x

Kejutan Piala AFF U-23 2022: Laos Bantai Malaysia, Timor Leste Rajai Grup A

Selasa, 22 Februari 2022 06:13 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Juni Adi
Kejutan Piala AFF U-23: Laos Bantai Malaysia, Timor Leste Rajai Grup A.

FOOTBALL265.COM - Mundurnya Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2022 membuat turnamen ini penuh dengan kejutan karena lolosnya Laos dan Timor Leste ke semifinal.

Timor Leste menjadi tim pertama yang sukses mengantongi tiket ke semifinal Piala AFF U-23 2022 setelah berhasil menjadi raja di Grup A.

Baca Juga
Baca Juga

Di laga perdana babak penyisihan Grup A, Timor Leste sempat ditahan imbang Filipina dengan skor 2-2. Kemudian mereka mampu bangkit di laga kedua dengan mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor 3-1.

Dalam duel pamungkas melawan tuan rumah Kamboja, Timor Leste secara mengejutkan sukses mendulang kemenangan tipis 1-0. Hasil ini membuat mereka mampu finis di posisi puncak dengan koleksi tujuh poin dari tiga laga.

Sementara itu, Laos juga mampu membuat kejutan di turnamen Piala AFF U-23 2022. Mundurnya Timnas Indonesia dan Myanmar di Grup B membuat mereka menghadapi Malaysia dalam sistem dua leg.

Baca Juga
Baca Juga

Di leg pertama Laos sukses menang dengan skor tipis 2-1 atas Malaysia, Jumat (18/02/22) lalu. Kemudian di leg kedua pada Senin (21/02/22) malam WIB, mereka kembali menang kali ini dengan skor 2-0.

Hasil ini membuat Laos mampu menyusul langkah Timor Leste ke semifinal Piala AFF U-23 2022. Kemudian untuk dua tim lainnya masih menunggu laga Vietnam vs Thailand serta satu runner up terbaik.


1. Duel Hidup Mati Vietnam vs Thailand

Duel hidup mati antara Vietnam vs Thailand untuk menentukan tim yang lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2022 menyusul Laos dan Timor Leste.

Vietnam bakal menghadapi duel hidup mati melawan Thailand demi mendapatkan tiket lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2022 pada Selasa (22/02/22) malam WIB. Di Grup C, kedua tim saat ini sama-sama mengantongi tiga poin hasil kemenangan atas Singapura.

Bila salah satu dari dua tim ini kalah, maka mereka bisa gugur karena ada Kamboja yang sedang menunggu sistem perhitungan dari AFF untuk menentukan runner up terbaik.

Sebaliknya bila Vietnam dan Thailand bermain imbang, maka keduanya berhak lolos ke semifinal. Pasalnya, tuan rumah Kamboja saat ini berada di urutan kedua Grup A dengan mengantongi enam poin.

Dalam format yang dibuat oleh AFF, kemenangan Kamboja atas tim juru kunci klasemen tidak akan dihitung. Hal itu membuatnya akan mendapat pengurangan tiga poin hasil kemenangan atas Brunei Darussalam.

MalaysiaTimor LesteLaosTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AFF U-23

Berita Terkini