x

Terkuak Alasan PSSI Coret Emil Audero untuk Dinaturalisasi

Sabtu, 19 Maret 2022 15:21 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani menjelaskan mengapa kini PSSI mulai melupakan Emil Audero untuk dinaturalisasi.

FOOTBALL265.COM - Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani menjelaskan mengapa kini PSSI mulai melupakan Emil Audero Mulyadi dan mengalihkan fokus kepada Jordy Wehrmann untuk dinaturalisasi.

PSSI memang sangat berharap Emil Audero Mulyadi mau jadi WNI. Namun kiper Sampdoria ini belum juga memberikan jawaban apakah dirinya mau atau menolak.

Baca Juga

"Emil Audero ini sebenarnya tak menyatakan tidak, tapi dia juga tak mengatakan iya. Jadi, daripada kami menunggu ketidakpastian, kan kami butuh juga buat yang Jordy kan," kata Hasani saat dihubungi awak media.

Tak mau terus menerus digantung, PSSI akhirnya memutuskan untuk mengalihkan bidikan kepada Jordy Werhmann.

Bukan tanpa alasan, sebab memang PSSI menerima masukan langsung dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mengalihkan fokus kepada Jordy.

Baca Juga

"Nah, kami kemudian diskusi dengan pelatih, akhirnya kami fokuskan kepada Jordy Wehrmann dulu," tambah Hasani.

Hasani sendiri menjelaskan bahwa Jordy secara lisan sudah mau untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia. Namun memang ia menyerahkan semua kepada sang manajer dan meminta PSSI berbicara kepada sang manajernya.

Baca Juga

"Jordy sudah secara respons ini oke, tapi dia suruh kontak manajernya. Nah, manajernya ini lagi liburan," terang Hasani.

"Biasa kalau orang sana kan liburan itu tak mau diganggu dahulu sama pekerjaan. Jadi sabar saja, pekan depan mulai ada pembicaraan," pungkasnya.


1. Dipanggil Kemnhukam

Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani menjelaskan mengapa kini PSSI mulai melupakan Emil Audero untuk dinaturalisasi.

PSSI sendiri saat ini sudah dipanggil oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di mana Kemenkumham memanggil PSSI untuk membahas dokumen tiga pemain keturunan yang telah masuk terlebih dahulu.

Baca Juga

PSSI sebelumnya sudah memasukan tiga nama pemain keturunan. Mereka antara lain, Sandy Walsh, Jordi Amat serta Shayne Pattynama. Ketiganya dikabarkan sudah mengirimkan dokumen sebagai syarat naturalisasi.

Baca Juga

"Rapat Konsinyering Kewarganegaraan Pemain Turunan (timnas) bersama Kemenhumkam (Dirjan AHU), Sekneg, Kemenpora BIN, Imigrasi, dan PSSI. Semoga berjalan lancar," tulis Hasani di postingannya.


2. Sandy Walsh dan Jordi Amat

Sandy Walsh mengaku sudah tidak sabar membela Timnas Indonesia.

Sejauh ini dua pemain yang sudah memastikan diri bersedia dinaturalisasi baru dua nama, mereka adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Sandy Walsh bahkan sudah tidak sabar membela Timnas Indonesia, setelah merasakan merinding mendengar lagu kebangsaan Indonesia.

Walsh sudah mengenal lagu gubahan Wage Rudolf Supratman tersebut sejak lama karena kakek dan neneknya berasal dari Indonesia.

Bahkan kini ia sudah hafal dan mencoba untuk lebih melancarkan menyanyikan lagu tersebut sebelum proses naturalisasinya benar-benar komplet.

Bukan hal yang aneh memang karena Sandy Walsh yang saat ini berusia 27 tahun sudah punya niatan untuk berbaju Timnas Indonesia setidaknya sejak setengah dekade terakhir. 

Baca Selengkapnya: Ngaku Merinding Dengarkan Indonesia Raya, Sandy Walsh Makin Gatal Bela Timnas Indonesia

PSSINaturalisasiEmil Audero MulyadiTimnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yongJordy Wehrmann

Berita Terkini