x

5 Kapten Terhebat Manchester United Sepanjang Masa, Ada yang Bisa Saingi?

Sabtu, 19 Februari 2022 17:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut lima kapten terhebat Manchester United sepanjang masa. Foto: Bryn Lennon/Getty Images.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Inggris, Manchester United, punya sederet kapten yang namanya sudah melegenda ke seluruh penjuru dunia.

Seperti diketahui, Setan Merah saat ini tengah dirundung isu tidak sedap terkait jabatan kapten tim yang kini diemban Harry Maguire. Pembicaraan yang berkembang di kalangan publik saat ini, status itu pun dipertanyakan.

Namun isu ini tidak hanya menyeret nama Harry Maguire seorang, maupun Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer terdahulu, dan Ralf Rangnick sebagai juru taktik saat ini. Cristiano Ronaldo pun turut diseret-seret ke dalamnya.

Isu yang saat ini beredar adalah dualitas leader figure di ruang ganti Manchester United. Seperti diketahui, baik Maguire maupun Ronaldo sama-sama punya kapasitas sebagai seorang pemimpin dan berpengalaman jadi kapten.

Baca Juga
Baca Juga

Melihat kekacauan yang sedang timbul saat ini, Maguire pun terpaksa buka suara lewat media sosial Twitter.

“Saya melihat banyak berita tentang klub ini yang tidak benar, dan ini salah satunya. Tidak ingin mengunggah apa pun tentang tulisan terkait, tapi saya harus meluruskannya,” cuit Maguire di Twitter.

Lebih lanjut, ia menyebut Manchester United adalah sebuah kesatuan dan mereka kini sedang fokus mempersiapkan diri untuk laga akhir pekan ini.

Baca Juga
Baca Juga

Meski Maguire telah angkat bicara, ditambah pengakuan Ralf Rangnick bahwa ban kapten masih akan melingkar di lengan sang pemain, topik tentang sosok leader di skuat Setan Merah sudah telanjur mencuat.

Mau tidak mau, orang-orang kini jadi ikut memutar otak apakah Maguire adalah sosok yang tepat sebagai kapten Manchester United? Apalagi, di dekatnya ada seorang Ronaldo yang notabene didikan Sir Alex Ferguson.


1. Para Pendahulu Harry Maguire

Harry Maguire merupakan kapten Manchester United saat ini. Foto: Matthew Peters/Manchester United via Getty Images.

Sebelum Harry Maguire, Manchester United tercatat punya beberapa kapten seperti Ashley Young, Wayne Rooney, dan yang lain. Namun ada sejumlah nama yang benar-benar legendaris dan tidak terlupakan sampai saat ini.

Nah, berikut FOOTBALL265.COM sajikan lima di antaranya, para kapten hebat yang pernah mengabdi dan mendedikasikan diri untuk Manchester United, berusaha menjadi pemimpin yang baik bagi rekan-rekannya.

Eric Cantona

Siapa yang tidak kenal legenda yang satu ini, sosok yang kerap berimej berandalan dan frontal baik dengan kata-kata maupun tindakannya.

Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri, ia adalah pemain hebat dan kapten Manchester United pada 1996-1997 menggantikan Steve Bruce. Hanya saja, Eric Cantona tidak lama menyandang jabatan tersebut.

Sosok yang juga terkenal karena insiden tendangan kungfunya ini hanya menjadi kapten selama kurang lebih satu musim dan memutuskan pensiun.

Bryan Robson

Selanjutnya ada Captain Marvel-nya Manchester United, Bryan Robson. Bersama Steve Bruce ia menjadi leader figure di tim selama belasan tahun.

Salah satu momen paling luar biasa bagi Bryan Robson di Manchester United adalah membawa tim ini kembali ke kejayaan pada 1993 dan 1994 dengan memenangkan gelar Liga Inggris.

Gary Neville

Salah satu pengabdi paling setia Manchester United sepanjang masa. Tidak main-main, 20 tahun ia habiskan hanya untuk klub ini.

Dengan masa bakti yang begitu panjang, seteru sekaligus sahabat Jamie Carragher ini pun mengoleksi banyak trofi sebagai pemain Setan Merah dua dekade dan kapten tim selama kurang lebih lima tahun.

Steve Bruce

Beberapa kali namanya disebut dalam artikel ini. Ya, jika berbicara tentang legenda Manchester United, sosok ini jelas tidak boleh terlewat.

Apalagi, jika sudah membahas sosok Bryan Robson, Steve Bruce jelas tidak akan tertinggal. Ia salah satu kapten terbaik Manchester United, yang punya keberanian serta kepercayaan diri yang tinggi di lapangan.

Sir Bobby Charlton

Meski jadi salah satu kapten terbaik yang dimiliki Setan Merah, hari-hari Sir Bobby Carlton sebagai pemimpin rekan-rekannya bisa dibilang tidak terlalu gemilang. Namun justru di sinilah peran penting dirinya sangat diperlukan tim.

Manchester United pada masanya sibuk berjuang menghindari jurang degradasi alih-alih bertarung untuk perebutan trofi. Namun dedikasinya untuk Manchester Unitedlah yang membuat namanya harum sampai saat ini.

Manchester UnitedLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini