x

Trio Nguyen Vietnam yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala AFF

Rabu, 15 Desember 2021 14:01 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Jelang duel di fase grup Piala AFF 2020, Rabu (15/12/21) malam, berikut trio bintang bernama Nguyen milik Vietnam yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia.

FOOTBALL265.COM – Jelang duel di fase grup Piala AFF 2020, Rabu (15/12/21) malam, berikut trio bintang bernama Nguyen milik Vietnam yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia.

Laga seru akan tersaji di Grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12/21) pukul 19.30 malam, ketika Indonesia menghadapi Vietnam.

Kedua tim kini berada di posisi 1 dan 2 Grup B, usai menyapu bersih dua laga pertama dengan kemenangan. Indonesia mengalahkan Kamboja 4-2 dan Laos 5-1, sedangkan Vietnam memukul Laos 2-0 dan Malaysia 3-0.

Baca Juga
Baca Juga

Bagi skuat Garuda, laga melawan Vietnam ini menjadi duel amat penting. Pasalnya, tim asuhan Park Hang-seo tersebut merupakan kandidat juara dan tim terkuat di grup. Pasukan Shin Tae-yong pun wajib mencuri poin demi mengamankan misi merebut tiket ke semifinal, menyingkirkan Malaysia.

Indonesia sendiri memiliki modal bagus menghadapi The Golden Star. Dalam delapan pertemuan di Piala AFF, skuat Merah Putih hanya menelan 1 kekalahan dan 3 kali menang.

Meski demikian, mengalahkan Vietnam saat ini bukan tugas mudah. Pasalnya, pasukan Park-Hang seo itu sudah menjelma menjadi salah satu tim terkuat di ASEAN.

Di Piala AFF saja, mereka berstatus sebagai juara bertahan berkat kesuksesan mereka menjuarai edisi terakhir pada 2018 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Apalagi, Timnas Indonesia bakal tampil tanpa dua pemain andalan yakni Egy Maulana Vikri yang masih belum dilepas klubnya, dan Elkan Baggott yang mendadak harus dikarantina karena satu pesawat dengan penumpang yang positif Covid-19.

Di sisi lain, Vietnam memiliki sejumlah pemain berkualitas yang bisa memberikan ancaman bagi lini belakang Timnas Indonesia.

Berikut ini INDOSPORT mengulas tiga pemain bintang milik Vietnam yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia di laga ketiga Piala AFF, yang ketiganya sama-sama bernama Nguyen.


1. Trio Nguyen di Lini Serang Vietnam

Penyerang Timnas Vietnam Nguyen Cong Phuong

1. Nguyen Cong Puong

Posisi pertama dalam daftar ini ditempati Nguyen Cong Puong. Pemain 26 tahun ini merupakan penyerang andalan Vietnam yang sudah mencetak 11 gol dari 44 caps. Di level klub, ia juga tampil tajam dengan torehan 6 gol dari 12 laga untuk Hoang Anh Gia Lai di Liga Vietnam musim ini.

Di Piala AFF 2020 sendiri, Nguyen Cong Puong sudah mencetak 2 gol, dengan rincian 1 gol ke gawang Laos dan 1 ke gawang Malaysia. Aksinya di ajang ini bahkan dikabarkan menarik perhatian dari akun resmi Liga Jepang alias J-League.

Dengan kemampuannya yang lengkap, Cong Puong akan jadi ancaman utama lini belakang Timnas Indonesia yang tak bisa diperkuat Elkan Baggott.

2. Nguyen Tuan Anh

Berposisi sebagai gelandang, Nguyen Tuan Anh menjadi sosok lain yang wajib diwaspadai timnas Indonesia. Meski belum mencetak gol, Tuan Anh merupakan pusat kreativitas Vietnam di Piala AFF 2020.

Performa gemilang disuguhkan Nguyen Tuanh Anh di laga terakhir Vietnam yakni saat menghadapi Malaysia, di mana ia mencetak 2 assist sekaligus di laga tersebut.

Pemain 26 tahun ini juga punya chemistry yang baik dengan Cong Puong karena keduanya merupakan rekan setim di Hoang Anh Gia Lai FC.

Dengan kreativitas yang dan visi bermain yang mumpuni, Tuan Anh wajib dimatikan sejak awal demi menghambat aliran bola Vietnam.

3. Nguyen Quang Hai

Nama terakhir yang bisa menjadi masalah bagi Indonesia adalah Nguyen Quang Hai. Berbeda dengan Tuan Anh dan Cong Puong yang menjadi raja assist dan raja gol, Quang Hai memiliki kemampuan yang lebih seimbang.

Bukti kemampuannya terlihat ketika Nguyen Quang Hai tampil gemilang di laga Vietnam melawan Malaysia, lewat torehan 1 gol dan 1 assist.

Quang Hai sendiri sudah berpengalaman menjebol gawang Indonesia, saat Vietnam menang 4-0 di Kualifikasi Piala Dunia pada bulan lalu.

Pelatih Shin Tae-yong bahkan tak segan mengakui Quang Hai sebagai sosok yang layak diwaspadai. “Quang Hai pemain bagus. Dia punya kualitas tendangan dan penyelesaian akhir yang baik,” kata Shin Tae-yong di sesi konferensi pers, seperti dilansir Antara.

Sejak debutnya pada 2017, Nguyen Quang Hai menjelma menjadi andalan baru Vietnam dan kini sudah memiliki 9 gol dari 36 caps.

VietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalNguyen Tuan AnhTimnas VietnamTRIVIANguyen Quang HaiNguyen Cong PhuongBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini