x

3 Fakta Tentang Cyrus Margono, Kiper Keturunan Indonesia di Eropa

Rabu, 2 Februari 2022 09:47 WIB
Editor: Juni Adi

FOOTBALL265.COM - Nama Cyrus Margono tengah membuat heboh publik sepak bola Tanah Air, karena dirinya dikatikan dengan naturalisasi usai bertemu dengan Dubes Indonesia.

Publik sepak bola Indonesia kembali dibuat heboh dengan kabar terbaru dari kiper keturunan Tanah Air yang berkarier di Yunani, Cyrus Margono. 

Cyrus Margono diketahui memberikan sinyal kuat untuk membela Timnas Indonesia, setelah ia baru-baru ini kedapatan bertemu dengan Dubes Republik Indonesia untuk Athena, Yunani, pada Jumat (28/01/22) klalu.

Hal tersebut diketahui dari foto yang diunggah oleh akun Instagram @indonesiainath, kemudian direpost oleh akun Cyrus Margono, @cmargono.

"Sebentar Lagi. #KitaGaruda," tulis Cyrus Margono yang menambahkan keterangan dalam foto tersebut, dibarengi dengan emoji benreda Merah Putih.

Cyrus Margono kirim sinyal ke Timnas Indonesia? Foto: instagram/cmargono

Pihak Kedubes RI di Athena pun turut menjelaskan secara singkat keberadaann Cyrus Margono di sana. Diketahui, sang pemain bertemu Dubes RI, Bebeb Djundjunan untuk Athena guna membicarakan sejumlah hal.

Baca Juga
Baca Juga

“Pada 28/1 lalu, Duta Besar LBBP RI @bebebdjundjunan menerima kunjungan Cyrus Margono @cmargono, salah satu atlet sepakbola keturunan Indonesia yang saat ini bermain untuk klub Panathinaikos (@fcpanathinaikos),” tulis @indonesiainath.

"Suatu pengalaman yang menyenangkan bisa bertukar pikiran dengan salah satu putra keturunan Indonesia yang berkiprah di tingkat internasional. Sukses selalu, @cmargono!” sambungnya.

Bukti unggahan di akun Instagram Cyrus Margini, sejumlah pihak menduga bahwa sang pemain keturunan akan segera membela Timnas Indonesia.

Cyrus Margono sendiri memang jadi salah satu talenta muda berbakat di dunia sepakbola. Berikut beberapa fakta menarik tentang dirinya.


1. Pernah Cuekin Staf Pelatih Timnas Indonesia

Kiper Keturunan Indonesia yang membela klub Yunani, Panathinaikos B, Cyrus Margono

Cyrus Margono rupanya sudah dipantau oleh jajaran staf pelatih Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. Bahkan mereka kabarnya sudah pernah mencoba untuk menghubunginya.

Akan tetapi staf pelatih Timnas Indonesia, Yoo Jae-hoon membeberkan kalau sang pemain ternyata tidak merespons.

“Sudah pernah coba kontak sama dia tapi tidak ada respons,” tulis Yoo Jae-hon dalam unggahan foto di Instag Storiesnya.

Bila saat itu Cyrus tak merespons, kemungkinan baru kali ini eks kiper Denver Pioneers melakukan langkah konkret dengan menemui duta besar Indonesia di Yunani.

Baca Juga
Baca Juga

Lahir di Amerika Serikat

Meski saat ini bermain di Liga Super Yunani 2 bersama Panathinaikos B, Cyrus Margono ternyata lahir dan dibesarkan di New York, Amerika Serikat. Dia tercatat lahir pada 9 November 2001.

Cyrus Margono memiliki garis keturunan Indonesia-Iran. Darah Indonesia diperoleh dari ayahnya, Johan, sedangkan ibunya yang bernama Sepeedeh berasal dari Iran.

Saat ini, dia terikat kontrak selama tiga tahun bersama Panathinaikos B yang berkompetisi di Liga Super Yunani 2, alias kasta kedua. Debutnya bersama Panathinaikos B tercipta pada 4 September 2021.

Bukan Naturalisasi

Cyrus Margono yang saat ini berusia 20 tahun masih berkesempatan untuk memilih kewarganegaraan Indonesia atau Iran bahkan Amerika Serikat dimana ia lahir.

Jika ingin memilih Indonesia, Cyrus Margono masih mempunyai waktu tiga tahun setelah ia menginjak usia 18 tahun untuk mengajukan proses menjadi WNI sesuai Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 pasal 6 tahun 2006 tentang kewarganegaraan.

Hal tersebut membuat Cyrus Margono bukan pemain naturalisasi statusnya, ia akan menjalani proses kewarganegaraan WNI seperti Elkan Baggott karena usianya masih sangat muda dan belum memilih kewarganegaraan.

Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongCyrus Margono

Berita Terkini