x

3 Pemain Indonesia yang Layak Susul Pratama Arhan ke Liga Jepang, Kecepatan Jadi Modal Utama

Senin, 28 Maret 2022 01:56 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Football265.com

FOOTBALL265.COM - Berikut tiga pemain Indonesia yang layak menyusul Pratama Arhan bermain di Liga Jepang karena memiliki bakat luar biasa terutama dalam kecepatan.

Seperti diketahui, Pratama Arhan resmi bergabung dengan klub kasta kedua Liga Jepang yakni Tokyo Verdy sejak diumumkan pada 16 Februari 2022 lalu. Ia mendapatkan kontrak selama dua tahun yang aktif per 1 Maret 2022.

Baca Juga

Direktur Olahraga Tokyo Verdy, Atsuhiko Ejiri sempat mengungkapkan alasan mengapa memilih Pratama Arhan. Ia menilai kalau bek Timnas Indoneaia itu punya kecepatan yang luar biasa.

"Jika bicara tentang pemain ASEAN, kecepatan dalam intesitas tingginya luar bisa. Menurut saya itu luar biasa," kata Atsuhiko.

Baca Juga

Tim-tim di Liga Jepang memang sangat menyukai pemain yang memiliki kecepatan dan semangat pantang menyerah di atas lapangan.

Seperti gelandang asal Thailand bernama Chanathip Songkrasin yang direkrut oleh Kawasaki Frontale. Meski hanya memiliki tinggi 157 cm, kecepatan dribling dan pergerakan yang luar biasa membuat klub tersebut rela mengeluarkan dana besar demi mendapatkan jasanya.

Baca Juga

Sementara itu, selain Pratama Arhan, Indonesia masih memiliki beberapa pemain muda yang pantas bermain di Liga Jepang. Siapa saja mereka?


1. Beckham Putra Nugraha

Pelatih klub Liga 1 Persib Bandung Robert Rene Alberts (kiri) dan wonderkid Beckham Putra Nugraha (kanan).

Di usia yang masih 20 tahun, Beckham Putra Nugraha sudah mampu menembus skuat utama raksasa Liga 1 2021-2022 yakni Persib Bandung.

Pada musim ini, adik kandung dari Gian Zola tersebut sudah dipercaya tampil sebanyak 21 pertandingan dengan catatan empat gol dan tiga assist.

Baca Juga

Catatan ini cukup mengesankan karena dirinya menjadi pencetak gol terbanyak ketiga Persib Bandung dan membawa pasukan Robert Rene Alberts menempati posisi kedua klasemen Liga 1 2021-2022.

Pemain yang melejit dari Diklat Persib tersebut menjelma sebagai gelandang serang potensial di Indonesia. Memiliki postur kecil dengan kecepatan dribbling berkelas membuat Beckham layak untuk mentas di kompetisi Liga Jepang.

Baca Juga

Pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong sempat menyoroti kualitas Beckham di atas lapangan. Ia berharap Beckham bisa bermain di kompetisi luar Indonesia seperti Korea atau Jepang.

Baca Juga

"Dia Beckham pemain muda yang selalu jadi pantauan saya," ujar Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

"Saya berharap dia bisa bermain di luar negeri, klub di Korea Jepang ataupun Klub Eropa," tuturnya menambahkan.


2. Ramai Rumakiek dan Ronaldo Kwateh

Ramai Rumakiek melakukan selebrasi usai membobol gawang Timor Lester di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (30/1/22). Foto : Nofik Lukman Hakim

Ramai Rumakiek

Meski baru berusia 19 tahun, Ramai Rumakiek menjadi salah satu andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior saat ajang Piala AFF 2020 lalu.

Pemain milik Persipura Jayapura tersebut telah bermain sebanyak 5 kali hingga babak semifinal. Dari permainannya tersebut, dia telah melesatkan satu gol saat bertanding dengan Kamboja pada laga fase grup Piala AFF.

Salah satu keahlian Ramai Rumakiek adalah kecepatan driling dan tembakan mematikan dari luar kotak penalti. Bakat yang dimiliki putra asli Papua itu bisa menjadi modal berharga dalam bersaing di Liga Jepang.

Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh berhasil mencuri perhatian publik saat debut di Timnas Indonesia senior dalam laga uji coba bertajuk FIFA Matchday melawan Timor Leste pada Kamis (2701/2022) lalu.

Pasalnya, pemain yang baru diturunkan pada paruh kedua tersebut bermain apik dengan memberikan asis kepada Ramai Rumakiek sebelum mengkonversikannya menjadi gol.

Kelebihan utama pemain berdarah Indonesia dan Afrika tersebut terletak pada teknik individunya. Ia memiliki kemampuan dribel yang bagus saat melakukan penetrasi ke area pertahanan lawan.

Beckham Putra NugrahaLiga JepangPratama ArhanRonaldo KwatehRamai RumakiekTokyo Verdy

Berita Terkini