x

Solasak Thilavong, Si Kiper Banyak Drama Laos hingga Tuduhan Match Fixing di Piala AFF 2020

Kamis, 16 Desember 2021 08:15 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Subhan Wirawan

FOOTBALL265.COM - Kiper Laos bernama Solasak Thilavong kembali menjadi sorotan setelah diduga melakukan praktik pengaturan skor (match fixing) di Piala AFF 2020.

Dilansir dari akun Twitter, @RabonaMike, Laos diklaim telah mengatur pertandingan sendiri termasuk saat duel melawan timnas Indonesia pada Minggu (12/12/21) lalu dan Malaysia tiga hari sebelumnya.

Baca Juga
Baca Juga

Aphixay Thanakhanty dan Kaharn Phetsivilay menjadi dua pemain Laos yang paling dicurigai oleh @RabonaMike sebagai pion yang menjalankan pengaturan skor di lapangan.

Melawan Malaysia, keduanya baru masuk di babak kedua dan tampak dengan mudah membiarkan umpan-umpan terobosan lawan.

Untuk laga melawan timnas Indonesia, giliran kiper Solasak Thilavong yang mencuri perhatian @RabonaMike. Layaknya Aphixay dan Kaharn, ia juga baru turun di babak kedua dan langsung membuat perubahan signifikan.

Baca Juga
Baca Juga

Saat Solasak Thilavong masuk, timnas Indonesia yang sebelumnya hanya unggul 2-1 langsung sukses mencetak tiga gol tambahan dalam waktu 20 menit.

Kecurigaan @RabonaMike cukup beralasan karena di bursa taruhan timnas Indonesia diberi handicap 3,75 atas Laos. Artinya, harus ada kemenangan untuk kubu Garuda berselisih minimal empat gol.


1. Dihujat Netizen Indonesia

Solasak Thilavong Pernah Dihujat Netizen Indonesia.

Solasak Thilavong bukanlah sosok asing bagi para penggemar timnas Indonesia karena sempat membuat geram netizen tanah air.

Pada ajang Piala AFF U-18 2019 di Vietnam pada Agustus lalu, Solasak Thilavong sempat berulah ketika timnas Indonesia U-18 bersua Laos.

Dalam laga itu timnas Indonesia yang menang 2-1 sempat tertinggal lebih dulu. Saat dalam keadaan tertinggal, Solasak Thilavong melakukan drama dengan berpura-pura cedera agar mengulur waktu.

Usai kejadian tersebut netizen Indonesia berbondong-bondong untuk menghujat Thilavong. Setiap dirinya mengunggah sebuah foto, netizen Indonesia selalu melontarkan beragam komentar.

MalaysiaVietnamKambojaLaosPengaturan Skor Pertandingan (match fixing)Timnas IndonesiaPiala AFFBola Internasional

Berita Terkini