x

Bedah Peluang 5 Tim yang Incar Posisi ke-4 Liga Inggris: Arsenal Was-was, Tottenham Semringah

Selasa, 22 Maret 2022 09:37 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Liga Inggris 2021/22 tak hanya menyisakan perebutan gelar juara, namun juga perebutan tempat di posisi ke-4. Siapakah yang berpeluang menduduki spot tersebut?

FOOTBALL265.COM – Liga Inggris 2021/22 tak hanya menyisakan perebutan gelar juara, namun juga perebutan tempat di posisi ke-4. Siapakah yang berpeluang menduduki spot tersebut?

Hingga memasuki jeda internasional di akhir Maret hingga awal April 2022, Liga Inggris musim 2021/22 telah mendekati garis finis.

Baca Juga

Dua tim teratas, Manchester City dan Liverpool, berpeluang merebut gelar juara karena keduanya baru memainkan 29 laga dan hanya terpaut satu poin saja di puncak.

Di sisi lain, tempat ketiga masih nyaman diduduki oleh Chelsea yang diam-diam menguntit Man City dan Liverpool di tabel klasemen.

Hanya saja, perbedaan hingga 10 poin dengan Liverpool di peringkat kedua, membuat Chelsea nampaknya hanya akan fokus pada posisi tiga besar saja.

Baca Juga

Di tengah keseruan Man City dan Liverpool bersaing memperebutkan gelar, pertarungan di Liga Inggris juga diwarnai duel perebutan posisi keempat.

Posisi keempat atau zona terakhir Liga Champions, tengah diperebutkan oleh lima tim, dari peringkat keempat, Arsenal, hingga peringkat ke-8, Wolverhampton Wanderers.

Kelima tim ini sama-sama masih berpeluang untuk mengakhiri musim dengan merebut tiket ke Liga Champions musim depan, menemani Man City, Liverpool dan Chelsea.

Baca Juga

Alhasil, satu tiket tersisa pun harus diperebutkan oleh kelima tim itu dalam 8 hingga 10 pertandingan terakhir yang kelimanya jalani.

Untuk itu, INDOSPORT.com mencoba membedah kira-kira di antara Arsenal, Tottenham Hotspur, Manchester United, West Ham, dan Wolves, siapakah yang berpeluang finis di posisi ke-4?


1. Peluang Arsenal Finis 4 Besar

Para pemain Arsenal merayakan gol cepat Martin Odegaard ke gawang Watford (06/03/22). (Foto: REUTERS/Ian Walton)

Dari Arsenal hingga Wolverhampton Wanderers, masing-masing tim memiliki 8 hingga 10 laga tersisa di Liga Inggris musim ini. Kelima tim ini hanya berjarak beberapa poin saja, dengan jumlah laga yang berbeda.

Sebagai contoh, Arsenal yang ada di posisi ke-4 baru memainkan 28 laga. Tottenham dan Man United di peringkat ke-5 dan 6 baru memainkan 29 laga dan West Ham serta Wolves telah memainkan 30 laga.

Baca Juga

Dibutuhkan konsistensi dari kelima tim ini dalam menatap laga sisa, demi mewujudkan ambisi menembus pentas Liga Champions musim depan.

Untuk itu, perlu melihat masing-masing calon lawan kelima tim ini di sisa pertandingan Liga Inggris musim ini.

Lawan TersisaCrystal Palace, Brighton, Southampton, Chelsea, Manchester United, West Ham, Leeds United, Newcastle United, Everton, Tottenham Hotspur.

Arsenal masih memiliki 10 laga tersisa. Jika berhasil memenangkan semua pertandingan ini, The Gunners akan mengumpulkan maksimal 84 poin dan otomatis lolos ke Liga Champions.

Baca Juga

Namun jika menilik calon lawannya, di 10 laga tersisa ini Arsenal akan menghadapi tim-tim yang tengah naik daun (Crystal Palace, Newcastle, Brighton dan Southampton) dan juga 4 tim The Biig Six (Chelsea, Man City, Man United dan Tottenham)

Dengan menilik rekor Arsenal yang kurang mentereng melawan tim The Big Six (minus Tottenham) musim ini, The Gunners bisa saja tergelincir. Apalagi, saat melawan tim-tim kuda hitam seperti Crystal Palace dan Brighton.

Hanya saja, Arsenal bisa sedikit lega. Mereka hanya menjalani satu pertandingan per pekannya karena hanya bermain di kompetisi Liga Inggris saja musim ini.


2. Peluang Tottenham Hotspur dan Man United Finis 4 Besar

Eksekusi penalti Harry Kane di laga Manchester United vs Tottenham Hotspur (13/03/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Lawan Tersisa: Newcastle, Aston Villa, Brighton, Brentford, Leicester, Liverpool, Burnley, Norwich City, Arsenal

Tottenham Hotspur saat ini terpaut tiga poin dari Arsenal dengan jumlah laga yang sama. Peluang bagi anak asuh Antonio Conte untuk finis di empat besar pun masih sangat terbuka lebar.

Di 9 laga tersisa yang akan dihadapi, Tottenham hanya akan bertemu dua lawan berat saja, yakni Liverpool dan Arsenal. Selebihnya, lawan-lawannya berada di bawah peringkat ke-9.

Baca Juga

Dengan hanya menyisakan satu kompetisi saja yakni Liga Inggris, tim berjuluk The Lilywhites ini wajib fokus ke 9 laga tersisa dan berharap Arsenal tergelincir saat menghadapi tim The Big Six lainnya.

Permasalah di kubu Tottenham hanyalah soal konsistensi. Belakangan Spurs telah menunjukkannya dan dituntut wajib terus mempertahankan raihan hasil positif guna menembus empat besar.

Lawan Tersisa: Leicester, Everton, Norwich, Liverpool, Arsenal, Brentford, Brighton, Chelsea, Crystal Palace

Manchester United pun hanya memiliki fokus ke empat besar saja musim ini setelah didepak oleh Atletico Madrid dari Liga Champions.

Terdepaknya Man United sendiri menjadi berkah dalam kesulitan bagi pendukung Setan Merah. Setidaknya, The Red Devils kini tinggal fokus untuk merebut posisi ke-4 dari tangan Arsenal.

Baca Juga

Namun usaha Man United untuk merebut posisi ke-4 terbilang sulit. Apalagi, Setan Merah masih akan menghadapi tiga tim The Big Six.

Selain itu, persoalan konsistensi Man United terutama kala melawan tim-tim semenjana, bisa saja mengubur mimpi Setan Merah tampil di Liga Champions musim depan.

Dengan kata lain, peluang Man United terbilang kecil bila dibandingkan Tottenham Hotspur yang duduk nyaman di atasnya dan akan melewati laga-laga yang terbilang mudah.


3. Peluang West Ham dan Wolves Finis 4 Besar

Para pemain West Ham United merayakan gol Jarrod Bowen ke gawang Tottenham Hotspur.

Lawan Tersisa: Everton, Brentford, Burnley, Chelsea, Arsenal, Norwich, Man City, Brighton

West Ham United diam-diam menjadi kuda hitam yang diperhitungkan di musim ini. Anak asuh David Moyes tersebut bahkan sempat menduduki posisi empat besar klasemen.

Hanya saja, laju buruk di beberapa laga membuat The Hammers terperosok ke papan tengah. Kini, West Ham pun siap kembali bertarung menembus zona Eropa musim depan.

Tertinggal enam poin dari posisi ke-4, West Ham mau tak mau harus mulai meraih kemenangan di setiap laga lanjutan. Sialnya, calon lawan The Hammers di laga tersisa terbilang sulit.

Belum lagi West Ham masih fokus bertarung di kancah Liga Europa. Dengan hal tersebut, fokus The Hammers pun akan terpecah di sisa musim ini.

Lawan Tersisa: Aston Villa, Newcastle, Man City, Burnley, Brighton, Chelsea, Norwich, Liverpool

Sama seperti West Ham, Wolves juga menjadi salah satu kuda hitam yang begitu ditakuti di Liga Inggris. Hanya saja, persoalan tim arahan Bruno Lage ini soal konsistensi.

Konsistensi itu kian diuji saat Wolves menjalani 8 laga tersisa, di mana tiga lawan di antaranya adalah penghuni klasemen teratas.

Dengan melihat calon lawannya itu, peluang Wolves untuk menembus empat besar bisa dikatakan tertutup. Apalagi, dua dari tiga tim teratas itu membutuhkan kemenangan untuk bisa merebut gelar juara.

Manchester UnitedArsenalTottenham HotspurWest Ham UnitedIn Depth SportsLiga InggrisWolverhampton Wanderers (Wolves)Sepak Bola

Berita Terkini