x

Iwan Bule Sebut Timnas Indonesia U-19 Bisa Pakai Pemain Keturunan di Piala Dunia U-20

Minggu, 13 Maret 2022 21:54 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas U-19 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

FOOTBALL265.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan peluang pemain keturunan untuk bela Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2023 masih terbuka lebar.

Hal tersebut bukan masalah, apabila pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong masih membutuhkan keberadaan sejumlah pemain keturunan. 

Baca Juga

Sebelum Piala Dunia U-20 ditunda pada tahun lalu, Timnas U-19 sejatinya telah memanggil beberapa pemain keturunan.

Nama-nama seperti Elkan Baggott, Jack Brown hingga Mahessa bersaudara (Kelana dan Luah) sempat diminta ikut pemusatan latihan di Eropa. 

Baca Juga

Karenanya, jika Shin Tae-yong mengajukan permintaan, maka PSSI akan berkomunikasi dengan pemain yang dipilih pelatih asal Korea Selatan itu. 

Baca Juga

"Kalau pemain turunan masih cukup umurnya tidak menutup kemungkinan nanti kita ambil. Yang maksudnya kan kualitas, bukan individu tapi secara general atau tim," kata Iwan Bule, sapaan Iriawan.

Baca Juga

"Kita tunggu dari Shin Tae-yong. Yang jelas kalau keturunan, apakah umurnya cukup buat Piala Dunia U-20 dan kalau bagus, Shin Tae-yong bisa ambil. Karena sekali lagi urusan pemain saya serahkan kepada STY," imbuhnya. 


1. Pemusatan Latihan di Korea Selatan

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengecek persiapan Timnas U19 jelanh berangkat tc ke korea selatan. Foto: Zainal Hasan/Football265.com

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 tengah menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan hingga pertengahan bulan depan.

Baca Juga

Ada 32 pemain skuat Garuda Muda yang dibawa Negeri Gingseng dan kemunginan ada tiga atau empat nama menyusul kemudian. 

Iwan Bule menjelaskan, skuad Timnas U-19 belum fix. Masih ada perubahan atau promosi degradasi pemain karena pelatih Shin Tae-yong masih melakukan tahap seleksi.' 

Baca Juga

Bisa jadi, ada pemain tambahan dari beberapa kompetisi yang dianungi PSSI seperti Elite Pro Academy, Piala Soeratin dan lainnya. 


2. Persiapan Piala Dunia U-20 2023

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengecek persiapan Timnas U19 jelanh berangkat tc ke korea selatan. Foto: Zainal Hasan/Football265.com

"Pasti, karena bisa dilihat mereka masih muda juga di klub-klub, di Asprov-Asprov, di EPA-EPA sehingga nanti kemungkinan itu ada,"

Oleh sebab itu kita tunggu karena mereka pasti berlomba-lomba ingin tampil di Piala Dunia. Belum tentu 100 tahun ke depan bisa tampil kembali.(tuan rumah), karena 90 tahun PSSI baru tampil sekarang kan," tuntas Iwan Bule. 

Timnas Indonesia U-19 memang disiapkan secara khusus karena akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 sebagai tuan rumah. Shin Tae-yong tengah melakukan seleksi karena banyak pemain tim Garuda Nusantara dari tahun sebelumnya sudah tidak bisa tampil. 
 

Piala Dunia U-20Liga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Mochamad Iriawan

Berita Terkini