x

Jarang Terjadi, Bintang Piala AFF U-23 Punya 2 Saudara Pesepak Bola Cantik

Selasa, 15 Februari 2022 19:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Timnas Filipina U-23, Griffin McDaniel, saat bersama dua saudaranya, Chandler dan Olivia. Foto: Instagram@finn_mcdaniel.

FOOTBALL265.COM - Salah satu pemain di Piala AFF U-23 dari Filipina, Grifinn (Finn) McDaniel, punya kisah menarik tentang keluarganya dan sepak bola.

Seperti diketahui, hajatan Piala AFF U-23 2022 telah memulai agenda kick-off tanpa kehadiran Timnas Indonesia yang beberapa waktu lalu memutuskan mundur.

Meski begitu, bukan berarti turnamen sepak bola level usia ini jadi tidak menarik lagi untuk diikuti perkembangannya. Ada sejumlah kisah menarik yang cukup lumayan untuk diceritakan terkait mereka yang berpartisipasi di dalamnya.

Kali ini, ada sebuah kisah unik dari Griffin McDaniel yang membela Timnas Filipina U-23. Pasalnya, ia punya dua saudara perempuan yang juga berprofesi sebagai pesepak bola bernama Chandler dan Olivia.

Baca Juga
Baca Juga

Di dunia si kulit bundar, orang-orang mungkin telah mengenal para pemain bersaudara seperti gen Hazard, Pogba, Zidane, dan yang lain. Akan tetapi, belum banyak yang mengangkat keluarga pesepak bola dari Asia.

Singapura memiliki Ikhsan, Irfan, dan Irhan, yang notabene tiga putra legenda sepak bola negara tersebut, Fandi Ahmad.

Namun Filipina punya Griffin McDaniel yang kedua saudaranya adalah perempuan dan berprofesi sebagai pesepak bola. Chandler dan Olivia merupakan bagian dari timnas senior wanita yang belum lama ini tampil impresif di Piala Asia.

Baca Juga
Baca Juga

Timnas Filipina diketahui berhasil menginjakkan kaki di semifinal Piala Asia Wanita 2022 yang digelar di India. Dalam perjalanannya, mereka juga sukses mengamankan tiket bermain di Piala Dunia Wanita 2023.

Kesuksesan ini pun membuahkan rezeki bagi seluruh anggota tim yang digancar insentif oleh The Philippine Sports Commission (PSC).

Di Piala Asia Wanita 2022, Olivia tampil sebagai penjaga gawang Filipina yang sayang sekali harus kebobolan dua gol kontra Korea Selatan di semifinal.


1. Gen Keluarga Sepak Bola

Pemain Timnas Filipina U-23, Griffin McDaniel, saat bersama ayahnya. Foto: Instagram@finn_mcdaniel.

Sepak terjang Chandler dan Olivia McDaniel pun bak dilanjutkan oleh sang adik, Griffin, yang kini membela Timnas Filipina U-23.

Pemain berusia 21 tahun ini lahir di California dari seorang ayah berkebangsaan AS dan ibu Filipina. Dengan demikian, ia pun mendapat kesempatan untuk membela satu di antara dua timnas negara tersebut.

Namun pada 2019, ia pun menjatuhkan kepada Filipina setelah bermain di klub sepak bola California Baptist University.

Setelah itu, barulah ia pindah ke Stallion Laguna, klub profesional yang kini berlaga di kompetisi kasta tertinggi Filipina, PFL. Pemain yang berposisi gelandang ini pertama bergabung pada Agustus 2020 hingga saat ini.

Griffin McDaniel dipanggil untuk memperkuat Timnas Filipina U-23 di ajang SEA Games 2019. Kemudian pada Februari lalu ia kembali direkrut untuk bermain di Piala AFF U-23 2022.

Perjalanan Timnas Filipina di Piala AFF U-23

Tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kamboja, ditemani Timor-Leste dan Brunnei Darussalam, Azkals meraih hasil kurang maksimal dalam laga perdananya 14 Februari kemarin.

Mereka hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Timor-Leste, sedangkan Kamboja malah panen enam biji gol ke gawang Brunei Darussalam. Dengan hasil ini, tuan rumah jelas menempat peringkat teratas klasemen.

Sementara itu, Filipina dan Timor-Leste harus meraih kemenangan bagaimanapun caranya agar bisa menjaga asa ke semifinal Piala AFF U-23 2022.

Akan tetapi, langkah Griffin McDaniel dkk bakal sulit karena calon lawan mereka selanjutnya adalah Kamboja (17 Februari). Baru kemudian, mereka dijadwalkan bersua Brunei Darussalam (20 Februari).

FilipinaFilipina U-23Bola InternasionalPiala AFF U-23

Berita Terkini