x

Bedah Formasi Newcastle United Usai Borong 5 Pemain Baru di Bursa Transfer Januari

Selasa, 1 Februari 2022 12:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Termasuk Bruno Guimaraes, Newcastle resmi mendatangkan 5 pemain baru di bursa transfer Januari. Bakal seperti apa line up mereka di paruh kedua musim ini? Grafis:Yanto/Football265.com

FOOTBALL265.COM – Termasuk Bruno Guimaraes, Newcastle United resmi datangkan lima pemain baru di bursa transfer Januari. Bakal seperti apa line-up mereka di paruh kedua musim ini? 

Berbekal status sebagai klub kaya baru usai diakuisisi Arab Saudi, Newcastle menjadi salah satu tim teraktif di bursa transfer Januari.

The Magpies tercatat berhasil mendatangkan lima pemain baru. Di Liga Inggris, jumlah ini menjadi yang terbanyak, setara dengan Everton yang juga memboyong lima bintang anyar.

Meski demikian, dalam hal pengeluaran, Newcastle jadi yang tertinggi dengan total belanja sekitar 86 juta pounds (Rp1,6 triliun).

Baca Juga
Baca Juga

Kieran Trippier menjadi pemain pertama yang diboyong Januari ini usai didatangkan dari Atletico Madrid. Kedatangan sang bek kanan kemudian disusul Chris Wood yang dibeli dari Burnley.

Sempat minim pergerakan, The Magpies membuat gebrakan dengan mengalahkan Arsenal dalam perburuan Bruno Guimaraes dari Lyon. Sang gelandang diboyong dengan banderol 33 juta pounds dan dikontrak 4,5 tahun.

Langkah Newcastle berlanjut di hari terakhir bursa transfer, Senin (31/01/22) waktu Eropa. Jelang deadline, mereka berhasil mendatangkan dua pemain lagi dari rival Liga Inggris.

Bek kiri Matt Targett dipinjam setengah musim dari Aston Villa, sedangkan bek tengah Dan Burn dibeli dari Brighton dengan biaya 13 juta pounds dan kontrak 2,5 tahun.

Kedatangan lima pemain baru ini diharapkan bisa membantu manajer Eddie Howe membangkitkan Newcastle United dan meloloskan diri dari zona degradasi.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti diketahui, The Magpies masih berada di peringkat 18 alias batas teratas zona degradasi Liga Inggris. Namun, mereka sudah sedikit menunjukkan perbaikan dengan tak terkalahkan di 3 laga terakhir (1 menang 2 seri).

Di sisi lain, kehadiran para pemain baru ini memang sesuai dengan kebutuhan tim, khususnya di lini belakang di mana mereka jadi pemilik pertahanan terburuk kedua di Liga Inggris musim ini.

Lantas, bakal seperti apa formasi Newcastle United di sisa musim ini usia kedatangan lima pemain anyar sekaligus di bursa transfer Januari? Berikut ulasannya:


1. 5 Pemain Baru Langsung Masuk Starting Line Up

Bruno Guimaraes, salah satu pemain baru Newcastle United. Foto: Instagram@brunoguimaraes

Sempat dikaitkan dengan Keylor Navas dan Dean Henderson, Newcastle tak jadi memboyong kiper baru. Dengan demikian, posisi penjaga gawang utama masih akan jadi milik Martin Dubravka yang sudah jadi andalan selama 4 tahun terakhir.

Di lini belakang, dalam skema 4 bek yang menjadi favorit Eddie Howe, 3 posisi akan menjadi milik para pemain baru.

Kieran Trippier dan Matt Targett akan jadi pilihan utama di sektor full back kanan dan kiri, menggusur Javier Manquillo dan Jamal Lewis. Tak hanya tangguh bertahan, keduanya punya crossing mumpuni yang bisa menambah serangan dari sisi lapangan

Sementara itu, pemain anyar lainnya, Dan Burn, akan menjadi rekan duet bagi kapten tim Jamaal Lascelles di sektor bek tengah. Musim ini, Burn merupakan sosok dengan rataan tekel dan intersep tertinggi di antara trio bek tengah Brighton.

Di lini tengah, pemain anyar Bruno Guimaraes akan menjadi pilihan utama di sektor gelandang bertahan. Pemain Brasil ini rajin melakukan pressing dan merebut bola dari pemain lawan, sehingga akan memberikan perlindungan ekstra terhadap lini belakang.

Guimaraes akan didampingi Jonjo Shelvey yang punya kemampuan bagus dalam mendistribusikan bola ke depan, serta Joelinton yang akan bertugas membantu serangan dari lini kedua.

Di depan, Allan Saint-Maximin dan Ryan Fraser akan bermain di kedua sayap. Kedua pemain ini dikenal punya kecepatan dan dribel mumpuni, yang memungkinkan mereka menusuk dari sisi lapangan.

Sementara itu, Chris Wood akan mengisi pos ujung tombak seiring cedera panjang Callum Wilson. Wood bisa berperan untuk menarik perhatian lawan sehingga Saint-Maximin dan Fraser bisa bergerak lebih bebas dari sayap.

Tak hanya itu, dengan postur tingginya, ia juga bisa berperan sebagai pemantul bola bagi Newcastle United sekaligus menuntaskan umpan-umpan silang yang dilepaskan kedua bek sayap, Matt Targett dan Kieran Trippier.

Newcastle XI (4-3-3): Dubravka; Trippier, Burn, Lascelles, Targett; Shelvey, Guimaraes, Joelinton; Saint-Maximin, Wood, Fraser.

Bursa TransferNewcastle UnitedKieran TrippierIn Depth SportsLiga InggrisBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferBruno Guimarares

Berita Terkini