ketiga Grup B Piala AFF 2020, tetapi Skuad Garuda tak diperkuat Elkan Baggott.

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di laga ketiga Grup B Piala AFF 2020, namun Skuad Garuda tak diperkuat Elkan Baggott.

Duel seru akan tersaji di laga lanjutan babak penyisihan grup B Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, pada Rabu (15/12/21) malam WIB.

Pertandingan ini menjadi ujian bagi Timnas Indonesia karena Vietnam merupakan lawan kuat. Saat ini, The Golden Star belum terkalahkan dalam dua laga terakhirnya.

Begitu juga dengan Timnas Indonesia. Namun dari segi kualitas, Vietnam sedikit diunggulkan karena mereka tampil jauh lebih baik. Bahkan dari pertemuan terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Skuad Garuda dibantai dengan skor 4-0.

Akan tetapi, Timnas Indonesia diterpa nasib sial jelang melawan Vietnam, dimana mereka tak bisa memainkan bek andalan Elkan Baggott

Baca Juga
Baca Juga

Bek Ipswich Town tersebut harus menjalani karantina karena saat penerbangan dari London ke Singapura, terdapat penumpang yang positif virus corona varian baru di dalam pesawat yang ditumpanginya.

Hal itu pun membuat pemerintah Singapura melalui Kementerian Kesehatan langsung bersurat kepada PSSI, agar Elkan Baggott bersedia melakukan karantina hingga 18 Desember 2021 mendatang.

Tentu hal ini dirasa sangat tidak adil karena Malaysia masih diperbolehkan memainkan 19 pemain setelah ada empat pemain yang positif terpapar virus corona.

Empat pemain Malaysia itu yakni Mereka yakni Akhyar Rashid (striker), Quentin Cheng (full-back), Faisal Halim (winger), dan Khairulazhan Khalid (kiper).

Sebelum ketahuan positif, keempat nama tersebut sempat berlatih dan melakukan kegiatan bersama dengan para pemain skuat Negeri Jiran yang lain.

Seperti Safawi Rasid yang masih bermain ketika Malaysia bersua Vietnam beberapa hari lalu. Padahal ia merupakan rekan sekamar dari Akhyar Rashid yang terpapar virus corona. 

Absennya Elkan Baggott akan menjadi kerugian bagi Timnas Indonesia karena pemain muda berusia 19 tahun berpotensi menjadi starter melawan Vietnam.

Lantas, seperti apan perkiraan line-up tim besutan Shin Tae-yong tanpa Elkan Baggott. Berikut FOOTBALL265.COM ulas:


1. Perkiraan Starter Timnas Indonesia

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai cetak gol ke gawang Laos di Piala AFF 2020.

Kiper: M Riyandi

Muhammad Riyandi sejatinya adalah kiper utama pilihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan seringnya ia tampil di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Akan tetapi Riyandi tidak dimainkan di dua laga awal Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020, karena lawannya cukup mudah.

Baca Juga
Baca Juga

Bek: Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Fachrudin Ariyanto, Edo Febriansyah

Asnawi Mangkualam masih akan menjadi pemain andalan Shin Tae-yong di sektor bek sayap, setelah tampil gemilang dalam dua laga awal.

Di posisi bek tengah, Alfeandra Dewangga masih tak tergantikan, sejak melawan Kamboja dan Laos. Kinerjanya di lini belakang tak perlu diragukan, dengan statistik mentereng seperti 10 intersep, tiga tekel sukses, dan enam sapuan.

Fachrudin Aryanto layak menjadi tandem Alfeandra Dewangga di sektor bek tengah. Pemain Madura United ini mempunyai pengalaman di level internasional yang bisa membantu lini belakang Timnas Indonesia tangguh melawan Vietnam.

Sebab bek senior lain yang tersedia Victor Igbonefo tampil kurang maksimal di laga terakhir melawan Laos.Sementara di sektor bek kiri, tampaknya akan menjadi milik Edo Febriansyah.

Penampilan bek Persita Tangerang ini cukup bagus di laga melawan Laos, dengan melakukan 3 tekel sukses, 2 intersep dan 2 sapuan.

Tengah: Rachmat Irianto, Evan Dimas, Ricky Kambuaya 

Shin Tae-yong diprediksi tidak akan mengubah komposisi pemain di sektor tengah, karena keempat pemain ini sudah tampil solid di dua laga awal Grup B Piala AFF 2020.

Irianto menempati pos gelandang bertahan, sementara Evan Dimas diplot menjadi kunci permainan dalam mengalirkan bola ke sektor depan.

Sebanyak tujuh peluang berhasil diciptakan Evan Dimas dalam dua penampilannya bersama timnas. Begitu juga dengan Kambuaya, yang akan jadi tandem Evan Dimas.

Kambuaya merupakan pemain yang piawai mengkreasikan serangan. Dia juga melepaskan tiga umpan kunci dan menyumbang satu assist ketika Skuad Garuda mengalahkan Kamboja.

Sayap: Irfan Jaya, Witan Sulaeman

Dua sayap lincah Irfan Jaya dan Witan Sulaeman bisa merepotkan barisan pertahanan Vietnam. Shin Tae-yong bisa dipastikan tetap akan mengandalkan keduanya, dalam membongkar pertahanan Vietnam.

Irfan Jaya sejauh ini sudah mencetak 1 gol dan 1 assist untuk Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020, begitu juga dengan Witan Sulaeman yang sudah membukukan satu gol.

Baca Juga
Baca Juga

Depan: Ezra Walian

Ikut membantu Timnas Indonesia mengalahkan Laos 1-5, Ezra Walian pantas untuk tampil sejak menit pertama. Dalam urusan menyerang, dia masih lebih baik dari striker lainnya di skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 saat ini.

VietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalElkan BaggottBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini