x

Gabung Timnas Indonesia, Harga Emil Audero Lampaui Gabungan Skuat Vietnam dan Malaysia

Jumat, 4 Maret 2022 11:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Kedatangan Emil Audero Mulyadi bakal membuat skuat Timnas Indonesia semakin mahal, bahkan nilainya melampui gabungan skuat Vietnam dan Malaysia.

FOOTBALL265.COM – Kedatangan Emil Audero Mulyadi bakal membuat skuat Timnas Indonesia semakin mahal. Bahkan, nilainya melampui gabungan skuat Vietnam dan Malaysia.

Seperti diketahui, penjaga gawang klub Serie A Liga Italia, Sampdoria yaitu Emil Audero Mulyadi dikabarkan akan segera menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Kabar tersebut sempat dibocorkan oleh anggota EXCO PSSI, Hasani Abdulgani, yang ditugaskan mengurusi proses naturalisasi pemai, lewat postingan di Instagram beberapa hari lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Hasani menjelaskan bahwa PSSI telah mengutus agen untuk bertemu dua pemain calon naturalisasi yakni Emil Audero Mulyadi dan Jordy Wehrmann.

Namun kepada awak media, anggota Exco PSSI itu mengatakan bahwa Emil Audero Mulyadi yang sepakat untuk makan malam bersama agen pada Rabu (02/03/2022) waktu Eropa atau siang WIB.

Emil Audero Mulyadi merupakan kiper binaan asli dari akademi Juventus sejak 2008 silam. Saat ini dirinya berstatus sebagai pemmain Serie A Italia, Sampdoria.

Selama debutnya di Sampdoria, di musim 2018-2019, ia tampil luar biasa dengan mencatatkan 8 cleansheet dari 21 laga dan hanya kebobolan 26 gol.

Musim ini, Emil Audero sudah memainkan 20 pertandingan dan membawa Sampdoria bertengger di urutan ke-15 klasemen sementara Serie A Liga Italia 2021-2022. 

Emil Audero bisa dinaturalisasi karena punya darah Indonesia dari sang ayah, Edy Mulyadi, yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Baca Juga
Baca Juga

Merujuk pada data di Transfermarkt per hari Jumat (04/03/22), value market kiper berusia 25 tahun itu mencapai 12 juta euro atau jika dirupiahkan setara dengan Rp191 miliar.

Sementara itu, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong saat ini memiliki total nilai skuat mencapai 5,28 juta euro atau sekitar Rp88,5 miliar.


1. Nilai Timnas Indonesia Jadi Termahal Se-Asia Tenggara?

Kiper Sampdoria asal Italia kelahiran Mataram, Lombok, NTB, Indonesia, Emil Audero Mulyadi.

Evan Dhimas, Nadeo Argawinata, Pratama Arhan, dan Rachmat Iriyanto jadi pemain yang menyumbang valuasi terbesar bagi nilai skuat Garuda  dengan rata-rata bernilai 300 ribuan euro.

Jika Emil Audero bergabung dengan Timnas Indonesia, maka nilai Timnas Indonesia bakal naik hingga tiga kali lipatnya, yakni mencapai 17,28 juta euro atau setara Rp274,2 miliar.

Baca Juga
Baca Juga

Nilai sebesar itu tentunya bisa melambungkan valuasi Timnas Garuda menjadi timnas termahal se- Asia Tenggara dibandingkan dengan Thailand, Malaysia dan Vietnam.

Baca Juga
Baca Juga

Juara Piala AFF 2020, Thailand, saat ini saja hanya memiliki valuasi skuat 11,10 juta euro atau Rp176 miliar. Padahal, mereka memiliki striker terbaik yang merumput di Jepang, Chanathip Songkrasin.

Malaysia yang merupakan musuh bebuyutan Timnas Indonesia hanya bernilai 4,65 juta euro (Rp69 miliar), sedangkan Vietnam bernilai 5,45 juta euro (Rp86,4 miliar).


2. Emil Audero Bikin Sektor Kiper Timnas Indonesia Jadi Mahal

Kiper Sampdoria asal Italia kelahiran Mataram, Lombok, NTB, Indonesia, Emil Audero Mulyadi.

Kehadiran Emil Audero sendiri saja sejatinya  juga sudah membuat sektor kiper di Timnas Malaysia mahal bukan kepalang.

Padahal, sebelumnya, empat kiper Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 seluruhnya masuk dalam daftar estimasi valuasi harga para penjaga gawang termahal di turnamen itu.

Baca Juga
Baca Juga

Nadeo merupakan kiper termahal di Piala AFF 2020. Angka valuasi Nadeo saat ini 300 ribu euro (Rp4,7 miliar), valuasi harga tertinggi sepanjang karier kiper dari klub Bali United tersebut.

Bila valuasi harga Nadeo digabungkan dengan milik Emil Audero, maka kedua penjaga gawang tersebut membuat sektor Timnas Indonesia semakin mahal, yakni total mencapai Rp196,3 miliar.

Nilai ini bahkan hampir melampui valuasi skuat Johor Darul Ta’zim yang hanya bernilai 7,2 juta euro atau sekitar Rp111 miliar menyusul keberhasilan mereka menjuarai Liga Malaysia.

MalaysiaVietnamSampdoriaEmil Audero MulyadiKiperTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini