x

Jarell Quansah, Jebolan Akademi Liverpool 'Fotokopian' Virgil van Dijk

Rabu, 2 Maret 2022 09:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat pemain muda 'fotokopian' Virgil van Dijk di Liverpool. Foto: REUTERS/Phil Noble.

FOOTBALL265.COM - Mengenal Jarell Quansah, pemain muda Liverpool yang bisa jadi penerus bahkan ‘fotokopian’ Virgil van Dijk.

Liverpool selama ini diketahui memiliki banyak wonderkid maupun pemain akademi berbakat, penuh potensi, yang layak dipromosikan ke tim utama.

Sebelum ini, redaksi berita olahraga INDOSPORT.com telah membahas sejumlah pemain akademi Liverpool dengan segala kelebihan mereka. Kali ini, yang akan diulas adalah Jarell Quansah, seorang bek muda berusia 19 tahun.

Beberapa waktu lalu, Liverpool dihantam krisis pemain ketika Virgil van Dijk dan beberapa rekannya terpapar Covid-19, ditambah absennya Jordan Henderson, lalu Divock Origi yang cedera.

Baca Juga
Baca Juga

Jurgen Klopp pun memanggil sejumlah pemain mudanya untuk dipasang di pertandingan tandang ke kandang Tottenham Hotspur.

Tyler Morton bahkan tampil sebagai starter, berdampingan dengan Naby Keita dan James Milner di lini tengah. Di daftar pemain cadangan pun ada sejumlah nama yang cukup asing di telinga, termasuk Jarell Quansah.

Sebagai informasi, Jarell Quansah adalah pemuda asal Warrington yang telah menimba ilmu bersama Liverpool sejak usia lima tahun.

Baca Juga
Baca Juga

Sejak bergabung bersama The Reds, Jarell Quansah kecil menjalani masa-masa belajarnya di berbagai kelompok usia. Salah satu prestasi terbaiknya adalah didapuk sebagai kapten untuk tim Liverpool U-18.

Meski kini sudah berada di tim U-23, ia masih menyandang ban kapten saat bertanding bersama rekan-rekannya di U-19.

Jarell Quansah juga bagian penting skuat Liverpool yang tampil apik di FA Youth Cup 2021. Saat itu, ia ada di tim bersama Tyler Morton, Billy Koumetio, dan pemain yang berjuluk Messi Polandia, Mateusz Musialowski.

 

1. 'Fotokopian' Virgil van Dijk

Melihat pemain muda 'fotokopian' Virgil van Dijk di Liverpool. Foto: John Powell/Liverpool FC via Getty Images.

Berposisi sebagai bek tengah seperti Virgil van Dijk, Jarell Quansah juga bisa beroperasi sebagai bek kanan. Situs resmi Liverpool pun mendeskripsikannya sebagai pemain yang cepat dan bisa membawa bola dengan baik.

Pemain kelahiran 29 Januari 2003 ini juga punya garis keturunan yang cukup menarik. Pasalnya, ia memiliki darah Inggris, Ghana, Barbadon, dan Skotlandia.

Seperti diwartakan laman This Is Anfield, saudara laki-laki Jarell Quansah, Keenan, juga berprofesi sebagai pesepak bola dan kini bermain untuk Stalybridge.

Berbeda meski ‘bertetangga’ dengan Liverpool, Stalybridge Celtic FC merupakan klub yang berbasis di Greater Manchester dan berkompetisi di Northern Premier League Premier Division.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Jarell Quansah adalah bek tengah murni namun bisa juga bermain di sebelah kanan. Peran ini pun sudah beberapa kali ia mainkan saat berada di Liverpool U-23 asuhan Barry Lewtas.

Berposisi sebagai bek tengah, ia pun berpeluang menjadi penerus Virgil van Dijk di skuat Liverpool milik Jurgen Klopp. Apalagi, secara tampilan, keduanya bak dua kertas ‘fotokopian’ yang serupa tapi tak sama.

Mirip Virgil van Dijk, Jarell Quansah berpostur tinggi dan berfisik kuat, serta mampu mengatur dan mendominasi lini belakang dengan baik. Terlepas dari itu, di sisi lain ia juga memiliki passing range yang apik.

Lantas, apakah ia bisa menggantikan Virgil van Dijk suatu hari nanti? Jawabannya tentu bisa, karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Namun untuk sekarang, kesempatannya untuk unjuk gigi bisa dibilang masih terbatas. Akan tetapi, dengan usia yang masih muda, ia punya banyak waktu untuk terus berkembang bersama akademi Liverpool.

Sebagai informasi, Jarell Quansah sudah menandatangani kontrak profesionalnya di Liverpool pada Februari 2021 dan juga membela Timnas Inggris di level pemain muda.

LiverpoolLiga InggrisVirgil van DijkWonderkidBerita Liga Inggris

Berita Terkini