x

Ronaldo Tak Gentar Latihan Berat Timnas U-19 dan Cuaca Dingin Korea Selatan

Selasa, 22 Maret 2022 17:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Penggawa Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh (tengah) tidak gentar menghadapi cuaca dingin dan latihan keras dari pelatih Shin Tae-yong di Korea Selatan.

FOOTBALL265.COM - Penggawa Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh tidak gentar menghadapi cuaca dingin dan latihan keras dari pelatih Shin Tae-yong selama pemusatan latihan di Korea Selatan.

Timnas U-19 tengah melakukan TC di Korea Selatan sebagai persiapan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Pemusatan latihan ini direncanakan berlangsung hingga 15 April mendatang.

Baca Juga

Melakukan pemusatan latihan di Korea Selatan, para penggawa Timnas Indonesia U-19 bukanlah tanpa tantangan dan rintangan.

Dalam pemusatan latihan ini pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah menegaskan akan meningkatkan fisik pemain Timnas Indonesia U-19.

Tak hanya latihan fisik yang berat, tantangan lainnya yang dihadapi para pemain adalah cuaca yang sangat dingin di Korea Selatan.

Baca Juga

Cuaca dingin dan materi sangat berat ternyata bukan masalah bagi salah satu pemain Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh.

"Kemarin Sabtu sudah mulai latihan. Kami beradaptasi dengan baik di sini. Cuaca sangat dingin, tetapi kami bisa berlatih dengan baik," kata Ronaldo di YouTube PSSI TV.

Memang latihan fisik yang berat apa yang dikatakan Shin Tae-yong sudah terbukti di mana seluruh penggawa Timnas Indonesia diminta untuk berlari menaiki sebuah bukit di kawasan Yeongdeok, Korea Selatan.

Baca Juga

"Kami sudah lakukan cross country. Kami lari dan itu sangat baik buat kami. Pada sore hari di lapangan menggunakan bola, dan malam weight training atau gym," sambungnya.


1. Untuk Tingkatkan Stamina

Latihan perdana Timnas U-19 di Kota Yeongdeok, Korea Selatan. Foto: PSSI

Materi latihan fisik yang diberikan Shin Tae-yong terhadap penggawa Timnas Indonesia U-19 bukanlah tanpa alasan.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa semua yang dia berikan adalah untuk meningkatkan stamina para penggawa Timnas Indonesia.

Baca Juga

"Larinya bukan lari cepat. Latihan ini sangat bagus untuk kalian," ungkap Shin Tae-yong.

"Sebab, di situ ada turunan dan tanjakan. Nanti juga akan ada pelatih-pelatih yang memimpin kalian," tambah Shin Tae-yong.

Baca Juga

"Kalian akan merasakan dua sampai tiga hari selepas ini. Nanti kemudian tenaga akan tambah. Meski akan capek tetapi harus dilawan," katanya.


2. Laga Uji Coba Pertama

Latihan perdana Timnas U-19 di Kota Yeongdeok, Korea Selatan. Foto: PSSI

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga uji coba pertama menghadapi Youngnam University, Selasa (22/03/22) waktu setempat.

Laga melawan Youngnam University memang menjadi pembuka deretan laga uji coba Timnas Indonesia selama pemusatan latihan di Korea Selatan.

Namun jelang laga uji coba pertama ini Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-19 menilai anak asuhnya dalam kondisi kelelahan.

"Kondisi pemain saat ini tidak ada yang cedera, tapi pemain lelah karena ada latihan fisik keras dan weight training," ucap Shin Tae-yong dalam situs resmi PSSI.

Bukan tanpa alasan Ronaldo Kwateh dan kolega mengalami kelelahan. Sebab memang Shin Tae-yong sedang dalam memberikan latihan fisik kepada skuat Timnas Indonesia U-19.

PSSIKorea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongRonaldo Kwateh

Berita Terkini